28 C
Manado
Minggu, 16 Mei 2021
spot_img

Tulus Memberi Makna, BRI Manado Tingkatkan Usaha Klaster Nelayan Minaesa

MANADOPOST-ID– Kontribusi PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Kantor Wilayah Manado untuk mendorong perputaran ekonomi dari bawah terus dibuktikan.

Tidak hanya menggenjot pemberian kredit untuk Pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), BRI juga gencar melakukan kegiatan Corporate social responsibility (CSR).

Seperti yang dilakukan, Kamis (29/4), Bank Plat Merah tersebut menggelar kegiatan Safari Ramadan bersama Klaster Nelayan Minaesa, Sutarman Baba. Kegiatan tersebut dihadiri langsung SEVP Operation BRI Muhammad Syafri Rozi.

Pada kesempatan itu dia menuturkan, sebagai bank negara, sudah merupakan kewajiban bagi BRI untuk membantu perputaran ekonomi dari desa, khususnya usaha-usaha mikro. Termasuk para nelayan.

Dia menuturkan, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), 98 persen usaha yang ada di Indonesia digerakan oleh Mikro. Sumbangannya untuk pendapatan negara sekira 57 persen, dan mampu menyerap tenaga kerja sekira 97 persen. ” Data ini menjadi tidak terbantahkan dan membuktikan betapa besarnya kontribusi usaha mikro. Inilah yang menjadi fokus BRI. Karena kita bekerja tidak hanya untuk kemajuan perusahaan tapi juga memberi manfaat untuk masyarakat,” tutupnya.

Di tempat yang sama, Regional CEO BRI Kanwil Manado John Sarjono menambahkan, di Desa Minaesa terdapat sekira 70 anggota klaster penangkapan ikan. Yang kemudian terus dikembangkan oleh BRI. Sekira 22 anggota yang dibiayai melalui kredit. Mulai dari Rp5 sampai Rp20juta.
“Ini akan terus dikembangkan. Tidak hanya berhenti disini. Agar kemampuan mereka semakin meningkat,” ungkapnya.
Lanjutnya, selain mendukung permodalan, BRI pun melakukan pendampingan bagi para nelayan. Mulai dari pelatihan penangkapan ikan yang baik dan bagaimana mereka terhubung dengan para pembeli ikan. Semua itu kita bentuk dalam satu pola ekosistem bisnis. Intinya BRI selalu ingin tulus memberi makna,” tekannya.

Dia pun membeber, dalam kegiatan yang dilakukan, BRI menyerahkan bantuan bagi para nelayan. Mulai dari cool box, arak jaring nelayan, alat timbang ikan. ” Ini tahap pertama, yang sudah sesuai dengan kebutuhan 70 anggota klaster. Nanti akan terus dikembangkan. Karena memang tiap tahun BRI memang wajib menyisihkan laba kita dalam bentuk CSR untuk dikembalikan lagi pada masyatakat,” tutupnya.

(Ayurahmi Rais)

 

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Artikel Terbaru