26.2 C
Manado
Rabu, 28 Oktober 2020

Investasi Rp1,52 Miliar, 73 KK di Desa Padingkian Teraliri Listrik

MANADOPOST.ID – PLN berhasil menyalurkan listrik bagi 73 Kepala Keluarga (KK) di Desa Padingkian, Kabupaten Banggai Laut, Sulawesi Tengah.

Untuk menghadirkan listrik di Desa Padingkian, PLN memerlukan investasi sebesar Rp 1,52 miliar yang digunakan untuk membangun Jaringan Tegangan Menengah (JTM) sepanjang 2,8 kilometer sirkuit (kms), Jaringan Tegangan Rendah sepanjang 0,9 kms dan Gardu 1 buah tersebar dengan total 50 kiloVolt Ampere (kVA). Adapun pasokan listrik di desa ini berasal dari PLTD Lipulalongo.

Selain mengimplementasikan komitmen menghadirkan listrik di daerah 3T, PLN juga berupaya menghadirkan listrik untuk meningkatkan Rasio Elektrifikasi. Saat ini untuk Rasio Elektrifikasi di Kabupaten Banggai Laut telah mencapai 95,38 persen, dengan Rasio Desa Berlistriknya mencapai 66,67 persen.

Bupati Banggai Laut, Drs H Wenny Bukarno, mengapresiasi PLN atas upayanya menghadirkan listrik ke desa terpencil yang ada di wilayahnya. “Padingkian, menjadi salah satu desa terpencil di Kecamatan Labobo.

Saya atas nama pemerintah mengucapkan terima kasih dan penghargaan tinggi atas upaya yang telah dilakukan PLN, masuknya listrik merupakan sebuah kemajuan bagi masyarakat Desa Padingkian,” ucap Bukarno.

Direktur Bisnis Regional Sulawesi, Maluku, Papua, dan Nusa Tenggara, Syamsul Huda, mengatakan komitmen PLN dalam menghadirkan listrik di daerah 3T dapat membawa kebahagiaan dan harapan baru bagi masyarakat.

Ia melanjutkan, hadirnya PLN di tengah masyarakat Padingkian dapat mengikis ketimpangan pembangunan.

Listrik sudah menjadi kebutuhan pokok untuk menunjang segala jenis sektor usaha, PLN kini ini hadir di tengah masyarakat Padingkian yang belum menikmati listrik sebelumnya.

Bukan hanya masyakarat di kota saja yang menikmati listrik tapi sampai ke pelosok desa dan pulau. PLN hadir membawa terang agar seluruh masyarakat Indonesia merasakan pembangunan yang merata.

Huda menerangkan, dalam menghadirkan listrik di Desa Padingkian petugas PLN menghadapi beberapa tantangan, karena letaknya di daerah Kepulauan Banggai Laut dan jauh dari pusat Kota Luwuk.

“Namun begitu ini merupakan sebuah tantangan bagi kami, dengan tekat yang kuat dan kerja nyata Insan PLN maka listrik pun bisa dirasakan oleh masyarakat, ini sebuah kebanggan bagi kami, membawa kebahagiaan di Padingkian,” tutur Huda. (Lina Pendong)

-

Artikel Terbaru

SGR Kunjungi Pasar Tradisional dan Posko Pemenangan Likupang

Calon Bupati Minahasa Utara (Minut) Shintia G Rumumpe (SGR), Rabu (28/10) berbelanja kebutuhan rumah tangga di Pasar Tradisional Likupang.

Berbelanja di Pasar Sukur dan Kema, SGR Cek Kondisi Pedagang

Calon Bupati Minahasa Utara (Minut) Shintia G Rumumpe (SGR), Rabu (28/10) berbelanja dan menyapa pedagang di Pasar Sukur dan Kema, Rabu (28/10).

Bahaya! Sudah Enam Bulan, Bekas Longsor Belum Diperbaiki

MANADOPOST.ID—Bekas longsoran di salah satu badan jalan penghubung Kecamatan Tahuna Barat dan Kecamatan Kendahe terus membesar.

Pekan Depan, Sekolah Tatap Muka Kembali Aktif

MANADOPOST.ID--Proses belajar tatap muka di  Kota Kotamobagu mulai diperbolehkan oleh Dinas Pendidikan (Disdik) daerah setempat, sebagaimana surat edaran bernomor 400/DISDIK-KK01424/2020.

50 Desa Kembali Aktifkan Gugus Tugas

MANADOPOST.ID--- Guna memaksimalkan pencegahan penularan covid-19 di setiap desa, Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) membentuk Tim Satuan Gugus Tugas (Satgas) Covid-19 di setiap Desa.