33 C
Manado
Minggu, 16 Mei 2021
spot_img

Anggaran Belanja KL Sulut Sentuh 10,1 Triliun

MANADOPOST.ID—Dibandingkan dengan jumlah anggaran tahun 2020. Tahun ini, total dana belanja kementrian lembaga (KL), yang dikelola Kanwil DJPb Sulut naik lebih dari 12 persen. Atau menyentuh angka Rp10,1 triliun.

Hal ini disebutkan Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Sulut Ratih Hapsari Kusumawardani dalam rapat koordinasi daerah terkait pelaksanaan anggaran awal tahun 2021.

“Untuk belanja pemerintah pusat tahun ini, Sulut mendapatkan amanat untuk mengelola lebih dari 10,1 triliun yang dialokasikan ke 42 kementerian dan lembaga negara untuk pelaksanaan program yang telah ditetapkan,” ungkapnya.

Dia melanjutkan, pelaksanaan anggaran tahun kemarin berjalan cukup lancar meski berada ditengah pandemi. “Kinerja pelaksanaan anggaran mencapai 93 persen dari pagu yang ditetapkan sehingga hal ini merupakan capaian yang luar biasa,” sebutnya.

Kata dia, meski ditutup dengan kinerja memuaskan, namun hal ini bukan berarti sudah bebas dari masalah yang perlu menjadi perhatian sebab penyerapan anggaran triwulan I, II dan III masih berada dibawah level ideal.

“Hal ini mengindikasikan pola penyerapan anggaran belum merata dan masih menumpuk di akhir tahun,” ucapnya. Menurut dia, hingga 25 maret kemarin, pelaksanaan APBN di Sulut mencapai lebih dari 17 persen dari total pagu yang dialokasikan.

“Hal ini mengindikasikan bahwa akselerasi belanja yang menjadi salah satu solusi untuk memperbaiki kinerja perekonomian sudah berjalan cukup efektif,” jelas dia.

Dia berharap sampai dengan akhir tahun penumpukan kinerja anggaran dapat dihindari. “Harapannya begitu, sebab awal tahun anggaran yang biasanya ditandai dengan rendahnya penyerapan telah kita lalui dengan kinerja yang cukup baik,” tandasnya. (ayu)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Artikel Terbaru