27 C
Manado
Selasa, 20 Oktober 2020

Tuerah: Sulut Tidak Punya Pusat Data Informasi

MANADOPOST.ID- Sulawesi Utara (Sulut) sedang dilanda kondisi sulit. Pandemi Coronavirus Disease (Covid-19) menghantam semua sub sektor ekonomi Bumi Nyiur Melambai.

Ekonom Sulut Dr Noldy Tuerah mengatakan, saat ini Sulut tidak memiliki pusat data informasi center. Menurut dia, data penerima bantuan yang dibagi dalam sembilan klasifikasi harus terintegrasi.

“Masyarakat perlu tahu, contohnya bantuan yang disalurkan sudah dua kali di satu desa di Tondano. Namun tidak jelas, itu bantuan dari pemerintah mana? Apakah pusat, provinsi, kabupaten/kota atau desa. Karena tidak ada informasi lengkap yang bisa diakses masyarakat. Padahal akurasi data itu kunci kesuksesan penyaluran bantuan,” jelasnya, dalam diskusi virtual yang digagas Manado Post (MP), kemarin. Diskusi yang dipandu Pemimpin Redaksi MP Tommy Waworundeng bertajuk ‘Jaring Pengaman Sosial (JPS), Bansos dan UMKM: Mengatasi Kemiskinan di Masa Pandemi’.

Demi keberhasilan jaminan sosial, menurut Tuerah, data yang dipakai harus update sampai Maret 2020. “Kalau menggunakan data kemiskinan Sulut, 2019 itu tidak update. Harus ada data center yang memang disiapkan. Jadi sembilan klasifikasi, bisa langsung dicek masyarakat. Agar tidak ada duplikasi penerimaan bantuan. Masyarakat penerima saat ini tidak bisa mengakses nama atau daftar penerima. Data itu harus dibuka, dan dibeber sampai ke pemerintah desa. Agar supaya setiap keluarga mengetahui bantuan apa saja yang akan diterima, dan dari pemerintah mana saja. Wartawan saja tidak mengetahui siapa saja penerima bantuan. Karena tidak jelas, karena update data dinas sosial sangat terbatas,” kuncinya. (ewa)

-

Artikel Terbaru

Gantikan Situmorang, Moningkey Resmi  Pimpin Polres Minahasa

MANADOPOST.ID--Tongkat kepemimpinan Kepolisian Resort (Polres) Minahasa kembali berpindah. Berdasarkan Surat Keputusan Kapolri Nomor 979/V/2020 tanggal 1 Mei 2020 tentang pemberhentian

Minahasa Masih Aman dari La Nina

MANADOPOST.ID--Cuaca ekstrim terus menerpa wilayah Kabupaten Minahasa. Menurut BMKG, diketahui cuaca ekstrim tersebut terjadi akibat fenomena alam La Nina yang membuat

Relaksasi Pajak Ditolak, Hasrat Punya `Mobil` Murah Buyar

MANADOPOST.ID—Rencana penghapusan pajak mobil baru akibat dampak Coronavirus Disease (Covid-19), buyar. Sempat disambut baik oleh masyarakat Sulut karena berkesempatan membeli mobil murah, nyatanya rencana ini ditolak Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Sudah Empat Tenaga Kontrak `Dieksekusi`

MANADOPOST.ID—Pjs Wali Kota Bitung Drs Edison Humiang MSi kembali menunjukkan ketegasannya dengan memberhentikan dua tenaga kontrak yang terbukti tidak netral dalam Pilkada.

Angka Kehamilan Naik

MANADOPOST.ID—Terhitung sejak Januari sampai dengan September 2020, angka kehamilan di Kabupaten Sangihe mengalami peningkatan.