29 C
Manado
Selasa, 20 Oktober 2020

16 Ton Kargo Kembali Diangkut ke Jepang

MANADOPOST.ID— Pasca pembukaan perdana pekan lalu, Hari ini, Rabu (30/9) Garuda Indonesia akan kembali melayani penerbangan dari Manado menuju Tokyo (Narita) dengan mengangkut kargo sebanyak 16 ton. Yang terdiri dari 15 ton ikan tuna, dan 1 ton bawang merah.

Hal ini disebutkan langsung General Manager (GM) Garuda Indonesia Cabang Manado Macfee Kindangen. “Ada sekitar 16 ton kargo yang akan diangkut. Gabungan dari Ambon dan Sulut. Tapi 1 ton bawang merah semuanya dari Sulut,” katanya.

Dia membeber, saat ini sudah mulai ada pengiriman hasil pertanian selain marine product fresh tuna. Kindangen pun bersyukur terjadi peningkatan angkutan kargo dibanding dengan pembukaan perdana kemarin. “Jika kemarin hanya sekira 11 ton, kali ini sudah 16 ton. Semoga kedepannya akan terus meningkat,” syukurnya.

Diketahui, penerbangan dijadwalkan pada Pukul 23.43 Wita.

Sementara itu, Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Bea Cukai Sulawesi Bagian Utara Cerah Bangun mengatakan pembukaan ekspor langsung Manado-Jepang dapat menghemat biaya logistik hingga 50 persen.

“Dengan adanya penerbangan kargo langsung yang mengkoneksikan Jakarta-Manado-Tokyo itu memberi banyak keuntungan,” katanya.

Ia mengatakan pengiriman langsung dapat membuat biaya semakin efisien, apalagi beban biaya logistik nasional saat ini sangat besar hingga 26 persen dari PDB. Selain itu, penerbangan langsung ini dapat membuat mutu ekspor, terutama untuk komoditas perikanan, dapat terjamin karena waktu tempuh yang lebih cepat.

Dia menjelaskan, ika sebelumnya pengiriman via Jakarta atau Bali membutuhkan waktu 24-30 jam, kini adanya penerbangan langsung telah mempersingkat waktu hingga 5-6 jam.

“Semakin singkat waktunya, semakin baik kualitas ikannya sehingga harganya tinggi,” tutupnya. (ayu)

-

Artikel Terbaru

Gantikan Situmorang, Moningkey Resmi  Pimpin Polres Minahasa

MANADOPOST.ID--Tongkat kepemimpinan Kepolisian Resort (Polres) Minahasa kembali berpindah. Berdasarkan Surat Keputusan Kapolri Nomor 979/V/2020 tanggal 1 Mei 2020 tentang pemberhentian

Minahasa Masih Aman dari La Nina

MANADOPOST.ID--Cuaca ekstrim terus menerpa wilayah Kabupaten Minahasa. Menurut BMKG, diketahui cuaca ekstrim tersebut terjadi akibat fenomena alam La Nina yang membuat

Relaksasi Pajak Ditolak, Hasrat Punya `Mobil` Murah Buyar

MANADOPOST.ID—Rencana penghapusan pajak mobil baru akibat dampak Coronavirus Disease (Covid-19), buyar. Sempat disambut baik oleh masyarakat Sulut karena berkesempatan membeli mobil murah, nyatanya rencana ini ditolak Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Sudah Empat Tenaga Kontrak `Dieksekusi`

MANADOPOST.ID—Pjs Wali Kota Bitung Drs Edison Humiang MSi kembali menunjukkan ketegasannya dengan memberhentikan dua tenaga kontrak yang terbukti tidak netral dalam Pilkada.

Angka Kehamilan Naik

MANADOPOST.ID—Terhitung sejak Januari sampai dengan September 2020, angka kehamilan di Kabupaten Sangihe mengalami peningkatan.