29 C
Manado
Selasa, 20 Oktober 2020

Habibie Terus Pantau Korban Banjir

MANADOPOST.ID –Gubernur Gorontalo Rusli Habibie rutin meninjau posko-posko banjir dan dapur umum di beberapa titik terdampak. Pantauan Manado Post, selain membagikan kebutuhan pokok pada korban terdampak, Habibie pun melakukan penyemprotan disinfektan.

“Kita akan mengirim makanan siap saji dan air mineral, selimut dan kasur yang akan dibagikan kepada masyarakat. Juga kita akan bikin posko pengaduan termasuk posko kesehatan,” ungkap Rusli saat diwawancarai.

Rencananya, lanjut dia, pihaknya akan menyiapkan 20 unit mobil truk yang untuk mengangkut barang yang tidak lagi terpakai akibat banjir. Barang-barang yang berpotensi menjadi sampah tersebut akan dibuang agar tidak mengotori lingkungan warga.

“Kita berdoa semoga tidak turun hujan. Supaya tidak terjadi banjir susulan lagi. Masyarakat juga tolong tetap pakai masker di situasi seperti ini. Kita sama-sama mencegah supaya penularan virus tidak terjadi,” pungkasnya.

Kunjungan dilakukan Rusli didampingi istrinya Idah Syahidah di beberapa lokasi. Diantaranya Kelurahan Bugis, Padebuolo, Ipilo, Botu dan beberapa daerah di Kabupaten Bone Bolango.

Sementara itu paginya Pemerintah Provinsi Gorontalo menerjunkan tim gabungan untuk membantu membersihkan kampung dan rumah warga, Selasa (16/6/2020). Pembersihan difokuskan di Kelurahan Kampung Bugis, Ipilo dan sekitarnya usai dihantam banjir bandang beberapa hari lalu.

Tim terdiri dari unsur Brimob Polda Gorontalo, Korem 133 Nani Wartabone, Basarnas Gorontalo dan Tagana. Ada juga unsur Satpol PP, BPBD dan dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

“Saya berkoordinasi kepada Pak Kapolda dan Pak Danrem dan mendapat respon yang sangat positif dan kita mulai hari ini. Saya mengucapkan terima kasih kepada pimpinan TNI Polri yang bersinergi dan kompak membantu masyarakat,” puji Rusli.

Dijelaskan Gubernur Rusli, tim yang diturunkan diharapkan bisa membantu warga untuk membenahi rumah pasca banjir. Selain masih menyisakan sampah yang terbawa arus, sebagian rumah warga masih dipenuhi lumpur.

“Kemarin saya tinjau masih banyak perabot yang berserakan. Meja, kursi, tv, kulkas yang sudah rusak. Kalau ini tidak dibersihkan pasti akan ada penyakit yang akan datang,” imbuhnya.

Usai melepas tim gabungan di halaman Rumah Jabatan Gubernur, Rusli bersama pimpinan OPD turun langsung ke lokasi. Ia sempat berbincang dengan warga dan memastikan proses pembersihan berjalan dengan baik.(zis/ADV)

-

Artikel Terbaru

Gantikan Situmorang, Moningkey Resmi  Pimpin Polres Minahasa

MANADOPOST.ID--Tongkat kepemimpinan Kepolisian Resort (Polres) Minahasa kembali berpindah. Berdasarkan Surat Keputusan Kapolri Nomor 979/V/2020 tanggal 1 Mei 2020 tentang pemberhentian

Minahasa Masih Aman dari La Nina

MANADOPOST.ID--Cuaca ekstrim terus menerpa wilayah Kabupaten Minahasa. Menurut BMKG, diketahui cuaca ekstrim tersebut terjadi akibat fenomena alam La Nina yang membuat

Relaksasi Pajak Ditolak, Hasrat Punya `Mobil` Murah Buyar

MANADOPOST.ID—Rencana penghapusan pajak mobil baru akibat dampak Coronavirus Disease (Covid-19), buyar. Sempat disambut baik oleh masyarakat Sulut karena berkesempatan membeli mobil murah, nyatanya rencana ini ditolak Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Sudah Empat Tenaga Kontrak `Dieksekusi`

MANADOPOST.ID—Pjs Wali Kota Bitung Drs Edison Humiang MSi kembali menunjukkan ketegasannya dengan memberhentikan dua tenaga kontrak yang terbukti tidak netral dalam Pilkada.

Angka Kehamilan Naik

MANADOPOST.ID—Terhitung sejak Januari sampai dengan September 2020, angka kehamilan di Kabupaten Sangihe mengalami peningkatan.