31C
Manado
Minggu, 7 Maret 2021

Dugaan Korupsi di FMIPA Unsrat Mandek 6 Tahun

MANADOPOST.ID-Kasus dugaan korupsi di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam terus mendapat desakan agar digenjot lagi penyelidikannya.

Pasalnya sudah lima tahun bergulir kasus yang merugikan negara sekira Rp2,4 miliar ini, dalam pengadaan alat laboratorium FMIPA Unsrat. Sekadar diketahui, kasus tersebut terjadi pada tahun 2014 silam. Kemudian telah berproses di BPKP dan Polda Sulut pada medio 2015 sampai 2016.

“Kejadiannya akhir tahun 2014. Mulai proses di Polda pada 2015 sampai awal 2016. Setelah itu tidak ada penyelesaiannya. Sudah pernah juga diperiksa oleh BPKP,” kata Prof Dody Sumajouw.

Prof Sumajouw rupanya memang mengetahui seluk beluk perkara tersebut. Pasalnya, waktu itu menjabat sebagai Wakil Rektor Unsrat Bidang Perencanaan. Diwawancarai Manado Post, dirinya mengaku waktu itu banyak tahu soal perencanaan di Kampus Tumou Tou.

Namun dia heran kenapa sampai saat ini dugaan kasus tersebut masih belum terselesaikan. “Saya sendiri tidak paham kenapa sudah sekian lama tidak ada penyelesaian. Yang tahu persis pihak Polda dan BPKP,” kritiknya.

Ditambahkannya, pengadaan alat laboratorium di FMIPA ini menyeret beberapa pihak terkait. “Perusahannya dari Jakarta. Namun sudah lupa namanya, karena sudah agak lama. Direktur dan pelaksananya sudah pernah dipanggil ke Polda waktu itu,” katanya sembari mengatakan dari pihak FMIPA hanya menerima barang. “Yang tahu persis dari Unsrat PPK dan Panitia Pengadaan Peralatan,” tegasya lagi.

Kemarin, dari pantauan di Kampus MIPA, aktivitas berjalan normal. Kondisi kampus yang ada di sudut Unsrat tersebut, tepat bersebelahan dengan gedung auditorium. Dari informasi, kampus yang terdiri dari beberapa jurusan itu, memiliki beberapa laboratorium.

Kemungkinan salah satunya berada diantara gedung J3 dan gedung J2, Jurusan Biologi dan Kimia. Terpantau juga ada sebuah kontainer berukuran cukup besar tertera tulisan, tempat penyimpanan bahan kimia. Dan tertanda tahun 2015-2016. Namun tampak jarang digunakan, sama halnya dengan beberapa peralatan dan tempat praktik disekitarnya.(ctr-02)

Artikel Terbaru