25C
Manado
Jumat, 23 April 2021

Intelijen Siaga di Perbatasan Sulut

MANADOPOST.ID–Pasca Bom Bunuh diri yang terjadi di Makassar. Penjagaan perbatasan Indonesia-Filipina, tepatnya di perairan Kabupaten Kepulauan Talaud diperketat. Begitupun dengan pengawalan di wilayah darat, yakni perbatasan Sulut di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara.

Komandan Lanal Melonguane Letkol Mar Adi Sucipto STM TrHanlan menerangkan, pasca kejadian bom di Makassar pihaknya langsung bergerak cepat.”Kami langsung menurunkan personil selain di laut dan daratan serta melakukan pengamanan di gereja-gereja bersama instansi lain, dan syukurlah aman terkendali,” terangnya.

Danlanal murah seyum ini menambahkan, warga tak boleh cemas.”Dari intel kami sudah diturunkan dan membaca situasi, apakah ada orang asing yang datang. Atau indikasi-indikasi yang mencurigakan kiranya segera laporkan ke kami. Maka dari itu kita sangat membutuhkan peran masyarakat. Jadi patroli saat ini kita tingkatkan,”pungkasnya.

Kepolisian Resor (Polres) Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) juga menggelar kegiatan operasi di sejumlah titik termasuk wilayah perbatasan Sulut di Kecamatan Pinogaluman, Kabupaten Bolmut, Selasa (6/4).

Dalam kesempatan tersebut Kapolres Bolmut ikut terjun ke lokasi memantau jalannya pengamanan di wilayah perbatasan bersama jajaran Polres Bolmut. Kapolres Bolmut AKBP Wahyu Purwidiarso, melalui kapolsek pinogaluman Iptu Cornilius SH kepada wartawan Manado Post mengatakan, pelaksanaan operasi tersebut dalam rangka pengamanan wilayah perbatasan menyusul adanya aksi terorisme yang terjadi di Makassar dan Markas Polri.

Jadi sesuai instruksi Wakapolda Sulut untuk memperketat wilayah masuk perbatasan Bolmut, dan langsung ditindaklanjuti oleh Pak Kapolres untuk melakukan operasi di wilayah perbatasan,” kata kapolsek pinogaluman kepada Manado Post.

Dirinya menyebutkan puluhan personel disiagakan di wilayah perbatasan berkoordinasi dengan TNI dan pemerintah setempat. Kita juga telah lakukan koordinasi bersama pemerintah dan unsur masyarakat untuk pengamanan di sejumlah wilayah utamanya di perbatasan Pinogaluman,” jelas Kapolsek pinogaluman.

Untuk teknisnya, Lanjut Kapolsek pinogaluman , akan dilakukan pemeriksaan kendaraan yang melintas baik dari arah Gorontalo maupun makasar yang memasuki Sulawesi Utara. Pemeriksaan dan pengamanan ini juga akan rutin digelar setiap hari. Semua kita periksa, baik KTP, surat kendaraan bahkan jika adanya sajam serta bahan peledak yang dicurigai,” sebutnya.

Sampai dengan saat ini situasi masih aman terkendali, dan belum adanya temuan dilapangan terkait adanya aksi terorisme. “Secara umum situasi wilayah hukum Polres Bolmut aman kondusif, harapannya masyarakat tetap waspada,” pungkasnya.(tim mp/gnr)

Artikel Terbaru