27C
Manado
Rabu, 27 Januari 2021

Polda-TNI Jaga Vaksin Covid 1×24 Jam

MANADOPOST.ID-Polda Sulawesi Utara (Sulut) bersama TNI, siap mengawal dan mengamankan proses pemberian vaksin (vaksinasi) jenis Sinovac guna mencegah Covid-19.

Hal tersebut ditegaskan oleh Kapolda Sulut Irjen Pol Panca Putra, melalui Kabid Humas, Kombes Pol Jules Abraham Abast. “Pada intinya, Polda Sulut bersama TNI dalam hal ini Kodam XIII/Merdeka, Korem 131/Santiago dan jajaran siap mengamankan pelaksanaan vaksinasi. Ini demi kelancaran dan menghindari terjadinya gangguan keamanan saat vaksinasi nanti,” ujar Kombes Pol Jules Abraham Abast, di Mapolda.

Pengamanan, lanjutnya, juga sudah dilakukan sejak kedatangan vaksin di Bandara Sam Ratulangi Manado hingga dibawa, diserahkan, dan disimpan di kantor Dinas Kesehatan Provinsi Sulut pada hari Selasa (5/1), termasuk saat pendistribusian nanti.

“Vaksin tersebut sudah disimpan di ruangan khusus yang berada di kantor Dinas Kesehatan Provinsi Sulut, dan dijaga ketat oleh personel pengamanan selama 1×24 jam secara bergantian,” jelas Kombes Pol Jules Abraham Abast.

Lanjutnya, vaksinasi akan dilakukan secara bertahap, dan untuk tahap pertama ini targetnya adalah Sumber Daya Manusia Kesehatan.

“Kami mengimbau masyarakat tidak perlu khawatir. Pemerintah melalui Dinas Kesehatan setempat akan mengatur pelaksanaan vaksinasi. Untuk itu pedomani dan patuhi apa yang sudah disampaikan pemerintah,” imbau Kombes Pol Jules Abraham Abast.

Kombes Abast juga mengajak seluruh masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dengan prinsip 3M sesuai anjuran pemerintah, demi mencegah penyebaran Covid-19.

“Mari patuhi 3M, yaitu Memakai masker saat beraktivitas di luar rumah, Mencuci tangan pakai sabun atau hand sanitizer, dan Menjaga jarak untuk mencegah kontak fisik,” pungkasnya.(gnr)

Artikel Terbaru