24.4 C
Manado
Sabtu, 13 Agustus 2022

War on Drugs, BNN Kota Manado Perkuat Sinergi Antar Lini Perangi Narkoba

MANADOPOST.ID-Ancaman kejahatan narkoba seolah tak pernah putus meski bebagai upaya telah dilakukan dengan sangat serius. Sinergi antar lini bangsa menjadi opsi utama untuk menanggulangi masalah penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba.

 

Menurut data yang diterima oleh Badan Narkotika Nasional (BNN), jumlah korban yang disebabkan oleh Narkoba ini meningkat hingga dua kali lipat dari tahun tahun sebelumnya. Kekhawatiran ini semakin di pertajam akibat maraknya peredaran gelap narkotika yang telah merebak di segala lapisan masyarakat, termasuk di kalangan generasi muda.

 

1491945 Adx_ManadoPost_InPage_Mobile

Hal ini akan sangat berpengaruh terhadap kehidupan bangsa dan negara pada masa mendatang. “BNN Kota Manado secara maksimal mencegah masuknya narkotika dengan tetap

bekerja sama dengan Polri, TNI, Bea Cukai, Imigrasi, Pemerintah Daerah dan instansi

terkait lainnya serta seluruh komponen masyarakat, dalam bersinergi dan bersama-sama mengambil langkah untuk menyatakan Perang Terhadap Narkoba. WAR ON DRUGS,” ungkap Kepala BNN Kota Manado AKBP Reino Bangkang di Markas BNNK Manado, Rabu (8/11).

 

Sementara itu, sesuai informasi dirangkum, BNN Kota Manado telah melaksanakan sejumlah Kegiatan selama tahun 2021 diantaranya:

 

– BNN Kota Manado melaksanakan giat Aksi Paskah berupa Berbagi Kasih dalam

rangka merayakan Hari Raya Paskah di bulan April.

 

– Dan Pemberian Takjil dan Masker kepada Pengurus Masjid Raya Ahmad Yani, dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah di bulan Mei

 

– Pada puncak perayaan HANI di Bulan Juni, BNN Kota Manado melaksanakan sejumlah kegiatan antara lain : Mendaki Gunung Klabat, Paralayang di Gunung Tumpa, Menyelam bersama komunitas selam di Kota Manado, Jalan Sehat dan Zumba bersama, juga mengundang Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Manado untuk virtual meeting Bersama Bapak Presiden Republik Indonesia.

 

– Membentuk Kelurahan Karombasan Selatan sebagai Kelurahan Bersinar.

 

– Serta mempersiapkan Kelurahan Sindulang Dua sebagai Kelurahan Bersinar selanjutnya.

 

– Kegiatan Anjangsana ke Panti Asuhan Febe yang ada di Tondano dan Panti Asuhan Nasareth di Tomohon dalam rangka menyambut Natal di bulan ini.

 

– Serta Mengunjungi Wale Anti Narkoba di Tompaso Kabupaten Minahasa. BNN Kota Manado juga telah melaksanakan Kegiatan dalam rangka Kunjungan Kepala BNN RI, Bapak DR. Petrus Reinhard Golose di Kota Manado.

 

– Mengawali rangkaian Kunjungan Kerja di Provinsi Sulawesi Utara, Kepala BNN RI Dr. Petrus Reinhard Golose melakukan diving di Laut Bunaken dengan kedalaman 25 s/d 35 meter dalam rangka memperingati Hari Pahlawan 10 November 2021.

 

– Di hari Kedua Kepala BNN RI mengikuti rangkaian kegiatan di Mapolda Sulut diantaranya Pencanangan Desa/Kelurahan Bersinar Launching Terobosan Kreatif Rehabilitasi BNN Provinsi Sulut dan dilanjutkan dengan Pemberian Penghargaan kepada para pihak pendukung program P4GN, dilanjutkan dengan pemberian penghargaan kepada pihak pendukung program P4GN, yaitu Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey, Walikota Manado, Andrei Angouw, Walikota Bitung, IR. Mauritis Mantiri, MM, Bupati Minahasa, IR. Royke O. Roring, M.Si., Camat Singkil Zainal Naway, S.E., Lurah Wawonasa Husein Masiaga, Lurah Sindulang Dua Putera Djaja Salendah, S.E., Lurah Karombasan Selatan Deesye Tulenan, S.Sos., Lurah Girian Weru Dua, Yukefin Marthin, S.E., Kepala Desa Sea Tumpengan Filadelfus Kukihi serta Hukum Tua Desa Raringis Rany Posumah.

 

– Di Hari Ketiga Kegiatan di Kelurahan Sindulang 2 berupa Pemberian/Pembagian Bahan Kontak bagi Kelompok Nelayan di Kelurahan Sindulang 2, yang diwakili oleh Kepala BNN Provinsi Sulut , Brigjen. Pol. Victor J. Lasut, MM.

 

– Dan di hari terakhir Kepala BNN RI melaksanakan Kegiatan Olahraga Bersama

yang dilaksanakan di Koni Manado, dimana Kepala BNN RI bermain Tenis Meja Bersama Walikota Manado Bapak Andrei Angouw.

 

Adapun Kegiatan lainnya yang telah dilaksanakan tiap Seksi BNN Kota Manado sepanjang Tahun 2021 yaitu sebagai berikut :

 

1. Seksi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat

a. Diseminasi Informasi melalui talkshow/tatap muka (1 Kali)

b. Diseminasi Informasi melalui insert konten (2 kali)

c. Diseminasi Informasi melalui media cetak (6 kali)

d. Diseminasi Informasi melalui media cetak luar ruang (5 kali)

e. Diseminasi Informasi melalui Placement televisi daerah (2 kali).

f. Diseminasi Informasi melalui Placement radio daerah/local (6 kali)

g. Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) Keliling, Terkait Kampanye/Himbauan Pencegahan Bahaya Narkoba dan Pencegahan Penyebaran Covid-19 dengan lokasi dengan Lokasi Kecamatan Wanea, Kecamatan Tikala, Kecamatan Paal 2, Kecamatan Mapanget, Kecamatan Tuminting, Kecamatan Wenang, Kecamatan Malalayang, Kelurahan Bumi Nyiur, Kelurahan Karombasan Selatan, Jalan Ring Road, Jalan Winangun, Jalan Stadion Klabat, dan Jalan Bethesda.

h. Bimbingan Teknis Penggiat Anti Narkoba di Instansi Pemerintah, Swasta, dan Lingkungan Pendidikan bertempat di Hotel Gran Puri dengan tujuan Terbentuknya Penggiat Anti Narkoba di Instansi Pemerintah, Swasta, dan di Lingkungan Pendidikan.

i. Workshop Penguatan Kapasitas Aparat Penegak Hukum dalam Mewujudkan Kota Tanggap Ancaman Narkoba Pada Sektor Kewilayahan di Ibis Hotel.

j. Intervensi Ketahanan Keluarga Berbasis Sumber Daya Pembangunan Desa/Kelurahan di Kelurahan Sindulang Dua dan Kelurahan Karombasan Selatan.

k. Koordinasi Pelaksanaan Program Ketahanan Keluarga Anti narkoba di Kelurahan Malalayang Satu.

l. Asistensi Pelaksanaan Program Ketahanan Keluarga Anti Narkoba sebanyak 4 kali dengan 20 orang peserta.

m. Dialog Interaktif Remaja Teman Sebaya sebanyak 10 kali pertemuan dengan 10 orang peserta.

n. Pemberdayaan Masyarakat melalui pemeriksaan tes urine di Instansi Pemerintah, Lingkungan Pendidikan, Masyarakat, dan Swasta

o. Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Program Pemberdayaan Masyarakat di Lingkungan Pemerintah, Masyarakat, Swasta, dan Pendidikan

 

2. Seksi Rehabilitasi

Rehabilitasi merupakan salah satu poin penting dalam menekan angka prevalensi penyalahguna narkotika, selain dapat memulihkan penyalahguna, dengan rangkaian program rehabiltasi dapat mencegah penyalahguna terperosok lebih dalam pada candu narkotika serta mencegah agar mereka tidak kambuh kembali (relapse).

 

Adapun Kegiatan yang dilakukan selama 1 (satu) Tahun ini adalah sebagai berikut:

a. Melakukan asesmen terhadap Total 53 klien, dengan konseling sebanyak 292

kali terhadap penyalahguna narkotika yang masuk dalam rawat jalan Klinik

Pratama BNN Kota Manado,

b. Melakukan Asesmen Terpadu terhadap 6 klien penyalaguna narkotika yang

dibawah oleh Polresta Manado

c. Rapat Koordinasi Tingkat Kota dengan Instansi Terkait di Kantor BNN Kota

Manado (1 kali dilaksanakan).

d. Rapat Tim Rehabilitasi Berbasis Masyarakat, kegiatan ini dilaksanakan 2 kali di

Kantor Kelurahan Bitung Karangria dengan 10 Orang peserta.

e. Operasional Unit Intervensi Berbasis Masyarakat di Kelurahan Malalayang Satu

dan Kelurahan Bitung Karangria

f. Layanan IBM di Kelurahan Bitung Karangria dan Karombasan Selatan dengan

total peserta 20 orang.

g. Bimbingan Teknis terhadap Agen Pemulihan Tim Intervensi Berbasis

Masyarakat pada Kelurahan Bersinar di Karombasan Selatan

h. Melakukan Skrining Intervensi Lapangan di Kelurahan Bitung Karang Ria dan

Kelurahan Karombasan Selatan sebanyak 30 kali oleh petugas BNN Kota

Manado

i. Pelatihan Petugas Intervensi Berbasis Masyarakat yang dilaksanakan di Kantor BNN Kota Manado dengan 10 orang peserta.

 

3. Seksi Pemberantasan

Telah berhasil mengungkap terhadap 1 (satu) kasus tindak pidana narkotika, Golongan I Jenis Tembakau Gorila.

 

“Saat ini perlu adanya fondasi yang kokoh dari masyarakat dalam mencegah dan memberantas narkoba. Oleh karena itu perlu adanya kerjasama yang terjalin dalam pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan peredaran gelap narkoba di lingkup terkecil mulai lingkungan keluargan, lingkungan kerja, lingkungan sekolah sampai dengan lingkungan masyarakat,” kata Kaban Reino Bangkang.

 

Lanjutnya, masalah narkoba harus ditanggulangi bersama dan saling sinergi, antara instansi

pemerintah maupun elemen masyarakat. Oleh karena itu harus terus dibangun kesadaran bersama, guna meningkatkan kesadaran atau rasa peduli semua komponen masyarakat. Pada masa pandemi covid-19 mari tetap memperhatikan Prosedur Tetap (Protap) Kesehatan dari Pemerintah, Cuci tangan, pakai masker dan Jaga Jarak.

 

“Mari selamatkan generasi kita dari narkoba. Jika masyarakat Kota Manado mengetahui ada

tindak penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkoba di lingkungannya, silakan untuk

aktif melaporkan ke BNN Kota Manado dengan menghubungi Call Center BNN Kota

Manado 0431-8800358,” tandas Reino Bangkang.

 

Diketahui, berikut cara mudah menghindari narkoba:

1. Jangan pernah mencobanya, walaupun untuk iseng atau untuk alasan lain, kecuali perintah dokter/alasan medis.

2. Kuatkan iman, mantapkan pribadi, pakailah rasio (pemikiran, pertimbangan) lebih banyak dari pada emosi.

3. Jangan menghindar dari problem, tetapi hadapi dan atasi persoalan sampai tuntas, bila tak mampu konsultasi pada ahli.

4. Pilihlah pergaulan yang aman jangan yang berbahaya.

5. Pilih kegiatan yang sehat, tak merugikan diri sendiri ataupun orang lain, ikutilah klub olah raga, organisasi sosial. Lakukan hobi bersama teman dan keluarga.

6. Gunakan waktu dan tempat yang aman, jangan keluyuran malam-malam. Bersantailah dengan keluarga, berkaraoke, piknik, makan bersama, masak bersama, beres-beres bersama nonton bersama keluarga.

7. Selalu berusaha menjadi pribadi yang baik, bertindak positif, bertanggungjawab, jadilah figure/sosok yang diteladani.

8. Berusahalah “saling mendengar”, saling mengingatkan dan saling memaafkan agar

semakin mendewasakan pribadi masing-masing.

9. Buatlah keluarga, rumah tangga, menjadi tempat yang paling menyenangkan, paling menenangkan sehingga membuat “betah” tinggal bersama “sahabat”.

10. Selalu ingatkan, bahwa ancaman hukuman untuk penyalah guna Narkoba, apalagi bagi pengedar Narkoba adalah Lembaga Pemasyarakatan.

11. Ingatkan bahwa Narkoba akan merusak kerja otak, susunan syaraf pusat, merusak ginjal, lever dan sebagainya.

(gnr)

 

MANADOPOST.ID-Ancaman kejahatan narkoba seolah tak pernah putus meski bebagai upaya telah dilakukan dengan sangat serius. Sinergi antar lini bangsa menjadi opsi utama untuk menanggulangi masalah penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba.

 

Menurut data yang diterima oleh Badan Narkotika Nasional (BNN), jumlah korban yang disebabkan oleh Narkoba ini meningkat hingga dua kali lipat dari tahun tahun sebelumnya. Kekhawatiran ini semakin di pertajam akibat maraknya peredaran gelap narkotika yang telah merebak di segala lapisan masyarakat, termasuk di kalangan generasi muda.

 

Hal ini akan sangat berpengaruh terhadap kehidupan bangsa dan negara pada masa mendatang. “BNN Kota Manado secara maksimal mencegah masuknya narkotika dengan tetap

bekerja sama dengan Polri, TNI, Bea Cukai, Imigrasi, Pemerintah Daerah dan instansi

terkait lainnya serta seluruh komponen masyarakat, dalam bersinergi dan bersama-sama mengambil langkah untuk menyatakan Perang Terhadap Narkoba. WAR ON DRUGS,” ungkap Kepala BNN Kota Manado AKBP Reino Bangkang di Markas BNNK Manado, Rabu (8/11).

 

Sementara itu, sesuai informasi dirangkum, BNN Kota Manado telah melaksanakan sejumlah Kegiatan selama tahun 2021 diantaranya:

 

– BNN Kota Manado melaksanakan giat Aksi Paskah berupa Berbagi Kasih dalam

rangka merayakan Hari Raya Paskah di bulan April.

 

– Dan Pemberian Takjil dan Masker kepada Pengurus Masjid Raya Ahmad Yani, dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah di bulan Mei

 

– Pada puncak perayaan HANI di Bulan Juni, BNN Kota Manado melaksanakan sejumlah kegiatan antara lain : Mendaki Gunung Klabat, Paralayang di Gunung Tumpa, Menyelam bersama komunitas selam di Kota Manado, Jalan Sehat dan Zumba bersama, juga mengundang Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Manado untuk virtual meeting Bersama Bapak Presiden Republik Indonesia.

 

– Membentuk Kelurahan Karombasan Selatan sebagai Kelurahan Bersinar.

 

– Serta mempersiapkan Kelurahan Sindulang Dua sebagai Kelurahan Bersinar selanjutnya.

 

– Kegiatan Anjangsana ke Panti Asuhan Febe yang ada di Tondano dan Panti Asuhan Nasareth di Tomohon dalam rangka menyambut Natal di bulan ini.

 

– Serta Mengunjungi Wale Anti Narkoba di Tompaso Kabupaten Minahasa. BNN Kota Manado juga telah melaksanakan Kegiatan dalam rangka Kunjungan Kepala BNN RI, Bapak DR. Petrus Reinhard Golose di Kota Manado.

 

– Mengawali rangkaian Kunjungan Kerja di Provinsi Sulawesi Utara, Kepala BNN RI Dr. Petrus Reinhard Golose melakukan diving di Laut Bunaken dengan kedalaman 25 s/d 35 meter dalam rangka memperingati Hari Pahlawan 10 November 2021.

 

– Di hari Kedua Kepala BNN RI mengikuti rangkaian kegiatan di Mapolda Sulut diantaranya Pencanangan Desa/Kelurahan Bersinar Launching Terobosan Kreatif Rehabilitasi BNN Provinsi Sulut dan dilanjutkan dengan Pemberian Penghargaan kepada para pihak pendukung program P4GN, dilanjutkan dengan pemberian penghargaan kepada pihak pendukung program P4GN, yaitu Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey, Walikota Manado, Andrei Angouw, Walikota Bitung, IR. Mauritis Mantiri, MM, Bupati Minahasa, IR. Royke O. Roring, M.Si., Camat Singkil Zainal Naway, S.E., Lurah Wawonasa Husein Masiaga, Lurah Sindulang Dua Putera Djaja Salendah, S.E., Lurah Karombasan Selatan Deesye Tulenan, S.Sos., Lurah Girian Weru Dua, Yukefin Marthin, S.E., Kepala Desa Sea Tumpengan Filadelfus Kukihi serta Hukum Tua Desa Raringis Rany Posumah.

 

– Di Hari Ketiga Kegiatan di Kelurahan Sindulang 2 berupa Pemberian/Pembagian Bahan Kontak bagi Kelompok Nelayan di Kelurahan Sindulang 2, yang diwakili oleh Kepala BNN Provinsi Sulut , Brigjen. Pol. Victor J. Lasut, MM.

 

– Dan di hari terakhir Kepala BNN RI melaksanakan Kegiatan Olahraga Bersama

yang dilaksanakan di Koni Manado, dimana Kepala BNN RI bermain Tenis Meja Bersama Walikota Manado Bapak Andrei Angouw.

 

Adapun Kegiatan lainnya yang telah dilaksanakan tiap Seksi BNN Kota Manado sepanjang Tahun 2021 yaitu sebagai berikut :

 

1. Seksi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat

a. Diseminasi Informasi melalui talkshow/tatap muka (1 Kali)

b. Diseminasi Informasi melalui insert konten (2 kali)

c. Diseminasi Informasi melalui media cetak (6 kali)

d. Diseminasi Informasi melalui media cetak luar ruang (5 kali)

e. Diseminasi Informasi melalui Placement televisi daerah (2 kali).

f. Diseminasi Informasi melalui Placement radio daerah/local (6 kali)

g. Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) Keliling, Terkait Kampanye/Himbauan Pencegahan Bahaya Narkoba dan Pencegahan Penyebaran Covid-19 dengan lokasi dengan Lokasi Kecamatan Wanea, Kecamatan Tikala, Kecamatan Paal 2, Kecamatan Mapanget, Kecamatan Tuminting, Kecamatan Wenang, Kecamatan Malalayang, Kelurahan Bumi Nyiur, Kelurahan Karombasan Selatan, Jalan Ring Road, Jalan Winangun, Jalan Stadion Klabat, dan Jalan Bethesda.

h. Bimbingan Teknis Penggiat Anti Narkoba di Instansi Pemerintah, Swasta, dan Lingkungan Pendidikan bertempat di Hotel Gran Puri dengan tujuan Terbentuknya Penggiat Anti Narkoba di Instansi Pemerintah, Swasta, dan di Lingkungan Pendidikan.

i. Workshop Penguatan Kapasitas Aparat Penegak Hukum dalam Mewujudkan Kota Tanggap Ancaman Narkoba Pada Sektor Kewilayahan di Ibis Hotel.

j. Intervensi Ketahanan Keluarga Berbasis Sumber Daya Pembangunan Desa/Kelurahan di Kelurahan Sindulang Dua dan Kelurahan Karombasan Selatan.

k. Koordinasi Pelaksanaan Program Ketahanan Keluarga Anti narkoba di Kelurahan Malalayang Satu.

l. Asistensi Pelaksanaan Program Ketahanan Keluarga Anti Narkoba sebanyak 4 kali dengan 20 orang peserta.

m. Dialog Interaktif Remaja Teman Sebaya sebanyak 10 kali pertemuan dengan 10 orang peserta.

n. Pemberdayaan Masyarakat melalui pemeriksaan tes urine di Instansi Pemerintah, Lingkungan Pendidikan, Masyarakat, dan Swasta

o. Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Program Pemberdayaan Masyarakat di Lingkungan Pemerintah, Masyarakat, Swasta, dan Pendidikan

 

2. Seksi Rehabilitasi

Rehabilitasi merupakan salah satu poin penting dalam menekan angka prevalensi penyalahguna narkotika, selain dapat memulihkan penyalahguna, dengan rangkaian program rehabiltasi dapat mencegah penyalahguna terperosok lebih dalam pada candu narkotika serta mencegah agar mereka tidak kambuh kembali (relapse).

 

Adapun Kegiatan yang dilakukan selama 1 (satu) Tahun ini adalah sebagai berikut:

a. Melakukan asesmen terhadap Total 53 klien, dengan konseling sebanyak 292

kali terhadap penyalahguna narkotika yang masuk dalam rawat jalan Klinik

Pratama BNN Kota Manado,

b. Melakukan Asesmen Terpadu terhadap 6 klien penyalaguna narkotika yang

dibawah oleh Polresta Manado

c. Rapat Koordinasi Tingkat Kota dengan Instansi Terkait di Kantor BNN Kota

Manado (1 kali dilaksanakan).

d. Rapat Tim Rehabilitasi Berbasis Masyarakat, kegiatan ini dilaksanakan 2 kali di

Kantor Kelurahan Bitung Karangria dengan 10 Orang peserta.

e. Operasional Unit Intervensi Berbasis Masyarakat di Kelurahan Malalayang Satu

dan Kelurahan Bitung Karangria

f. Layanan IBM di Kelurahan Bitung Karangria dan Karombasan Selatan dengan

total peserta 20 orang.

g. Bimbingan Teknis terhadap Agen Pemulihan Tim Intervensi Berbasis

Masyarakat pada Kelurahan Bersinar di Karombasan Selatan

h. Melakukan Skrining Intervensi Lapangan di Kelurahan Bitung Karang Ria dan

Kelurahan Karombasan Selatan sebanyak 30 kali oleh petugas BNN Kota

Manado

i. Pelatihan Petugas Intervensi Berbasis Masyarakat yang dilaksanakan di Kantor BNN Kota Manado dengan 10 orang peserta.

 

3. Seksi Pemberantasan

Telah berhasil mengungkap terhadap 1 (satu) kasus tindak pidana narkotika, Golongan I Jenis Tembakau Gorila.

 

“Saat ini perlu adanya fondasi yang kokoh dari masyarakat dalam mencegah dan memberantas narkoba. Oleh karena itu perlu adanya kerjasama yang terjalin dalam pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan peredaran gelap narkoba di lingkup terkecil mulai lingkungan keluargan, lingkungan kerja, lingkungan sekolah sampai dengan lingkungan masyarakat,” kata Kaban Reino Bangkang.

 

Lanjutnya, masalah narkoba harus ditanggulangi bersama dan saling sinergi, antara instansi

pemerintah maupun elemen masyarakat. Oleh karena itu harus terus dibangun kesadaran bersama, guna meningkatkan kesadaran atau rasa peduli semua komponen masyarakat. Pada masa pandemi covid-19 mari tetap memperhatikan Prosedur Tetap (Protap) Kesehatan dari Pemerintah, Cuci tangan, pakai masker dan Jaga Jarak.

 

“Mari selamatkan generasi kita dari narkoba. Jika masyarakat Kota Manado mengetahui ada

tindak penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkoba di lingkungannya, silakan untuk

aktif melaporkan ke BNN Kota Manado dengan menghubungi Call Center BNN Kota

Manado 0431-8800358,” tandas Reino Bangkang.

 

Diketahui, berikut cara mudah menghindari narkoba:

1. Jangan pernah mencobanya, walaupun untuk iseng atau untuk alasan lain, kecuali perintah dokter/alasan medis.

2. Kuatkan iman, mantapkan pribadi, pakailah rasio (pemikiran, pertimbangan) lebih banyak dari pada emosi.

3. Jangan menghindar dari problem, tetapi hadapi dan atasi persoalan sampai tuntas, bila tak mampu konsultasi pada ahli.

4. Pilihlah pergaulan yang aman jangan yang berbahaya.

5. Pilih kegiatan yang sehat, tak merugikan diri sendiri ataupun orang lain, ikutilah klub olah raga, organisasi sosial. Lakukan hobi bersama teman dan keluarga.

6. Gunakan waktu dan tempat yang aman, jangan keluyuran malam-malam. Bersantailah dengan keluarga, berkaraoke, piknik, makan bersama, masak bersama, beres-beres bersama nonton bersama keluarga.

7. Selalu berusaha menjadi pribadi yang baik, bertindak positif, bertanggungjawab, jadilah figure/sosok yang diteladani.

8. Berusahalah “saling mendengar”, saling mengingatkan dan saling memaafkan agar

semakin mendewasakan pribadi masing-masing.

9. Buatlah keluarga, rumah tangga, menjadi tempat yang paling menyenangkan, paling menenangkan sehingga membuat “betah” tinggal bersama “sahabat”.

10. Selalu ingatkan, bahwa ancaman hukuman untuk penyalah guna Narkoba, apalagi bagi pengedar Narkoba adalah Lembaga Pemasyarakatan.

11. Ingatkan bahwa Narkoba akan merusak kerja otak, susunan syaraf pusat, merusak ginjal, lever dan sebagainya.

(gnr)

 

Most Read

Artikel Terbaru

/