25 C
Manado
Rabu, 25 November 2020

Terlibat Narkoba, 212 Warga Sulut Direhab

MANADOPOST.ID—Peredaran Narkotika, Psikotropika, dan Obat Terlarang (Narkoba) di Sulawesi Utara (Sulut) masih marak. Saat ini pasien rawat jalan yang direhabilitasi mencapai 212 orang, per akhir pekan lalu.

Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Sulut, mencatat ada 140 orang rawat jalan. Kemudian dari Badan Narkotika Nasional BNN Kota Manado berjumlah 27 orang, BNN Kota Bitung 14 orang.

“BNNK Bolmong 7 orang, BNNK Sangihe 19 orang dan Puskesmas 5 orang,” singkat Kepala Bidang Rehabilitasi Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNN) Sulawesi Utara dr Reinne Wowiling MARS, saat dikonfirmasi Manado Post.

“Jadi, yang paling banyak digunakan adalah narkoba jenis adiktif khususnya lem Eha-Bond. Dengan rentan usia 15-25 tahun, dan rata-rata kategori masyarakat menengah ke bawah,” sambung dr Wowiling.

Persoalan ini mendapat perhatian dari para tokoh agama. Sekretaris Umum Badan Pekerja Majelis Sinode (BPMS) GMIM Pdt Evert Tangel menyebutkan, dalam masa Covid yang memprihatinkan ini, membuat  peradaban manusia berubah. Khususnya bagi generasi muda. Sehingga beberapa di antara generasi muda mengambil keputusan untuk terlibat dalam mengonsumsi narkoba.

“Sangat memprihatinkan jika masih banyak yang terlibat dalam mengonsumsi narkoba, apalagi bagi generasi muda. Kondisi terbatas ini bukan berarti seseorang kehilangan harapan dan mau bergantung pada narkoba yang mematikan masa depan pengguna,” ujar sekum GMIM saat diwawancarai Manado Post.

Pdt Evert juga merasa bertanggung jawab untuk membekali generasi muda agar terhindar dari narkoba. Lanjutnya, persoalan ini menjadi tanggung jawab bersama orang tua (keluarga), pemerintah dan agama. Bagi gereja, ini suatu koreksi. Bagaimana gereja telah berperan untuk membekali generasi muda agar tidak terlibat dengan mengonsumsinya.

Lanjut Pdt Tangel, apa yang telah diprogramkan gereja untuk memfasilitasi generasi muda agar lebih terlibat dalam kegiatan-kegiatan pelayanan, harus dioptimalkan. “Oleh karena itu sebagai hamba Tuhan, saya mengimbau agar para anak muda untuk lebih mendekatkan diri kepada Tuhan, melalui membaca Alkitab dan beribadah sambil mengaktifkan diri dalam kegiatan-kegiatan yang lebih positif dan dikehendaki Tuhan,” tambah Pdt Evert.

Di akhir tanggapannya, Pdt Evert mengaku turut mengambil bagian dalam merangkul generasi-generasi muda untuk menghargai waktu dari Sang Pencipta.

“Anak muda adalah pemimpin gereja dan bangsa di masa yang akan datang. Jangan sia-siakan waktu anugerah Tuhan. Jangan hancurkan masa depanmu dengan narkoba yang hanya memberikan kenikmatan sesaat saja. Tuhan menyayangimu. Jika ada persoalan, bukalah komunikasi dengan orangtua, dengan hamba-hamba Tuhan, dan komunasikan persoalanmu dengan kepada Tuhan,” pesan Sekum GMIM.

Di tempat lain, ini juga mendapat perhatian Mayor Albert Santu, Opsir Pemimpin Gereja Bala Keselamatan Korps 4 Manado. “Yang jelas melanggar ajaran Alkitabiah, peran gereja di sini harus lebih peduli dan terlibat dengan jemaat yang seperti ini,” ungkapnya.

“Karena tidak kuat dasar pribadi akan pengenalan arti hidup yang sebenarnya. Karena gaya hidup sangat mempengaruhi. Juga tidak mempunyai dasar yang kuat akan pengajaran Alkitab,” pungkasnya.(mg-06/mg-07/gnr)

-

Artikel Terbaru

Perselisihan Dua Desa, Kapolres Turun Tangan

MANADOPOST.ID- Anak-anak muda di dua desa yakni Desa Tenga dan Desa Pakuure, Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) belum lama ini sempat terjadi perselisihan.

Lansia 80 Tahun Ditemukan Tak Bernyawa di Sungai

MANADOPOST.ID--Desterina Talamuda (80), warga Kuma Kecamatan Essang Selatan, ditemukan tak bernyawa di Sungai Liumbarango.

Hadirkan Ketum GMNI, Liow Apresiasi Bedah Buku OD-SK

MANADOPOST.ID--Mahasiswa dan generasi milenial Sulut mengikuti Diskusi bedah buku ‘Moving Forward: Memahami Revolusi Mental dan Politics of Hope Dalam Kepemimpinan Aksi Nyata dan Tata Kelola Pemerintahan ODSK’ di Grand Puri Hotel Manado, Rabu (25/11).

Percepat dan Perluas ETP Daerah

MANADOPOST.ID--Bupati Sitaro Evangelian Sasingen didampingi Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Herry Bogar menghadiri webinar akselerasi Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD), secara virtual di Media Center Sitaro, Selasa (24/11).

KPU Cegah Kerumunan saat Pencoblosan di TPS

MANADOPOST.ID—Komisi Pemilihan Umum (KPU) tidak berharap adanya pemimpin baru yang dipilih oleh masyarakat yang sakit.