25 C
Manado
Rabu, 25 November 2020

PIA AG Inisiasi Giat Rapid Test di Lanud Sam Ratulangi Manado

MANADOPOST.ID–Ketua Persatuan Isteri Angkatan Udara (PIA) Ardhya Garini Cabang 9 Daerah II Pangkalan TNI AU Sam Ratulangi Ibu Lidya Abram Tumanduk membuka kegiatan Rapid Test dan Ceramah KDRT di Balai Prajurit Lanud Sam Ratulangi Manado, Sulawesi Utara, Kamis (12/11). Khusus Kegiatan rapid test, diikuti pula oleh Komandan Lanud Sam Ratulangi Kolonel Pnb Abram Tumanduk beserta para Kadis dan anggota militer lainnya.

Dalam sambutannya, Lidya Abram Tumanduk mengatakan bahwa pelaksanaan acara ini merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka HUT PIA Ardhya Garini ke-64 tahun ini. Dimana puncak peringatannya pada 25 November secara virtual dan menyeluruh se-Indonesia.

“Kami menginisiasi pelaksanaan Rapid Test kembali di Lanud Sam Ratulangi. Sekaligus pemeriksaan tingkat gula darah dan cholesterol. Demikian pula kegiatan ceramah KDRT. Sejak tahun 2004 UU KDRT telah dikeluarkan oleh pemerintah RI sehingga bagi kami, ceramah KDRT ini sangat penting untuk diketahui,” kata Ibu Lidya yang juga berprofesi sebagai Dosen Universitas Sam Ratulangi Manado.

Undang-undang RI Nomor 23 Tahun 2004 ini perlu untuk dipahami dan dimengerti oleh seluruh Ibu-ibu PIA Ardhya Garini Cabang 9 Daerah II Lanud Sam Ratulangi Manado. Sehingga mengantisipasi terjadinya KDRT perlu diketahui upaya yang dapat dilakukan.

Upaya yang dilakukan oleh setiap orang yang mendengar, melihat atau mengetahui terjadinya KDRT. Yakni, mencegah berlangsungnya tindak pidana, memberikan perlindungan kepada korban, memberikan pertolongan darurat.

Sementara itu, Mayor Sus Yenny Luntungan, sehari-harinya menjabat sebagai Kepala Hukum (Kakum) Lanud Sam Ratulangi, memberikan materi ceramah KDRT. “Seperti yang dikatakan Ibu Lidya bahwa undang-undang tentang kekerasan dalam rumah tangga ini telah cukup lama dikeluarkan oleh pemerintah. Sehingga perlu untuk disosialisasikan kembali agar kita dapat mengetahui hak dan kewajiban kita,” ungkapnya.

Kegiatan Rapid Test dan Ceramah KDRT ini diikuti oleh seluruh Keluarga Besar Lanud Sam Ratulangi, termasuk isteri dan keluarga. Sedangkan, dalam pengambilan sampel darah ini termasuk mengecek tingkat gula darah dan cholesterol. Pemeriksaan kesehatan ini didukung sepenuhnya oleh Kepala Rumah Sakit Lanud Sam Ratulangi Manado Sulut Mayor Kes dr. Ahmad Fauzi.(*)

-

Artikel Terbaru

Zaman Kapolri Idham Azis, tidak Ada Anjak yang Habis Sekolah

Dalam Apel Kasatwil 2020 di Mabes Polri pada Rabu (25/11), Kapolri Jenderal Idham Azis menyampaikan perihal pembinaan personel kepolisian. Ada hukuman dan penghargaan bagi anggotanya. Bahkan, seluruh personel Bhayangkara akan mendapatkan jabatan sesuai dengan kompetensi individu.

Perselisihan Dua Desa, Kapolres Turun Tangan

MANADOPOST.ID- Anak-anak muda di dua desa yakni Desa Tenga dan Desa Pakuure, Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) belum lama ini sempat terjadi perselisihan.

Lansia 80 Tahun Ditemukan Tak Bernyawa di Sungai

MANADOPOST.ID--Desterina Talamuda (80), warga Kuma Kecamatan Essang Selatan, ditemukan tak bernyawa di Sungai Liumbarango.

Hadirkan Ketum GMNI, Liow Apresiasi Bedah Buku OD-SK

MANADOPOST.ID--Mahasiswa dan generasi milenial Sulut mengikuti Diskusi bedah buku ‘Moving Forward: Memahami Revolusi Mental dan Politics of Hope Dalam Kepemimpinan Aksi Nyata dan Tata Kelola Pemerintahan ODSK’ di Grand Puri Hotel Manado, Rabu (25/11).

Percepat dan Perluas ETP Daerah

MANADOPOST.ID--Bupati Sitaro Evangelian Sasingen didampingi Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Herry Bogar menghadiri webinar akselerasi Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD), secara virtual di Media Center Sitaro, Selasa (24/11).