29 C
Manado
Selasa, 20 Oktober 2020

Kapolda Sulut Sebut Pentingnya Komitmen Bersama Wujudkan Pilkada Aman dan Sehat di Masa Pandemi Covid-19

MANADOPOST.JAWAPOS.COM-Kapolda Sulut Irjen Pol Panca Putra mendorong semua pihak, terutama para penyelenggara, peserta dan para pendukung dalam Pilkada Serentak 2020, untuk mematuhi protokol kesehatan pencegahan covid-19.

Menurutnya, perlu disusun sebuah kesepakatan bersama, komitmen bersama agar pelaksanaan pilkada berjalan aman, sejuk, damai dan sehat serta memperhatikan protokol kesehatan.

Hal itu disampaikan Kapolda Sulut saat menyampaikan arahan dalam Rapat Koordinasi Persiapan Kampanye Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara Tahun 2020, di Hotel Fourpoints Manado, Kamis (17/9/2020) diikuti oleh para Penyelenggara Pemilu, partai politik, perwakilan bakal calon, yang juga dihadiri oleh perwakilan Forkopimda Sulut.

“Kenapa itu penting, karena apapun peraturan dibuat, tidak akan mampu mengakomodir semua hal secara utuh. Banyak permasalahan yang muncul di lapangan yang mungkin saja tidak tertuang dalam peratuan tersebut,” ujar Irjen Pol Panca Putra.

Untuk itu katanya, disepakati melalui Kesepakatan Bersama itu. “Selain mengatasi masalah yang timbul karena tidak ada aturan, kita juga memperkuat sanksinya, harapannya seperti itu,” ujar Irjen Pol Panca Putra.

Di kesempatan itu juga, Kapolda menegaskan bahwa Polri tetap menjaga netralitas dalam pelaksanaan Pilkada.

“Polri berkomitmen untuk menjaga pelaksanaan pilkada yang demokratis, diperlukan netralitas aparat keamanan. Polri sudah berkomitmen tidak ada tawar menawar, netralitas Polri itu menjadi prasyarat utama,” tegas Irjen Pol Panca Putra.

Mantan Direktur Penyidikan KPK ini juga berharap, tidak hanya netralitas Polri yang dibutuhkan, tapi semua penyelenggara tetap menjaga netralitas sehingga pelaksanaan pilkada serentak 2020 bisa berjalan secara demokratis.

“Ini sudah kita sosialisasikan dan terus kita lakukan pengawasan, sejauh mana anggota di lapangan menunjukan netralitas ini. Kalau ada anggota yang dianggap tidak memiliki netralitas silahkan berikan masukan. Dan teman-teman Bawaslu silahkan melakukan pengawasan terhadap masalah ini,” ujar Irjen Pol Panca Putra.(ctr-02/gnr)

-

Artikel Terbaru

Gantikan Situmorang, Moningkey Resmi  Pimpin Polres Minahasa

MANADOPOST.ID--Tongkat kepemimpinan Kepolisian Resort (Polres) Minahasa kembali berpindah. Berdasarkan Surat Keputusan Kapolri Nomor 979/V/2020 tanggal 1 Mei 2020 tentang pemberhentian

Minahasa Masih Aman dari La Nina

MANADOPOST.ID--Cuaca ekstrim terus menerpa wilayah Kabupaten Minahasa. Menurut BMKG, diketahui cuaca ekstrim tersebut terjadi akibat fenomena alam La Nina yang membuat

Relaksasi Pajak Ditolak, Hasrat Punya `Mobil` Murah Buyar

MANADOPOST.ID—Rencana penghapusan pajak mobil baru akibat dampak Coronavirus Disease (Covid-19), buyar. Sempat disambut baik oleh masyarakat Sulut karena berkesempatan membeli mobil murah, nyatanya rencana ini ditolak Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Sudah Empat Tenaga Kontrak `Dieksekusi`

MANADOPOST.ID—Pjs Wali Kota Bitung Drs Edison Humiang MSi kembali menunjukkan ketegasannya dengan memberhentikan dua tenaga kontrak yang terbukti tidak netral dalam Pilkada.

Angka Kehamilan Naik

MANADOPOST.ID—Terhitung sejak Januari sampai dengan September 2020, angka kehamilan di Kabupaten Sangihe mengalami peningkatan.