26C
Manado
Jumat, 26 Februari 2021

Baru Sebulan Wakapolda Bali, Brigjen Langie Ditarik ke Mabes

MANADOPOST.ID-Brigjen Pol Roycke Harry Langie. Baru sekitar sebulan menjabat sebagai Wakapolda Bali, putra Sulawesi Utara ini ikut masuk dalam mutasi jabatan yang dilakukan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo.

Diketahui, ada mutasi sejumlah perwira tinggi (Pati) dan perwira menengah (Pamen). Total ada 25 perwira yang dimutasi menduduki jabatan baru. Mutasi dan promosi ini tertuang dalam dua surat telegram, masing-masing Nomor: ST/318/II/KEP./2021 tertanggal 18 Desember 2020. Telegram ditandatangani Asisten SDM Kapolri Irjen Pol Sutrisno Yudi Hermawan.

“Mutasi dan promosi jabatan dalam rangka penyegaran organisasi dan pembinaan personel, baik tour of duty maupun tour of area,” kata Kadiv Humas Polri Irjen Pol Argo Yuwono melalui pesan singkat. Brigjen Roycke Harry Langie, akan menduduki jabatan baru sebagai Analis Kebijakan Utama Bidang Pidana Umum Bareskrim Polri. Penggantinya yakni Brigjen Pol I Ketut Suardana yang sebelumnya menjabat sebagai Karorenmin Itwasum Polri.

Kebijakan mutasi ini terjadi untuk pertama kalinya setelah Kapolri Listyo Sigit memegang pucuk pimpinan Polri. Pada tahap awal ini, Sigit juga merotasi 4 jabatan Kapolda. Mereka yang dirotasi yaitu Kapolda Papua dari Irjen Pol Paulus Waterpauw kepada Brigjen Pol Mathius D Fakhiri yang sebelumnya menjabat sebagai Wakapolda Papua. Paulus sendiri mendapat promosi sebagai Kabaintelkam Polri.

Kemudian, Kapolda Kapolda Sumatera Utara dari Irjen Pol Martuani Sormin kepada Irjen Pol Panca Putra yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Sulawesi Utara. Martuani selanjutnya akan menjabat sebagai Koorsahli Kapolri.

Sebagai pengganti Panca, Kapolri menunjuk Irjen Pol Nana Sujana yang sekarang menjabat Koorsahli Kapolri. Terakhir yaitu Kapolda Lampung diserahkan dari Irjen Pol Purwadi Arianto kepada Irjen Pol Hendro Sugiatno.

Sementara itu, Kursi kosong Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri akhirnya terisi setelah ditinggalkan oleh Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo karena menjadi Kapolri. Sigit memutuskan menunjuk seniornya sekaligus suksesornya Komjen Pol Agus Andrianto untuk menggantikan posisinya terdahulu.

Komjen Agus sebelumnya menjabat sebagai Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan (Kabarhakam) Polri. Posisi Agus akan diisi oleh Komjen Pol Arief Sulistyanto yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (Kalemdiklat) Polri.

Kapolri menunjuk Kepala Badan Intelijen Keamanan (Kabaintelkam) Polri Komjen Pol Rycko Amelza Dahniel menjadi Kalemdiklat. Jabatan Rycko selanjutnya akan diisi oleh Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw. Sebagai informasi, jabatan Kabareskrim Polri sendiri sempat kosong cukup lama. Hal itu menyusul dilantiknya Listyo Sigit sebagai Kapolri. Pimpinan Bareskrim Polri sementara diambil alih oleh Wakabareskrim Polri Irjen Pol Wahyu Hadiningrat.(gnr)

Artikel Terbaru