26C
Manado
Jumat, 26 Februari 2021

Waspada Pungli-Gratifikasi

MANADOPOST.ID-Deklarasi janji kinerja dan pencanangan pembangunan zona integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) tahun 2021, diikrarkan Kantor Imigrasi Kelas I TPI Manado.

Hal ini dilaksanakan juga bersama dengan 5 satuan kerja se-kota Manado di jajaran Kanwil Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Sulut. Yaitu Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) Manado, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Manado, Balai Pemasyarakatan (Bapas) Manado, Rumah Penyimpanan Barang Rampasan Negara (Rupbasan) Manado dan Rumah Tahanan Negara (Rutan) Manado bersama Kanim Manado.

Diketahui pencananangan janji kinerja dan penandatangan pakta integritas ini, berlangsung di Rutan Manado, Rabu (17/2) lalu. Dipimpin langsung Kakanwil Kemenkumham Sulut Lumakson, yang turut disaksikan oleh pewakilan Kejari Manado, Kejari Minut, Polresta Manado serta Kepala Ombudsman RI perwakilan Sulut.

“Pencanangan ini merupakan langkah awal dalam membentuk satuan kerja menuju WBK/WBBM. Untuk itu, dibutuhkan komitmen dan konsisten melaksanakannya. Tentu dengan sungguh-sungguh dan bukan seremonial belaka,” tegas Lumaksono berharap dengan dilaksanakannya deklarasi ini, seluruh Satuan kerja dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

“Untuk meraih predikat WBK menuju WBBM, serta tidak menyalahgunakan wewenang dalam melaksanakan tugas,” ungkapnya.

Dalam kesempatan ini, Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sulut Meilany F Limpar menyampaikan, perlunya pelayanan terbaik dari semua pihak terkait. “Untuk mewujudkan pembangunan ZI diperlukan pelayanan prima menyeluruh agar tercapainya predikat WBK/WBBM. Karena pembangunan ZI bukanlah hanya sekedar menandatangani sebuah piagam, namun yang terpenting adalah bagaimana pelaksanaannya dalam memberikan pelayanan masyarakat,” singkatnya.

Komitmen pun disampaikan Kepala Kantor Imigrasi Kelas l TPI (Kakanim) Manado Muhammad Akmal yang hadir bersama para kepala seksi. Dirinya menjelaskan tentang langkah kedepannya.

“Ada beberapa angkah yang akan diambil untuk mendukung pembangunan Zona Integritas (ZI) seperti pembentukan tim kerja, koordinasi dengan unit pelaksana teknis yang telah meraih WBK dan rencananya akan diadakan penguatan dari mantan Kakanim Blitar Muhammad Akram yang telah meraih predikat WBK dan WBBM,” tegasnya sembari mengatakan, seluruh pegawai Kakanim Manado juga telah berkomitmen bersama.

“Selanjutnya seluruh pegawai Kanim Manado, sudah berkomitmen untuk bekerja dengan profesional dan menjunjung tinggi integritas. Agar terwujud pelayanan publik yang berkualitas, bebas dari pungli dan gratifikasi,” tambahnya. Diketahui, saat kegiatan berlangsung para pegawai Kanim Manado mengikuti secara virtual.(ctr-02/gnr)

Artikel Terbaru