27 C
Manado
Sabtu, 31 Oktober 2020

Pandemi, KemenkumHAM Sulut Tetap Produktif

MANADOPOST.ID–Di tengah pandemi Covid-19, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (KemenkumHAM) Sulawesi Utara (Sulut) tetap produktif.

Kepala Kanwil (Kakanwil) KemenkumHAM Sulut Lumaksono SH MH mengungkapkan, seluruh jajaran yang dia pimpin melaksanakan pelayanan publik dengan memperhatikan protokol pencegahan Covid-19.

Dijelaskannya, pegawai jajaran Kanwil KemenkumHAM Sulut dilengkapi Alat Pelindung Diri (APD) dan asupan makanan standar untuk daya tahan tubuh. “Bagi mereka yang sakit, kita istirahatkan untuk menjalani pengobatan lebih lanjut,” ungkapnya kemarin.

Sementara di bidang pemasyarakatan, pihaknya belum mengizinkan adanya kunjungan di lapas untuk sementara waktu demi mencegah penularan virus dari pengunjung Warga Binaan Permasyarakatan (WBP). “Seluruh WBP kami sudah lakukan rapid test untuk memastikan mereka tidak tertular virus,” tutur dia.

Lanjut Lumaksono, penerapan protokol ketat juga dilakukan terhadap pelayanan keimigrasian. Pihaknya telah melanching program inovatif.

“Selain memaksimalkan pelayanan online, kami juga akan turun lapangan dan jemput bola. Memberikan pelayanan kepada para lansia dan masyarakat difabel agar tidak perlu ke kantor karena pelayanan di kantor-kantor imigrasi masih kita batasi,” bebernya.

Diakuinya, banyak progran kerja di semester awal 2020 yang belum berjalan akibat pandemi. Olehnya, refocusing anggaran telah dilakukan untuk ikut membantu menangani Covid-19.

“Kurang lebih Rp600 juta kita sisihkan untuk penanggulangan Covid-19. Selain pengadaan APD dan untuk penerapan protokol ketat, kami juga memberikan bantuan sosial kepada warga terdampak ekonominya. Serta para anak yatim dan mereka yang membutuhkan,” tukasnya. (#/jen)

-

Artikel Terbaru

Selisih dengan CEP-SSL 40%, Ini Alasan OD-SK Tetap Perkasa

MANADOPOST.ID—Petahana Olly Dondokambey-Steven Kandouw sangat perkasa. Tingkat elektabilitas mencapai 64,3. Selisih dengan jawara kedua Christiany Eugenia Paruntu-Sehan Salim Landjar (CEP-SSL) capai 40 persen. Di mana paslon nomor urut 1 ini hanya mendapat 22,3 persen.

LSI: OD-SK Unggul 64,3

MANADOPOST.ID—Kurang dari dua bulan pelaksanaan pilkada 9 Desember mendatang, pasangan incumbent Olly Dondokambey dan Steven Kandouw (OD-SK) tetap bertengger di posisi pertama.

Pjs Bupati Minsel Warning Kepsek

MANADOPOST.ID—Pjs Bupati Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) Meiki Onibala, kembali mengeluarkan warning keras. Kali ini, diarahkan ke kepala sekolah (kepsek) di Minsel. Terkait sikap dalam menghadapi kontestasi Pilkada 2020.

Ketua Bapilu Demokrat Dukung JPAR-Ai

MANADOPOST.ID--Target utama Partai Demokrat merebut kemenangan di Kota Manado sepertinya tak didukung kader sendiri. Teranyar, Ketua Bapilu Demokrat Sulut Darmawati Dareho memilih mendukung pasangan calon Julyeta Paulina Amelia Runtuwene-Harley Mangindaan (JPAR-Ai). Dibanding memenangkan Ketua Demokrat Sulut Mor Bastiaan yang berpasangan dengan Hanny Joost Pajouw.

Anggaran JKN-KIS Minahasa Digeser Tangani Covid-19

MANADOPOST.ID—Pandemi Covid-19 di Kabupaten Minahasa berdampak pada pergeseran anggaran. Salah satunya pergeseran anggaran yang dilakukan terhadap pembayaran iuran BPJS Kesehatan.