30 C
Manado
Jumat, 4 Desember 2020

TNI AU Gelar Simulasi Penanggulangan Huru-hara

Landasan Pacu Bandara Samrat Didatangi Pendemo

MANADOPOST.ID–Landasan pacu Bandara Internasional Sam Ratulangi didatangi sekelompok orang pendemo. Membawa berbagai spanduk protes tentang pengembangan bangunan hanggar Pangkalan TNI Angkatan Udara Sam Ratulangi, di sebelah timur runway, Selasa (27/10).

Skenario itu adalah salah satu kegiatan simulasi Penanggulangan Huru-Hara (PHH) di aset Lanud Sam Ratulangi. Menurut Kepala Dinas Operasi Lanud Sam Ratulangi Mayor Lek Riki Husman, latihan simulasi ini adalah program kerja Dinas Operasi melalui Bidang Keamanan Pertahanan Pangkalan TNI AU Sam Ratulangi.

Untuk meningkatkan kesiapan pasukan TNI Angkatan Udara khususnya di Lanud Sam Ratulangi dalam tugas keamanan dan pertahanan pangkalan udara. Apalagi kesiapan membantu Polri mengawal Pilkada Sulut.

“Jika dibutuhkan, kita telah siap untuk digerakkan demi menjaga situasi senantiasa kondusif, kita siap membantu Pemerintah Daerah Sulawesi Utara,” ujarnya.

Secara teknis pelaksanaannya, dijelaskan oleh Kepala Seksi Keamanan Pertahanan Pangkalan Lanud Sam Ratulangi (Kasikamhanlan) Mayor Pom Benyamin Sirait.

“PHH ini dimulai sejak pukul 0500 pagi, dengan adanya apel kesiapan. Memeriksa secara keseluruhan kesiapan setiap regu. Sebanyak beberapa regu disiapkan. Kemudian dilanjutkan dengan patroli jalan kaki mengelilingi bandara Internasional Sam Ratulangi,” jelas Kasikamhanlan saat didampingi Kaur Keselamatan Terbang dan Kerja Lanudsri Letda Lek Karaeng.

“Sekaligus memeriksa keamanan alat utama sistem senjata, serta keamanan bandara Internasional Sam Ratulangi Manado demi keselamatan penerbangan,” tandasnya.

Komandan Lanud Sam Ratulangi Kolonel Pnb Abram Tumanduk sebelumnya telah memerintahkan untuk dilaksanakannya simulasi PHH. Hal ini dikatakannya saat melaksanakan kegiatan ‘Jam Komandan’ pertengahan bulan Oktober lalu. Danlanud telah memerintahkan Kasikamhanlan Mayor Pom Benyamin Sirait, agar PHH siap selalu jika dibutuhkan. Kesiapan ini untuk mengantisipasi adanya permintaan perbantuan PHH apabila mendesak.(*)

-

Artikel Terbaru

Desa Wisata Candirejo Borobudur Tawarkan Sensasi Budaya Jawa

Salah satu desa wisata tradisional yang terkenal #DiIndonesiaAja adalah Desa Penglipuran, Bali. Nah, selain itu, masih banyak desa wisata tradisional lain, termasuk yang lokasinya tak jauh dari Candi Borobudur, Jawa Tengah.

Bajeto 341 Lingkungan Solid Menangkan JGE-VB

Kekuatan pendukung dan simpatisan Pasangan Calon (Paslon) Jilly Gabriella Eman-Virgie Baker, (JGE-VB) kian hari terus bertambah.

Pilih Mor, Rekaman Bersama Enda Ungu

Personel Band Ungu Franco Medjaya Kusumah atau akrab disapa Enda, menunjukkan keseriusannya memenangkan Pasangan Calon (Paslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Manado, Mor Bastiaan-Hanny Joost Pajouw (Mor-HJP).

VAP – HR Merajai Pelosok Sulut

Sosok calon Gubernur Sulut Dr (HC) Vonnie Anneke Panambunan STh yang selalu peduli masyarakat kecil, terus dicintai warga hingga di daerah pelosok di 15 kabupaten/kota se-Sulut.

Perhatian-perhatian! Pintu Teater Dibuka 5 Desember

"Perhatian-perhatian. Pintu teater telah dibuka. Bagi Anda yang telah memiliki karcis dipersilahkan untuk memasuki ruangan teater…” Rindu dengar kalimat tersebut? Sebentar lagi rindu anda terobati.