26C
Manado
Minggu, 28 Februari 2021

Calon Inspektur Polisi Diperiksa

MANADOPOST.ID-Sebanyak 33 peserta terdiri dari 23 pria dan 10 wanita yang bersaing dalam seleksi penerimaan SIPSS (Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana) tahun anggaran 2021 di Polda Sulut (Sulawesi Utara), menjalani Rikkes (pemeriksaan kesehatan) tahap I, Kamis (28/1) pagi, di SPN (Sekolah Polisi Negara) Polda Sulut.

Kabid Humas Polda Sulut Kombes Pol Jules Abraham Abast mengatakan, pemeriksaan ditangani oleh Tim Rikkes dari Biddokkes (Bidang Kedokteran dan Kesehatan) Polda Sulut, terdiri dari para dokter, perawat dan tenaga medis lainnya.

“Rikkes tahap I ini meliputi pemeriksaan mata, pengukuran komposisi tubuh yakni tinggi dan berat badan, tensi nadi, THT (telinga-hidung-tenggorokan), gigi dan mulut, serta fisik luar,” ujarnya, Kamis siang, di Mapolda.

Pemeriksaan dilaksanakan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19. Seluruh personel Tim Rikkes mengenakan pakaian APD (Alat Pelindung Diri).

Sedangkan peserta wajib memakai masker, diukur suhu tubuh dan mencuci tangan dengan cairan antiseptik sebelum memasuki ruangan. Pemeriksaan dipantau oleh Karo SDM Polda Sulut Kombes Pol Octo Budhi Prasetyo.

Lanjut Kombes Pol Jules Abraham Abast, jalannya tes juga diawasi secara ketat oleh Tim Pengawas Internal dari Itwasda dan Bidpropam, serta Tim Pengawas Eksternal LSM Gerbin.

“Hal tersebut bertujuan untuk menghindari terjadinya kecurangan, juga sebagai bukti dikedepankannya prinsip BETAH (Bersih, Transparan, Akuntabel dan Humanis) dalam tiap seleksi di lingkungan Polri,” kunci Abast.(gnr)

Artikel Terbaru