32 C
Manado
Selasa, 14 Juli 2020

Bersejarah! Setengah Badan Terendam Air, Kapolda Sulut Lantik Ratusan Personel

MANADOPOST.ID—Jelang Hari Bhayangkara 1 Juli 2020, Polda Sulut Selasa (30/6) siang, melaksanakan upacara korps raport kenaikan pangkat anggota Polri periode 1 Juli 2020 dan PNS Polri periode 1 April 2020.

Total personel yang naik pangkat berjumlah 368 orang. 189 diantaranya, yang bertugas di Polda, dilantik kapolda secara langsung di Pantai Malalayang Manado. Dari 189 personel tersebut, 17 diantaranya PNS Polri dan 7 orang lainnya dilantik menjadi pangkat Komisaris Besar Polisi, di bawah air dengan kedalaman 10 meter.

Tempat pelaksanaan berbeda dari biasanya. Kali ini dilaksanakan di Pantai Malalayang, Manado. Seluruh personel yang naik pangkat harus berdiri di pantai dengan posisi setengah badan terendam di air laut.

Upacara kenaikan pangkat ini dipimpin langsung oleh Kapolda Sulut Irjen Pol Royke Lumowa, dan dihadiri oleh Wakapolda Sulut Brigjen Pol Yadi Suryadinata dan para PJU Polda.

Menurut Irjen Lumowa, pelaksanaan kegiatan sengaja dibuat di alam terbuka, tidak di ruang tertutup, agar bisa menghirup udara segar dan mendapat sinar matahari. “Biar anggota juga tahu bahwa 80 sampai 90 persen wilayah Sulut terdiri dari laut. Begitu besar luas lautan yang harus kita jaga dan kita layani,” kata Kapolda.

Kenaikan pangkat ini juga katanya bukan hal yang biasa. “Itu butuh perjalanan yang panjang, butuh perjuangan dan itu diproklamirkan dengan pengorbanan kecil secara simbolis berada di pantai ini dengan menceburkan badannya sebatas pinggang,” ujar Kapolda. Kapolda mengucapkan selamat dan sukses bagi personil yang menerima kenaikan pangkat setingkat lebih tinggi.

“Selamat atas kenaikan pangkat saudara-saudara yang luar biasa. Kita (polisi) hidup di semua habitat, ada darat, laut dan udara, perbukitan, lembah. Jadi polisi harus ada di habitat-habitat itu. Sukses selalu, sampaikan terima kasih kepada Tuhan, sampaikan terima kasih kepada anak, isteri, suami sanak keluarga, bahwa pangkat yang diberikan juga berkat dukungan dari mereka-mereka,” pungkas Lumowa, mantan Kakorlantas Polri.(gnr)

-

Artikel Terbaru

Terkait Penyaluran Bansos, Kumtua Tantang Warga Lapor Polisi

MANADOPOST.ID--Gencarnya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa dalam mensosialisasikan penyaluran bantuan sosial dimasa pandemi Covid-19, baik Bantuan Lansung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa (DD) maupun Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementerian Sosial ke Masyarakat ternyata berbanding terbalik yang dilakukan Pemerintah Desa Koha Timur Kecamatan Mandolang yang dilaporkan wargannya akibat dugaan ketidak terbukaan dalam penyaluran bantuan tersebut.

Satu Pasien Positif Covid-19 Tempati Rumah Singgah Tounsaru

MANADOPOST.ID--Setelah disiapkan beberapa waktu lalu, rumah singgah yang disiapkan khusus tempat isolasi pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kelurahan Tounsaru, Kecamatan Tondano Selatan, kini sudah ditempati.

ROR: Setengah Warga Minahasa Sudah Tersentuh BST dan BLT

MANADOPOST.ID--Bupati Minahasa Dr Royke Octavian Roring MSi (ROR) menyebut bantuan sosial yang yelah disalurkan pemerintah terhitung sudah setengah mencakup jumlah penduduk Kabupaten Minahasa.

Penutupan Kelurahan yang Belum Terpapar Covid-19 Ditunda

MANADOPOST.ID—Kabar penutupan sejumlah kelurahan yang belum terpapar Covid-19, mulai 16 hingga 19 Juli mendatang, ditunda pelaksanaannya. Itu diungkapkan Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pemerintah Kota Tomohon Yelly Potuh SS, dalam keterangan persnya, Senin (13/7) kemarin.

Polisi Amankan 350 Liter Captikus di Pelabuhan

MANADOPOST.ID--Sebanyak 350 Liter minuman keras (miras) ilegal jenis captikus yang di selundupkan di pelabuhan Melonguane menggunakan kapal KM Barcelona 2, berhasil di gagalkan Polres Talaud melalui Polsek Melonguane.