alexametrics
31.4 C
Manado
Senin, 27 September 2021
spot_img

Study Terbaru, Covid-19 Bukan Penyakit Pernapasan Tapi Pembuluh Darah, Simak Penjelasannya

MANADOPOST.ID–Covid-19 bukan hanya menyerang paru-paru, tetapi bisa menyebabkan pengentalan pembuluh darah bahkan stroke. Karena itu, penelitian baru baru-baru ini mengungkapkan, Covid-19 bukanlah penyakit pernapasan melainkan penyakit pembuluh darah.

Dilansir dari Science Times, Rabu (1/9), Studi yang dipimpin University of California-San Diego menemukan pembekuan darah pada beberapa pasien dan masalah lain.

Laporan Times Now menyebutkan, protein S dari virus menyerang reseptor ACE2, merusak mitokondria yang menghasilkan energi sel. Sehingga, merusak endotelium, yang melapisi pembuluh darah.

SciTechDaily sebelumnya melaporkan juga bahwa protein tersebut merusak sel-sel vaskular. Sementara efek pada sistem pernapasan adalah akibat dari peradangan jaringan pembuluh darah di paru-paru.

Menurut asisten profesor Uri Manor, banyak orang menganggap Covid-19 sebagai penyakit pernapasan, padahal sebenarnya penyakit pembuluh darah. Temuan mereka, tambah Manor, bisa menjelaskan mengapa beberapa orang memiliki masalah pembuluh darah tubuh mereka.

Kepala perawatan intensif di Rumah Sakit Universitas Bellvitge di Spanyol Profesor Rafael Manez Mendiluce mengatakan, masalah vaskular dapat dikaitkan dengan reaksi peradangan sistem kekebalan pasien. Hasil penelitian menunjukkan bagaimana Covid-19 menyerang pembuluh darah atau sistem peredaran darah.

Apa itu Penyakit Vaskular? Medline Plus mendefinisikan penyakit vaskular sebagai kondisi yang mempengaruhi sistem vaskular, jaringan pembuluh darah tubuh, termasuk arteri, vena, dan kapiler. Penyakit kardiovaskular misalnya termasuk pembekuan darah, stroke, dan penyakit arteri koroner atau jantung.

Faktor risiko yang paling umum adalah usia. Lansia yang terinfeksi Covid-19 bisa berdampak pada jantung dan pembuluh darah seperti diabetes atau kolesterol tinggi. Pemicunya adalah kegemukan, kurang olahraga, merokok.(Jawapos)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Artikel Terbaru