25 C
Manado
Rabu, 25 November 2020

Pilpres AS, Suara Trump Mulai Tertinggal Jauh dari Joe Biden

MANADOPOST.ID–Donald Trump mulai tertinggal dalam pemilihan Presiden AS 2020.  Kandidat dari Partai Demokrat Joe Biden memimpin dengan keunggulan 210-149 suara di atas Trump pada Selasa (3/11) pukul 23:25 waktu AS.

Meski begitu, banyak negara bagian yang menjadi kunci bisa mengarah ke Trump karena perhitungan suara masih terus bergulir.

Wilayah timur lLaut secara historis adalah benteng Partai Demokrat. Pada 2016, New York, Connecticut, Rhode Island, Maine, Vermont, New Hampshire dan Massachusetts memberikan suara mereka untuk Hillary Clinton. Pada 2012 dan 2008, negara bagian timur laut ini juga memilih Barack Obama kala itu.

Namun, di tengah pemilu yang digelar malam hari, banyak negara bagian belum memberikan suara elektoral mereka. Menurut data yang dihimpun oleh FiveThirtyEight, Biden diperkirakan juga menang di California, Colorado, Delaware, Hawaii, Illinois, Maryland, Minnesota, New Jersey, Nevada, New Mexico, Oregon, Virginia, Washington, dan Washington D.C.

Di satu sisi, meski Biden adalah pelari terdepan saat ini, Trump diperkirakan akan menang di banyak negara bagian yang secara historis condong ke Republik, menurut data yang dikumpulkan oleh FiveThirtyEight.

Lembaga survei FiveThirtyEight memperkirakan kemenangan Trump di Alabama, Alaska, Arkansas, Idaho, Indiana, Kansas, Kentucky, Louisiana, Mississippi, Missouri, Montana, Nebraska, North Dakota, Oklahoma, South Carolina, South Dakota, Tennessee, Utah, West Virginia dan Wyoming.

Trump juga diprediksi akan memenangkan di Texas, Iowa dan Ohio, tetapi dengan selisih tipis, menurut FiveThirtyEight. Ada 6 negara bagian yang harus diperhatikan dalam pemilihan presiden 2020 yakni Arizona, Florida, Michigan, North Carolina, Pennsylvania, dan Wisconsin. Masing-masing negara bagian ini memilih Trump pada 2016. Namun, data dari jajak pendapat baru-baru ini memperkirakan Biden bisa berada di jalur yang tepat untuk memenangkan negara bagian utama saat ini.

Menurut jajak pendapat terbaru oleh The New York Times dan Sienna College, Biden mengungguli Trump di Arizona, Pennsylvania, Wisconsin, dan Florida. Jajak pendapat tersebut mencatat keunggulan 11 poin untuk Biden di Wisconsin, diikuti oleh keunggulan enam poin di Pennsylvania dan Arizona, dan keunggulan tiga poin di Florida.

Sebuah survei yang dilakukan oleh CBS/Change Research menemukan bahwa Biden juga unggul di Michigan dan North Carolina. Jajak pendapat tersebut yang mengumpulkan tanggapan dari 3.300 pemilih di Arizona, Michigan, North Carolina, Pennsylvania, dan Wisconsin, melaporkan bahwa Biden mengungguli Trump di setiap negara bagian dengan selisih 2 hingga 8 poin persentase.

Data jajak pendapat terakhir dari FiveThirtyEight juga menunjukkan Biden sebagai pelopor nasional, dengan proyeksi bahwa Pennsylvania akan menjadi negara bagian yang paling mungkin menjadi titik kritis. Dalam perkiraan akhir FiveThirtyEight untuk negara bagian tersebut, jajak pendapat menemukan bahwa Biden mengungguli Trump dengan sekitar 5 poin persentase.

Berikut adalah hasil pemilu perguruan tinggi yang diperbarui setelah Biden mengungguli Trump, berdasarkan laporan dari CNN, Fox News, ABC dan Associated Press seperti dilansir jawapos.com dari NewsWeek, Rabu (4/11).(JPG)

1. Joe Biden (210 suara)
California (55)
Colorado (9)
Connecticut (7)
Delaware (3)
Illinois (20)
Maine (4)
Maryland (10)
Massachusetts (11)
New Hampshire (4)
New Jersey (14)
New Mexico (5)
New York (29)
Oregon (7)
Rhode Island (4)
Vermont (3)
Virginia (13)
Washington (12)

2. Donald Trump (149)
Alabama (9)
Arkansas (6)
Florida (29)
Idaho (4)
Indiana (11)
Kansas (6)
Kentucky (8)
Louisiana (8)
Mississippi (6)
Missouri (10)
Nebraska (5)
North Dakota (3)
Oklahoma (7)
South Carolina (9)
South Dakota (3)
Tennessee (11)
Utah (6)
West Virginia (5)
Wyoming (3)

-

Artikel Terbaru

Zaman Kapolri Idham Azis, tidak Ada Anjak yang Habis Sekolah

Dalam Apel Kasatwil 2020 di Mabes Polri pada Rabu (25/11), Kapolri Jenderal Idham Azis menyampaikan perihal pembinaan personel kepolisian. Ada hukuman dan penghargaan bagi anggotanya. Bahkan, seluruh personel Bhayangkara akan mendapatkan jabatan sesuai dengan kompetensi individu.

Perselisihan Dua Desa, Kapolres Turun Tangan

MANADOPOST.ID- Anak-anak muda di dua desa yakni Desa Tenga dan Desa Pakuure, Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) belum lama ini sempat terjadi perselisihan.

Lansia 80 Tahun Ditemukan Tak Bernyawa di Sungai

MANADOPOST.ID--Desterina Talamuda (80), warga Kuma Kecamatan Essang Selatan, ditemukan tak bernyawa di Sungai Liumbarango.

Hadirkan Ketum GMNI, Liow Apresiasi Bedah Buku OD-SK

MANADOPOST.ID--Mahasiswa dan generasi milenial Sulut mengikuti Diskusi bedah buku ‘Moving Forward: Memahami Revolusi Mental dan Politics of Hope Dalam Kepemimpinan Aksi Nyata dan Tata Kelola Pemerintahan ODSK’ di Grand Puri Hotel Manado, Rabu (25/11).

Percepat dan Perluas ETP Daerah

MANADOPOST.ID--Bupati Sitaro Evangelian Sasingen didampingi Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Herry Bogar menghadiri webinar akselerasi Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD), secara virtual di Media Center Sitaro, Selasa (24/11).