alexametrics
31.4 C
Manado
Senin, 6 Desember 2021
spot_img

Suasana Politik di Malaysia Memanas, Satu Menteri UMNO Mundur dari Kabinet Muhyiddin

MANADOPOST.ID – Situasi politik di Malaysia kian panas. Menteri Energi dan Sumber Daya Alam Shamsul Anuar Nasarah mengundurkan diri. Dia adalah anggota Partai Organisasi Nasional Malaysia Bersatu (UMNO).

Shamsul menegaskan bahwa keputusan itu diambil karena dirinya setia kepada partainya. ’’Saya akan fokus sebagai anggota parlemen dan membantu menguatkan partai di tengah situasi politik yang kian menantang,’’ ujarnya seperti dikutip Channel News Asia.

Keputusan Shamsul diambil setelah rapat dewan tertinggi UMNO. Dari hasil rapat tersebut, mayoritas anggota parlemen dari partai tersebut sepakat menandatangani pernyataan resmi untuk menarik dukungan dari Perdana Menteri Malaysia Muhyiddin Yassin. UMNO juga menarik dukungan dari koalisi Perikatan Nasional (PN) yang dipimpin Muhyiddin.

Sebagian anggota UMNO memang sudah lama ingin berpisah dari koalisi PN. Beberapa sudah memastikan tidak mendukung Muyiddin. Namun, selama ini belum ada keputusan bulat dari partai. UMNO pernah mempertimbangkan keluar dari PN, tapi Muhyiddin mencoba untuk mengulur waktu dan menarik simpati dengan memberikan jabatan.

Pada 7 Juli lalu, Ismail Sabri Yaakob diberi jabatan sebagai wakil PM dan Hishammuddin Hussein sebagai menteri senior. Keduanya adalah anggota Partai UMNO. Sepekan kemudian, UMNO menyatakan sepakat masih mendukung Muhyiddin. Tapi, agaknya kini angin politik kembali berubah arah.

’’Pernyataan penarikan dukungan anggota parlemen UMNO terhadap Muhyiddin Yassin sudah kami serahkan ke raja. Itu menunjukkan bahwa kini kepemimpinannya telah kehilangan dukungan mayoritas dan dia kehilangan legitimasi sebagai PM,’’ ujar Presiden UMNO Ahmad Zahid dalam sesi konferensi pers online. Zahid sekali lagi meminta Muhyiddin mundur saja.

Di belakang Zahid, tampak 10 anggota parlemen UMNO, termasuk mantan PM Najib Razak. Mereka adalah sebagian anggota yang dipastikan tidak lagi mendukung Muhyiddin. Sebagian lainnya tidak bisa datang karena terkendala lokasi. Meski status darurat sudah dicabut di Malaysia, lockdown masih berlaku.

Di dalam koalisi PN, UMNO memiliki anggota terbesar. Jumlahnya 38 anggota di parlemen. Sementara itu, Partai Bersatu yang dipimpin Muhyiddin hanya memiliki 31 anggota di parlemen. Tanpa dukungan dari UMNO, koalisi PN tinggal menghitung hari.

Profesor ilmu politik di Universiti Sains Malaysia Ahmad Fauzi Abdul Hamid menyatakan bahwa anggota UMNO yang masih menjadi menteri atau wakil menteri kini harus memilih. Mengikuti keputusan partai seperti yang dilakukan Shamsul ataukah membelot ke Bersatu. Selama ini UMNO dikenal memiliki basis akar rumput yang kuat, berbeda dengan Bersatu yang merupakan partai baru.

’’Jika melihat untuk jangka panjang, masa depan politik yang lebih baik menanti mereka jika tetap setia kepada UMNO. Tanpa pegangannya pada tuas kekuasaan, Bersatu mungkin akan terlupakan,’’ terang Ahmad seperti dikutip Free Malaysia Today. (Jawa Pos)

spot_imgspot_imgspot_img

Artikel Terbaru