alexametrics
25.4 C
Manado
Selasa, 21 September 2021
spot_img

Bungkam Hamas, Israel Akan Bangun Infrastruktur Gaza, Buka Lapangan Kerja

MANADOPOST.ID – Israel akan membangun Jalur Gaza, Palestina, menjadi lebih baik. Israel pun membeberkan berbagai rencana pembangunan itu sebagai upaya untuk membungkam kelompok Hamas agar tak terus berulah.

Dilansir dari CNN Indonesia, Menteri Luar Negeri Israel, Yair Lapid, menyatakan bahwa rencana pembangunan itu mencakup bidang infrastruktur hingga lapangan pekerjaan.

“Sebagai timbal balik, Hamas akan menyepakati ketenangan jangka panjang,” ujar Lapid, sebagaimana dikutip AFP, Minggu (12/9).

Dengan persyaratan itu, Lapid menyatakan bahwa pihaknya ingin memperlihatkan kepada rakyat Gaza, kekerasan Hamas terhadap Israel yang membuat mereka “hidup dalam kemiskinan, berkekurangan, kekerasan, dan tingkat pengangguran tinggi, serta tanpa harapan.”

Lapid kemudian membeberkan bahwa dalam tahap awal pembangunan itu, Israel akan lebih menekankan pada peningkatan infrastruktur di Jalur Gaza.

“Sistem listrik akan dibenahi, gas akan disambungkan, dan sistem penjernihan air akan dibangun, pembangunan signifikan sistem kesehatan, dan pembangunan kembali perumahan dan infrastruktur transportasi juga akan dilaksanakan,” tutur Lapid.

Lapid juga menegaskan bahwa, pelanggaran apa pun oleh Hamas akan langsung menghentikan atau menghambat proses tersebut.

Namun, jika tahap awal berjalan lancar, Israel akan membangun pulau buatan di pesisir wilayahnya. Pulau buatan itu akan memudahkan pembangunan pelabuhan dan “jalur transportasi” antara Gaza dan Tepi Barat.

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Artikel Terbaru