alexametrics
30.4 C
Manado
Jumat, 3 Desember 2021
spot_img

Hasil Penelitian, Vaksin Sinovac Tiongkok 90 Persen Cegah Orang Masuk ICU

MANADOPOST.ID–Sebuah studi terbaru di Cile menunjukkan bahwa vaksin CoronaVac yang dikembangkan oleh perusahaan farmasi Tiongkok, Sinovac, berkhasiat dalam mencegah Covid-19. Vaksin Sinovac manjur untuk menekan angka rawat inap, ICU, hingga kematian.

Secara umum, vaksin Sinovac memiliki tingkat kemanjuran 65,3 persen dalam mencegah Covid-19. Kementerian Kesehatan Cile melakukan penelitian tersebut lebih dari empat bulan.

“Dengan setidaknya empat bulan masa tindak lanjut, kami memiliki angka yang sangat dapat diandalkan dan positif,” kata Penasihat Departemen Kesehatan Masyarakat Dr. Rafael Araos, seperti dilansir dari Xinhua, Selasa (18/5).

“Meski varian Covid-19 bermunculan, vaksin itu (Sinovac) bekerja dengan baik,” katanya kepada wartawan pada konferensi pers.

Ilustrasi vaksin sinovac (Jawa Pos)

Informasi terbaru memperbarui hasil studi sebelumnya, berjudul ‘Efektivitas vaksin CoronaVac yang tidak aktif terhadap SARS-CoV-2 di Cile’ yang disajikan Araos pada 16 April, dan mengikuti pemantauan 10,2 juta orang lainnya hingga 1 Mei. Hasilnya, kemanjuran vaksin dalam mencegah rawat inap naik menjadi 87 persen, dalam mencegah masuk ke ICU hingga 90,3 persen, dan dalam mencegah kematian yang disebabkan oleh Covid-19 hingga 86 persen.

Wakil Menteri Kesehatan Masyarakat Cile Paula Daza menekankan pentingnya semua mendapatkan vaksinasi. “Vaksin yang kita miliki di negara ini efektif dan kita telah melihatnya dengan hasil bagaimana kasus yang bergejala, rawat inap, masuk ke unit perawatan intensif dan kematian menurun,” katanya.

Ilustrasi (JawaPos.com)

Daza mendesak mereka yang berusia di bawah 50 tahun untuk mendapatkan vaksinasi ketika giliran mereka tiba. “Kita harus mencapai 80 persen dari target populasi di setiap kelompok umur,” katanya.

Hal itu mengacu pada tujuan pemerintah untuk mengimunisasi 15 juta orang, sekitar 80 persen dari populasi Cile untuk mencapai apa yang disebut imunitas kawanan (herd immunity. Hingga Minggu (16/5), total 9.074.158 orang telah divaksinasi Covid-19 di Cile dengan 7.491.484 orang menyelesaikan dosis kedua.(jawapos)

spot_imgspot_imgspot_img

Artikel Terbaru