alexametrics
29.4 C
Manado
Senin, 6 Desember 2021
spot_img

Komite Senat Brasil Siapkan 9 Dakwaan untuk Presiden Jair Bolsonaro

MANADOPOST.ID – Penularan Covid-19 juga belum terkendali di Brasil. Presiden Jair Bolsonaro dianggap dalang di balik memburuknya situasi di negara tersebut. Sejak pandemi, 600 ribu penduduk Brasil meninggal karena virus SARS-CoV-2.

Komite senat telah melakukan penyelidikan selama enam bulan dan merekomendasikan sembilan dakwaan kepada Bolsonaro. Penyelidikan tidak hanya terkait Covid-19, tapi juga korupsi dan skandal lain yang terjadi pada era Bolsonaro.

Salah satu yang diusulkan adalah dakwaan pembunuhan secara disengaja atas perannya dalam tragedi pandemi Covid-19 di Brasil. Abai, ketidakmampuan, dan tidak percaya sains menjadi penyebab utama tingginya angka kematian di Brasil.

Laporan penyelidikan setebal 1.200 halaman itu akan dibahas di senat. Tapi, sepertinya tidak akan berdampak buruk bagi Bolsonaro. Sebab, Bolsonaro mendapatkan dukungan mayoritas anggota kongres. Kans pemakzulan sulit terjadi. Jaksa Agung Augusto Aras yang merupakan sekutu Bolsonaro bisa melindunginya dari dakwaan apa pun.

’’Anda dapat mengkritik sikap presiden, tapi tidak bisa mendakwanya,’’ terang Kepala Blok Pemerintah di Senat Fernando Bezerra. Meski begitu, laporan tersebut bakal memiliki dampak politik bagi Bolsonaro. Dia juga bisa dikirim ke pengadilan federal serta pengadilan kriminal internasional di Den Haag. (Jawa Pos)

spot_imgspot_imgspot_img

Artikel Terbaru