25C
Manado
Senin, 1 Maret 2021

Mobil Super 21 M Bentengi Joe Biden

MANADOPOST.ID—Pasca dilantik sebagai Presiden Amerika Serikat (AS), Rabu (20/1), Joe Biden bakal menerima sejumlah fasilitas mewah. Salah satunya mobil dinas berkekuatan super.

The Beast, sebutan untuk limosin khusus yang digunakan Biden pada hari pertamanya sebagai Presiden AS ke-46, adalah mobil misterius. Limosin ini menghabiskan biaya sebesar US$ 1,5 juta. Jika dirupiahkan berarti harga senilai Rp 21 miliar (kurs US$ 1=Rp 14.000).

Secret Service yang mengoperasikan The Beast tak pernah mengungkap soal spesifikasinya, namun sebagian informasi soal itu telah diungkap banyak pihak.
The Beast yang digunakan Biden untuk mengantarnya ke lokasi pelantikan di Gedung Putih dipercaya unit yang sama digunakan petahana Donald Trump.

Meski begitu terdapat pembeda yang jelas yakni The Beast yang dipakai Biden memakai pelat nomor ’46’. Alasan Biden tak dapat mobil baru seperti Barack Obama pada 2009 tak mau dijelaskan Secret Service menurut Fox News.

The Beast pada era Trump datang pada 2018, mobil ini, sama seperti versi Obama, dibuat oleh General Motors (GM) dengan kamuflase desain sedan Cadillac.

Car And Driver menjelaskan The Beast yang melayani Trump dan kini Biden dibuat dari sasis truk kelas berat GMC TopKick namun eksteriornya dirangkai seperti limosin yang mirip sedan Cadillac CT6 atau XTS.

Penampilan sedan bisa membuat orang terkecoh soal dimensinya, tapi sebenarnya The Beast berukuran lebih besar dari SUV atau truk. Car and Driver menyatakan mesin yang digunakan The Beast tidak diketahui, namun dijelaskan butuh unit bertenaga kuat untuk menggerakkan mobil ini yang beratnya disebut 15 ribu pound atau sekitar 6,8 ton. (jen)

10 Fakta Mobil Berjuluk The Beast 2.0:

1. Ada lebih dari dua Beast yang dikirimkan General Motors (GM) ke Secret Service sebagai mobil cadangan atau untuk mengecoh orang yang berniat jahat. Sebuah iring-iringan mobil Presiden biasanya terlihat dengan dua unit Cadillac One, tidak diketahui Presiden AS duduk di mobil yang mana.

2. Limusin Cadillac baru memiliki gril dengan bahasa desain yang sama seperti mobil konsep Cadillac Escala.
3. Semua limusin dibuat serupa dan berlapis baja. Mobil ini memiliki kaca setebal 5 inci (12,7 cm), pintu setebal 8 inci (20,32 cm) yang beratnya sama dengan pintu pesawat komersial. Kendaraan ini dibuat menggunakan titanium, keramik, dan pelat tahan bom yang menutupi bagian bawah.
4. The Beast diperkirakan memiliki berat antara 14.000 hingga 20.000 pound (6-9 ton).
5. The Beast dilengkapi dengan sejumlah perangkat keamanan seperti run-flat tyre yakni teknologi ban yang bisa berjalan meski ban bocor, perlengkapan penglihatan malam dan pasokan oksigen, telepon satelit serta kode nuklir. Mobil ini juga dapat menembakkan gas dari bumper depan.
6. Limo ini didukung oleh mesin diesel karena berat dan ukurannya. Selain itu, mesin diesel juga tidak mudah terbakar dalam baku tembak. mobil.
7. Secret Service memiliki kode untuk limo Presiden. Mereka menyebutnya bukan dengan julukan ‘The Beast’, tapi kode ‘Stagecoach’.
8. Secret Service tidak merinci persenjataan yang dibekali dalam mobil Presiden AS. Tapi disebutkan, pengemudi The Beast memiliki shotgun.
9. Mobil ini menyimpan golongan darah Presiden, bersama dengan defibrilator dan peralatan darurat lainnya.

10. Limosin ini menghabiskan biaya sebesar US$ 1,5 juta. Jika dirupiahkan berarti harga senilai Rp 21 miliar (kurs US$ 1=Rp 14.000).
Sumber: News18 dan dtc

Artikel Terbaru