29 C
Manado
Selasa, 24 November 2020

Pertama di Sulut, Wisuda Drive Thru Bikin Bangga Wisudawan

MANADOPOST.IDBerbeda dari biasanya. Mungkin juga yang pertama kali di Sulut. 460 wisudawan Universitas Katolik De La Salle Manado, mengikuti prosesi wisuda dengan sistem Drive Thru.

Kondisi penanggulangan Covid-19, lantas tak menghilangkan kreativitas. Tak harus selalu dilaksanakan dalam jaringan (daring) atau virtual. Namun dapat dilakukan luring. Dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Hal unik ini terjadi dalam wisuda ke-20 Unika De La Salle Manado. Tak dapat dimungkiri momen ini jadi kebanggaan orangtua, karena dapat melihat buah hatinya diteguhkan dalam prosesi wisuda secara langsung akhirnya terpenuhi.

Pagi itu rapat terbuka Senat akademik Universitas Katolik De La Salle Manado dimulai. Yakni wisuda Profesi, Sarjana dan Ahli Madya tahun akademik 2020-2021. Dengan tema, Lasallian: You Are Part of The Miracle Our Vision, Our Passion, Our Future. Berlangsung selama dua hari. 30-31 Oktober.

Toga dan batik menjadi busana yang membalut. Antrian mobil nampak berjejer. Panitia dan staf sibuk mengatur. Halnya di aula kampus tempat prosesi. Rektor, Ketua Yayasan, Uskup, Ketua Senat dan para Dekan sudah berada di podium. Rapat terbuka Senat pun dimulai.

Satu per satu mobil yang ditumpangi para wisudawan bersama orang tua, mulai mengantre masuk ke aula. Sudah menanti di podium untuk pengukuhan wisudawan oleh rektor dan penyerarah ijazah oleh masing-masing dekan. Ketika tiba,orang tua bersama wisudawan turun dari mobil. Kemudian wisudawan langsung menuju podium untuk menerima prosesi pemindahan topi toga dan penyerahan ijazah.

Para orangtua sudah menunggu di sisi tangga turun podium, untuk melakukan sesi foto. Tak butuh waktu lama, wisudawan dan orang tua langsung kembali ke mobil dan meninggalkan kampus. Nampak juga protokol kesehatan tetap dilaksanakan. Baik ukur suhu tubuh, juga penyemprotan handsanitizer. Dan desinfektan di semprotkan pada mobil wisudawan. Panitia juga sigap mengatur jalannya proses wisuda.

Rektor Prof Dr Johanis Ohoitimur menyampaikan, 7 Agustus 2020 Unika De La Salle berusia 20 tahun. “De La Salle masih sangat muda. Pun karena situasi covid-19, perkuliahan semester lalu dan semester ini, pemerintah mewajibkan perkuliahan secara daring atau virtual. Dan itu sudah kami lakukan. Dan karena kondisi yang sama, sehingga wisuda tahun ini dilaksanakan atas kondisi yang sama. Dengan drive trough serta live streaming juga,” terangnya menambahkan hal ini dilaksanakan karena rekomendasi dari orang tua.

“Ini sebagian besar karena rekomendasi dari para orang tua mahasiswa. Orang tua berpendapat bahwa mereka sudah bekerja keras untuk anak-anaknya belajar, akan kurang berkesan bagi orang tua seandainya, wisuda dilakukan secara live streaming. Dimana Rektor tidak hadir bersama wisudawan dan orang tua mendampingi anak dirumah, serta orang tua yang memindahkan tali topi sarjana,” katanya.

“Maka diusulkan jika bisa dilakukan dan dibuat rapat terbuka Senat Universitas. Dengan banyak hal dan melihat contoh-contoh di daerah lain, ternyata kita bisa melakukan drive through. Dan kebetulan kita mempunyai fasilitas itu. Dimana seperti dilihat kendaraan bisa lewat dan acara bisa berjalan dengan lancar. Bahkan lebih cepat dari waktu yang ditargetkan mahasiswa,” tambahnya.

Dia juga memberikan penghargaan kepada orang tua dan wisudawan. “Dengan ini kita memberikan penghargaan kepada orang tua mahasiswa yang sudah bekerja keras, agar anaknya bisa kuliah disini. Dan saya mendapatkan kesan orang tua cukup puas dengan cara wisuda ini. Mungkin lain dari pada yang lain,” ungkapnya.

Ketua Panitia Ronald Rachmadi ST MT mengatakan pelaksanaan wisuda ini, pertama bagi Unika De La Salle Manado. “Karena 19 kali kami melaksanakan secara normal. Dan pada kesempatan ini memang kami membuat atau mendesign acara ini secara drive through. Dan ini pertama kali di Sulut dan di Unika De La Salle Manado,” katanya.

“Konsep ini kami pilih, ya sebenarnya sudah banyak beredar di Jawa. Tapi kami berusaha menggabungkan dua konsep. Drive through dan secara live streaming juga. Jadi para peserta wisudawan ini mengikuti secara daring lewat live streaming youtube,” tambahnya.

Kemudian untuk prosesi pelaksanaan peneguhan luring dan live secara bersamaan. “Ini lebih untuk mengakomodir para wisudawan, mereka ingin berinteraksi dalam prosesi peneguhannya secara langsung oleh Rektor sendiri. Kemudian juga penyerahan ijasah oleh Dekan Fakultas masing-masing. Seperti itu konsep yang kami rangkai,” katanya menambahkan teknis persiapan sudah dilaksanakan dengan baik.

“Dan teknis pelaksanaan kami berusaha mendapatkan susunan ini, berdasarkan susunan yang masuk di antrian. Pakai metode fifo. First in first out. Jadi siapa yang masuk duluan, mereka yang akan dilayani lebih dulu. Juga scedule setiap fakultas di jadwal (jam) tersentu. Sehingga tidak terjadi kemacetan atau antrian yang panjang,” kata Dekan Fakultas Teknik ini.

Senada disampaikan Ketua Yayasan PTU De La Salle Pst Benansyo Salombre Pr. “Apresiasi yang sangat tinggi serta kebanggannya bagi seluruh wisudawan yang sudah berjuang dan bekerja keras hingga dapat menyelesaikan studinya. Merebaknya covid-19 telah mengganggu proses perjuangan seluruh mahasiswa dan dosen serta tenaga adminisratif. Namun semuanya boleh teratasi. Oleh karena itu marilah kita bersyukur,” katanya.(ctr-02/gnr)

-

Artikel Terbaru

Tegas! Belum Kuorum, Silangen Skors Paripurna Penetapan RAPBD 2021

MANADOPOST.ID—Paripurna penetapan RAPBD 2021 yang digelar DPRD Provinsi Sulut terpaksa diskors. Agenda ini sebelumnya dijadwalkan pukul 11.00.

OJK Luncurkan Aplikasi UMKM-MU

MANADOPOST.ID— Minggu (22/11) pekan lalu, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) genap berusia 9 tahun. Bertepatan dengan momentum itu pun, OJK meluncurkan aplikasi UMKM-MU, yaitu platform digital dalam bentuk website dan mobile app yang dikembangkan oleh OJK untuk membantu UMKM binaan dalam memperluas akses pasar secara digital.

11 Mitra Binaan Sulut `Disuntik` 1,7 Miliar

MANADOPOST-ID-- Pagi tadi sekira Pukul 10.22 WITA, Bertempat di Four Point by Sheraton Manado, PT Pertamina

FDW-PYR Banjir Dukungan di Kecamatan Sinonsayang

MANADOPOST.ID—Pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) Franky Donny Wongkar dan Pdt Petra Yani Rembang (FDW-PYR), terus menuai dukungan penuh masyarakat.

Serunya Event Akhir Tahun Hasjrat Fair Secara Virtual, Banyak Hadiah Langsung Diberikan!

Event akhir tahun terbesar PT Hasjrat Abadi selesai diselenggarakan Sabtu (21/11).