25 C
Manado
Kamis, 6 Mei 2021
spot_img

Produksi Sampah Kota Manado 0,4 Kg Per Orang, Pilah Sebelum di Buang di TPA

MANADOPOST.ID–Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Manado menggelar Sosialisasi Peningkatan  Peran Masyarakat Dalam Pengelolaan Persampahan, di ruang serbaguna Kantor Wali Kota Manado, Senin (03/05/2021). Dibuka Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Kota Manado Drs. Hery Saptono dan didampingi Kepala DLH Yanti Putri SH MH dan camat, lurah, kepala lingkungan serta utusan dari TP PKK dari enam kecamatan.

Hery Saptono mengatakan, atas nama Pemerintah Kota Manado berterimakasih atas inisiasi tentang peran masyarakat dalam pengelolaan persampahan. Menurut Saptono, istilah pengelolaan persampahan bukan barang baru lagi, permasalahan utama di kota ini adalah banjir, salah satunya banjir sampah yang sampai saat ini belum bisa diatasi seratus persen.
“Data yang ada 0.4 kilo gram (Kg) sampah yang dihasilkan oleh sampah rumah tangga. Kalau jumlah penduduk Kota Manado hampir lima ratus ribu lebih berarti ada 650 ton setiap hari sampah yang terbuang ke TPA tanpa ada solusi dari tingkat bawah,” kata Saptono.

Mencermati apa yang disosialisasikan melalui peraturan ini katanya, seharusnya ada pengelolaan serta perlakuan sampah dari tingkat bawah. Seharusnya sampah yang terbuang ke TPA sudah difilter dari tingkat kelurahan atau lingkungan.
“Kami berharap melalui sosialisasi ini tidak hanya sebatas apa yang kita ketahui tetapi aplikasinya di lapangan,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Manado Budi Yanti Paskah Putri SH MH menjelaskan, saat ini regulasi dari pemerintah pusat hingga ke daerah terkait pengelolaan persampahan sudah banyak. Tapi kenyataannya hingga kini kurang di implementasi regulasi tersebut.
“Saya harapkan semua yang hadir saat ini meneruskan informasi dan materi yang disampaikan oleh para nara sumber kepada keluarga dan masyarakat terkait pengelolaan sampah,” katanya. “Kami berharap, lewat sosialisasi ini masyarakat bisa memilah sampah sebelum dibuang di TPA,” pungkasnya. Diketahui, sebagai narasumber Dosen Poltekes Manado Jurusan Kesehatan Lingkungan Tony Curtis Timpua SPd. MKes dan Direktur Bank Sampah Marlon Kamagi. (ite)

 

 

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Artikel Terbaru