Awas Bahaya Bermain Layang-Layang Dekat Jaringan PLN

https://www.facebook.com/1010177812373578/videos/691134341689391/

MANADOPOST.ID- Di tengah pandemi corona virus disease 2019 (Covid-19), salah satu alternatif anak bermain di rumah yakni bermain layang-layang. Namun, bermain layang-layang memiliki risiko tinggi tersangkut pada tower atau jalur transmisi PLN. Kecepatan angin dan keterbatasan mengendalikan layang-layang memiliki peluang atau layang-layang tersebut jatuh menimpa atau tersangkut di jaringan listrik.

Senior Manager SDM dan Umum PLN UIW Suluttenggo, Galih Chrissetyo menuturkan berdasarkan Peraturan Menteri ESDM No 02 Tahun 2019 tentang ruang bebas dan jarak bebas minimum pada Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT), dilarang membangun bangunan dan menanam tanaman yang memasuki ruang bebas minimum serta dilarang bermain layang-layang dengan menggunakan benang konduktif, disekitar jalur transmisi (SUTET/SUTT) karena dapat membahayakan keselamatan jiwa dan dapat mengganggu kontinuitas penyaluran listrik kepada masyarakat.

Ia mengimbau kepada petugas PLN untuk mewaspadai musim bermain layang-layang, dan berbagai upaya telah PLN lakukan termasuk sosialisasi kepada para warga sekitar SUTT, mengkampanyekan risiko bahaya layang-layang melalui media sosial. “Kami harapkan kerjasama dari semua pihak untuk menjaga keamanan instalasi jaringan listrik, khususnya di jalur transmisi dengan tidak bermain layang-layang di dekat tiang listrik PLN, sehingga pasokan listrik dari PLN dan suplai energi listrik kepada pelanggan tetap aman,” ucapnya.

Memang bermain layang-layang diakuinya,sudah menjadi bagian dari tradisi atau budaya di daerah tertentu namun sebaiknya dilaksanakan di area yang jauh dari jaringan instalasi PLN. “Perlu diingat juga, bermain layang-layang ada aturannya, supaya aman mainlah di tanah lapang, jangan bermain dekat jaringan listrik. Karena layang-layang yang tersangkut di jaringan listrik akan menyebabkan listrik padam. Juga bisa menyebabkan tersetrum saat mengambil atau menyentuh layang-layang tersebut, dan setelah bermain, jangan letakkan layang-layang di luar ruangan saat malam hari, karena jika terbang terbawa angin akan tersangkut di daerah lain dan menyebabkan listrik daerah tersebut padam,” terangnya.

“Segera hubungi PLN jika melihat sesuatu yang mengganggu jaringan listrik dan jaga 3 meter jarak aman dari jaringan listrik. New PLN Mobile yang PLN sediakan untuk kemudahan pelanggan. Dengan PLN Mobile pelanggan dapat mengetahui posisi petugas dalam penanganan gangguan yang dilaporkan, dan pelanggan pun dapat menghubungi PLN dengan dengan pilihan chat PLN123, telp menggunakan VoIP (Tanpa menggunakan Pulsa Telepon, melainkan Paket Data), atau telp CC123 dengan kode area kota masing-masing, dan kedepan New PLN Mobile dapat juga digunakan untuk transaksi pembayaran, pelanggan dapat mendownload PLN Mobile di Playstore dan Appstore,” tutup Galih. (Lina Pendong)