25 C
Manado
Kamis, 6 Mei 2021
spot_img

Alat Berat Rusak, Sampah di Manado Sudah Tiga Hari tak Diangkat

MANADOPOST.ID–Sudah tiga hari tumpukan sampah di Kota Manado tidak diangkat. Hal ini merusak pemandangan Kota Manado sebagai Kota Pariwisata. Pantauan Manado Post kemarin, banyak tumpukan sampah tidak diangkut di hampir semua kecamatan.

Ada juga viral di Medsos sampah yang dibuang masyarakat di Jembatan Soekarno, Kelurahan Sindulang, Kecamatan Tuminting.

Camat Tuminting Bonix Saweho mengatakan, sampah yang di buang masyarakat yang tidak bertanggung jawab di Jembatan Soekarno sering diangkat petugas sampah. “Tapi karena alat berat di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sumompo rusak, sehingga membuat mobil sampah antre di TPA. Tapi kami sudah perintahkan untuk mengangkat sampah yang dibuang masyarakat di jembatan,” ujarnya.

Dia juga mengakui, hampir semua kecamatan kondisinya sama. Sampah belum diangkat karena truk sampah antre di TPA. “Kami juga mengimbau masyarakat jangan membuang sampah sembarangan. Karena sekarang petugas motor sampah berkeliling menjemput sampah dari masyarakat,” sebutnya.

Dia juga meminta lurah dan pala mencari oknum yang membuang sampah di Jembatan Soekarno agar diberikan sanksi. “Supaya kejadian seperti ini tidak terulang lagi,” katanya.

Terpisah, Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Limbah B3, Dinas Lingkungan Hidup Kota Manado, Franky Porawouw mengatakan, sudah tiga hari alat berat di TPA rusak. Karena kondisi alat sudah tua.

Hal ini menyebabkan antrean panjang truk sampah di TPA. “Tapi kami hari ini (kemarin) berencana menyewa alat berat. Supaya sampah dari truk sudah bisa diangkat. Sambil memperbaiki alat berat yang sudah rusak,” ujarnya.

Dia juga menyebutkan, di APBD Perubahan 2020 pihaknya telah mengusulkan dua alat berat untuk di tempatkan di TPA. “Ini solusi supaya alat berat tidak rusak lagi,” pungkasnya. (ite)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Artikel Terbaru