25 C
Manado
Rabu, 25 November 2020

Masyarakat Jangan Kehilangan Hak Pilih

MANADOPOST.ID- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Manado sudah menempel nama-nama yang masuk Daftar Pemilih Tetap (DPT) di setiap kelurahan.

Komisioner KPU Kota Manado Gafur Subaer mengatakan, masyarakat agar melakukan pengecekan nama mereka, apakah sudah terdaftar sebagai pemilih dalam DPT Pilkada Manado. “Agar tidak ada masyarakat yang kehilangan hak pilihnya untuk memilih pemimpin daerah lima tahun ke depan,” ujarnya.

Menurut Gafur, saat ini daftar tersebut sudah ditempelkan di kantor kelurahan masing-masing wilayah dan diumumkan lewat pengeras suara oleh anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) Kelurahan.

“Masyarakat bisa langsung melakukan koreksi nama-nama tersebut, jika ada nama atau alamat yang salah dituliskan dalam DPT,” ujarnya.

Lanjutnya, masyarakat juga bisa mengetahui apakah ada nama-nama pemilih yang tidak jelas asal-usulnya, tapi terdaftar di tempat mereka.

“Masyarakat harus proaktif mengecek apakah mereka sudah ada dalam DPT. Selain itu, peran masyarakat juga sangat penting dalam koreksi DPT. Untuk itu, kami meminta dan mengajak masyarakat untuk ikut mengawasi pemilih yang sudah terdaftar di DPT,” kata Gafur.

Dia mengungkapkan, jika ditemukan adanya kesalahan dalam DPT, masyarakat bisa melaporkan ke Panitia Pemungutan Suara di masing-masing kelurahan, untuk kemudian diteruskan sebagai hasil temuan dan akan dikoreksi hingga di tingkatan KPU Kota maupun di provinsi.

“Masyarakat sendiri bisa melakukan koreksi daftar pemilih tetap hingga tanggal 6 Desember atau H-3 sebelum hari pencoblosan. Selain itu, untuk masyarakat yang masuk kategori sebagai pemilih aktif tapi belum terdaftar. Kapan saja bisa melapor untuk dimasukan sebagai daftar pemilih,” ujarnya.

“Intinya di sini, KPU tidak ingin ada satu pemilih pun yang tidak terdaftar dalam Pilkada ini. Tapi, KPU juga tidak ingin ada pemilih yang bukan berasal dari Manado kemudian masuk sebagai pemilih. Untuk itu, kami butuh kerjasama dari masyarakat untuk memantau hal tersebut,” pungkasnya. (ite)

-

Artikel Terbaru

Zaman Kapolri Idham Azis, tidak Ada Anjak yang Habis Sekolah

Dalam Apel Kasatwil 2020 di Mabes Polri pada Rabu (25/11), Kapolri Jenderal Idham Azis menyampaikan perihal pembinaan personel kepolisian. Ada hukuman dan penghargaan bagi anggotanya. Bahkan, seluruh personel Bhayangkara akan mendapatkan jabatan sesuai dengan kompetensi individu.

Perselisihan Dua Desa, Kapolres Turun Tangan

MANADOPOST.ID- Anak-anak muda di dua desa yakni Desa Tenga dan Desa Pakuure, Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) belum lama ini sempat terjadi perselisihan.

Lansia 80 Tahun Ditemukan Tak Bernyawa di Sungai

MANADOPOST.ID--Desterina Talamuda (80), warga Kuma Kecamatan Essang Selatan, ditemukan tak bernyawa di Sungai Liumbarango.

Hadirkan Ketum GMNI, Liow Apresiasi Bedah Buku OD-SK

MANADOPOST.ID--Mahasiswa dan generasi milenial Sulut mengikuti Diskusi bedah buku ‘Moving Forward: Memahami Revolusi Mental dan Politics of Hope Dalam Kepemimpinan Aksi Nyata dan Tata Kelola Pemerintahan ODSK’ di Grand Puri Hotel Manado, Rabu (25/11).

Percepat dan Perluas ETP Daerah

MANADOPOST.ID--Bupati Sitaro Evangelian Sasingen didampingi Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Herry Bogar menghadiri webinar akselerasi Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD), secara virtual di Media Center Sitaro, Selasa (24/11).