25C
Manado
Jumat, 26 Februari 2021

Prokes Covid-19 di Mantos Dijalankan dengan Baik

MANADOPOST.ID–Manado Town Square (Mantos) merupakan salah satu pusat perbelanjaan di Kota Manado yang konsisten menerapkan protokol kesehatan, untuk mencegah penularan Covid-19, pasca kembali beroperasi. Tidak hanya pengelola, seluruh tenant hingga pengunjung pun diwajibkan menaati protokol kesehatan yang sudah ditetapkan.

Hal ini ditegaskan, General Manager Mantos Yono Akbar. Menurutnya kondisi ekonomi saat ini sedang lesu dan tidak bagus. Namun komitmen Mantos untuk mensuport pemerintah, dalam hal memutus mata rantai penyebaran covid-19, terus dilaksanakan.

“Mantos disiplin menjalankan protokol kesehatan, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir. Mantos komitmen untuk hal itu. Karena ekonomi juga harus jalan. Maka kita (Mantos) tetap menerapkan protokol kesehatan dengan benar sesuai anjuran pemerintah,” tegasnya.

Dia melanjutkan, sebagai bentuk komitmen menekan penyebaran Covid-19, pihaknya tidak hanya menerapkan protokol kesehatan yang ketat tapi juga mengedukasi setiap pengunjung yang datang. Sehingga, dia memastikan, semua pengunjung dapat beraktifitas dengan nyaman.
“Masyarakat saat ini cenderung takut. Sehingga Mantos sebagai pusat perbelanjaan ingin memastikan kenyamanan dan keamanan semua pengunjung saat berbelanja,” katanya.

Yono pun menekankan, hingga kini, semua pengunjung yang datang, selalu menggunakan masker, mencuci tangan, membawa handsanitizer, dan dikuru suhu tubuh sebelum masuk area mall, serta semua ditata untuk menjaga sosial distansing.

“Contohnya ke toilet, sudah diatur, mana yang bisa dan tidak bisa digunakan. Begitu juga diarea railing dan lainnya, yang rentan disentuh,” terangnya. Tak hanya itu, ada juga berbagai informasi untuk mengingatkan kembali pengunjung. Baik pakai masker, jaga jarak, rajin cuci tangan. Terlebih selalu diingatkan untuk selalu menggunakan pembayaran non tunai atau cashless. Itu selalu digunakan dalam berbagai media yang terpajang di setiap area Mantos,” tekannya.

Tak hanya itu, demi kenyamanan bersama, pihak Mantos juga telah bersepakat dengan para tenant. Agar semua karyawan tenant wajib melakukan rapid tes dan beberapa kesepakatan lainnya.

“Kesepakatannya, diperkenankan buka waktu awal, namun karyawannya harus di rapid tes. Atau yang hasilnya non reaktif, sesuai anjuran Walikota. Di toko kita juga ada aturan main. Setiap SPG yang ada harus dilengkapi dengan alat pelindung diri. Face sheld dan masker. Juga ada jarak antrian,” terangnya.

Dia menambahkan, untuk memastikan protokol kesehatan di Mantos berjalan, maka telah dibentuk tim satgas covid-19 internal. Meski tak dipungkiri, kondisi saat ini, jauh dari waktu normal. Dia mengaku, jika dulunya kapasitas Mantos bisa mencapai sekira 30 ribu/hari. Sekarang hanya sekira 7 ribu/hari.

“Namun kita sudah antisipasi jika terjadi lonjakan seperti itu. Kita memastikan kapasitas mall tidak akan melebihi dari yang ditentukan. Kalau memang kalau sudah menunjukkan sudah tidak bisa jaga jarak, maka akses masuk kita akan stop. Baik akses kendaraan maupun pintu masuk mall. Ini kalau sudah terjadi lonjakan orang yang sudah terlalu mepet,” katanya.

Ada juga tim dari TNI Polri yang siap membantu dan memastikan penerapan protokol kesehatan ketat dilaksanakan. Rutin melakukan penyemprotan desinfektan, housekeeping pun membersihkan bagian yang rentan disentuh. Serta sirkulasi udara selalu dibuka.

“Kami mengefektifkan jam buka dari pukul 10.00 sampai pukul 20.00. Semua punya kewajiban untuk menekan angka penyebaran covid-19. Semua pihak harus disiplin menjalankan hal tersebut. Kalau semua disiplin maka penyebaran dapat ditekan. Mantos juga menjalankan protikol kesehatan dengan disiplin dan tegas. Tidak pandang bulu, semua harus mengikuti hal tersebut. Sehingga masyarakat tidak perlu khawatir,” timpanya.

Sementara itu, berdasarkan hasil pantauan Manado Post, protokol kesehatan ketat diberlakukan di area Mantos 1, Mantos 2 dan Mantos 3. Nampak tiap pengunjung diwajibkan memakai masker dan jaga jarak. Pun protokol kesehatan ketat diberlakukan setiap pengunjung yang datang. Para tenant dan pameran juga melakukan hal yang sama.

Mulai dari pintu masuk di tiap sisi, pengunjung wajib mencuci tangan dan dicek suhu tubuhnya. Satgas covid-19 Mantos terlihat selalu sigap di semua titik. Juga ada yang mobile ke semua area. Aktif mengingatkan dan menghimbau para pengunjung untuk tetap melaksanakan protokol kesehatan. Seperti tidak boleh makan diarea yang tidak diperuntukan.

Juga di setiap bagian, seperti railing dan eskalator juga area toilet, selalu dibersihkan oleh housekeeping secara berkala. Baik sebelum buka dan setelah tutup, bahkan disepanjang jam operasional. Serta setiap pegawai tenant, tetap menyediakan handsanitizer di depan toko. Terlebih jaga jarak tetap diterapkan. Face Shield dan masker menjadi APD yang selalu digunakan pegawai. Yang diketahui, para pegawai tersebut, wajib dilakukan rapid tes, demi kenyamanan bersama.

Di setiap area juga dipasang berjejer imbawan, baik gambar maupun tulisan, protokol kesehatan untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19. Bahkan di beberapa titik, dibuat penunjuk untuk akses. Agar mengurangi kontak sesama pengunjung saat berpapasan. Pengunjung juga dibatasi untuk masuk ke dalam area tenant, agar tidak terjadi kerumunan. (*)

Artikel Terbaru