25 C
Manado
Selasa, 1 Desember 2020

Jadi Pawrent 50 Anjing

MENGASUH anjing bikin Maria Tielung ketagihan. Sejak kecil, dia melakoni aktivitas tersebut. Kini total anjing yang dipelihara Maria sudah mencapai 50. Ada ras jenis samoyed, pomeranian, beagle, german shepherd sampai scottish. Kebayang kan repotnya seperti apa?

Namun menurut Maria, punya banyak anjing ada kesenangan tersendiri. Maria menyebut, momen bersama anjing-anjingnya sebagai quality time. Tak hanya saat memberikan makan, tapi juga ketika bermain dan mengajarkan sesuatu. Sebelum memberi arahan, wanita yang berprofesi sebagai dosen tersebut akan memanggil nama anjingnya. Panggilan itu akan direspons dengan sikap duduk.

”Sit!” Kata singkat itu meluncur dari mulut Maria. Dengan sigap, sang anjing langsung menuruti perintah.”Good!” puji Maria untuk si Emma, anjing berjenis samoyed. “Anjing harus disayang dan bahagia. Karena kalau mereka bahagia pasti mereka sehat. Dan kalau mereka senang, saya juga pasti ikut senang,” imbuhnya.

50 binatang berkaki empat dalam satu rumah jelas bikin meriah. Apalagi, jika tiba waktunya makan. ”Jam makan mereka sudah diatur. Dan tidak semua sekalian. Mereka sudah dibagi per bagian. Sehari dua kali makan,” tutur perempuan berambut panjang ini. Pemberian makan dilakukan pegawai Maria. Karena, untuk mengurus anjing dengan segitu banyaknya tidak mungkin bisa dilakukan sendiri.

“Memang saya punya pegawai khusus untuk mengurus. Ada yang tugasnya untuk memberi makan. Ada juga yang bagian grooming. Semuanya sudah di-training terlebih dahulu. Karena mengurus anjing tidak boleh sembarang. Dan terpenting, mereka harus dog lover. Itu pasti,” tutur Maria.

Bagaimana bila tiba waktunya buang air kecil atau besar? Jangan khawatir. Anjing-anjing Maria tahu diri. ”Tiap setengah 6, anjing-anjing yang biasanya dalam rumah pasti sudah tahu harus ke luar. Mau tidak mau, saya juga harus antar mereka,’’ ungkapnya. Awalnya memang rada repot karena harus bangun pagi. Tapi karena menjadi kebiasaan akhirnya dirinya tetap enjoy.

Maria menghafal semua nama ‘anak-anaknya’. Semua dianggap spesial dan punya tempat di hati. “Walaupun satu ras yang sama, pasti kelakuannya beda-beda,” jelas Maria. Bagian terberat yang harus Maria rasakan saat ada salah satu peliharaan yang meninggal. “Saya rasa semua yang memelihara anjing merasakan hal yang sama. Karena mereka kan sudah dianggap sebagai keluarga,” tukasnya. (*)

-

Artikel Terbaru

Mor-HJP Kantongi 126.124 Suara Kans Menang

Pasangan Calon Wali Kota Manado Mor Dominus Bastiaan dan Wakil Wali Kota Manado Hanny Joost Pajouw (Mor-HJP) kans menang di Pilwako Manado, 9 Desember.

Tetap Sapa Warga Walau Hujan, SGR Banjir Pujian

Calon Bupati Minut Shintia Gelly Rumumpe (SGR), Senin (30/11) menyapa masyarakat yang ada di Kecamatan Likupang Timur. Hujan tak menghalangi SGR bertemu warga. Begitu juga warga yang rela hujan-hujanan demi bertatap muka dengan calon nomor urut 1 itu.

Ingin Bertemu VAP, Ribuan Warga Kotamobagu, Boltim dan Bolmong Turun ke Jalan

Dr (HC) Vonnie A Panambunan STh (VAP), dinilai sosok yang paling pantas dan tepat memimpin Sulawesi Utara (Sulut).

Ini Nih Tips Hadapi Aquaplaning saat Hujan

MANADOPOST.ID—Daihatsu bersama GT Radial kembali selenggarakan acara bertajuk Ngobrol Asik dengan konsep talkshow yang edukatif dan dapat dinikmati oleh Sahabat Daihatsu di seluruh Indonesia. Kali ini, Daihatsu membahas seputar tips teknik berkendara dalam mengantisipasi berbagai kondisi, khususnya saat musim penghujan dan menghadapi kondisi Aquaplaning.

Humiang Lantik Ketua dan Pengurus Karang Taruna 

Pjs Wali Kota Bitung Drs Edison Humiang MSi, melantik pengurus Karang Taruna Bitung masa bakti 2020-2025 di Lantai 4 Kantor Wali Kota Bitung, Senin (30/11).