27 C
Manado
Jumat, 27 November 2020

Jamin Perlindungan PMI Asal Sulut

MANADOPOST.ID—Aktivitas penempatan pekerja migran Indonesia (PMI) ke luar negeri kembali berlangsung normal.

Sebelumnya, penghentian sempat dilakukan akibat pandemi Covid-19. Bahkan, sekira 30 PMI asal Sulut dipulangkan seiring merebaknya virus asal Wuhan itu.

Kepala Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Manado Hard Merentek SSos mengungkapkan, sudah ada 23 negara yang bisa menjadi tujuan kerja PMI.

“Ini sesuai keputusan Menakertrans 19 Oktober lalu. Ada 23 negara yang sudah kembali mengizinkan pekerja migran masuk,” tuturnya.

Merentek membeber, negara-negara mayoritas tujuan PMI asal Sulut juga sudah dibuka. Seperti Hongkong, Jepang, Korsel Singapura dan Taiwan.

Meski begitu, dia mengakui belum memiliki data adanya keberangkatan pekerja dari Sulut pasca dibukanya penempatan PMI pada 23 negara.

Sebab hingga kini CPMI masih dalam proses di P3MI. Sementara, ada lima CPMI Mandiri program SSW ke Jepang yang sementara melengkapi dokumen.

“Belum ada. Jadi belum bisa dipantau. Memang prosesnya agak lama karena harus melewati pelatihan dulu sebelum PMI berangkat. Kalau dokumen itu prosesnya tidak lama,” terangnya.

Olehnya, warga Sulut yang ingin berangkat ke luar negeri untuk berkeja diimbau mematuhi prosedur yang ada. Agar pemerintah dapat memberikan perlindungan maksimal.

“Sepanjang memenuhi syarat pelayanan bisa lebih cepat dan optimal. Kami pastikan tidak ada biaya. Jadi warga tidak usah khawatir dipersulit,” tegasnya. (jen)

-

Artikel Terbaru

Terbaik Kedua, Rotty Raih Penghargaan PKN Tingkat II

MANADOPOST.ID– Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat II Angkatan XVI tahun 2020 yang diselenggarakan oleh Lembaga Administrasi Negara (LAN)

Gran Puri Siapkan Pesta Pergantian Tahun Berkesan

PENAWARAN spesial di malam tahun baru. Hotel Gran Puri Manado mempersembahkan Aloha Pool and Grill Party 2021.

538 Wasit Pemilu Dirapid test

MANADOPOST.ID—Menjamin kesehatan penyelenggara, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) gelar rapid tes massal. Bagi seluruh jajaran pengawas pemilihan di setiap tingkatan, Kamis (26/11) kemarin.

Distanak Kena Sorot, Pupuk di Minsel Langka

MANADOPOST.ID—Bulan November 2020 ini musim tanam bagi petani. Tapi saat ini kelangkaan pupuk terjadi. Membuat petani kesulitan mencari pupuk.

KPU Minsel Beber 15 Hal Baru di Pilkada

MANADOPOST.ID—Perhelatan pemilihan kepala daerah (Pilkada) di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) tak lama lagi selesai. Masyarakat pada 9 Desember nanti bakal