28 C
Manado
Rabu, 2 Desember 2020

Ngobrol bareng RRQ XINN: Selagi Masih Ada Bakat, Tetap Jadi Pro Player

REX Regum Qeon (RRQ) Hoshi kembali mempertahankan gelar champion setelah keluar sebagai juara dalam kompetisi Mobile Legend Professional League (MPL) Indonesia Season 6. Kemenangan ini tak hanya dirasakan bagi semua penggemar RRQ Hoshi. Namun juga warga bumi Nyiur Melambai. Pasalnya, salah satu pemain berasal dari Sulawesi Utara. Dialah, RRQ XINN.

“Kuncinya tim kami tetap konsisten. Walaupun sudah juara juga sebelumnya,” jawab XINN tentang rahasia bisa menang di MPL Season 6. Namun menurut XINN, kemenangan tersebut terasa biasa. “Soalnya yang paling penting adalah M2,” jawab dia. Pernyataan XINN tersebut seakan menjadi ‘kode’ bahwa dirinya bakal tampil di M2. M2 atau Mobile Legends World Championship 2020 merupakan turnamen eSports Mobile Legends: Bang Bang (MLBB) level dunia.

Sebelumnya, XINN mengaku ingin absen dari RRQ Hoshi di turnamen terdekat. “Kenapa next tournament nggak ikut? Nggak apa-apa guys. MPLI ikut? Nggak,” ucap XINN dalam sesi live streaming di Instagram ketika menjawab beberapa pertanyaan dari fans.

Namun, XINN menegaskan tetap ingin ambil bagian di turnamen M2 2020. Sebab ia ingin memberikan trofi tertinggi di kancah MLBB untuk RRQ Hoshi. “Saya harus balik lagi latihan seperti biasa. Persiapannya sama saja saat saya ikut MPL,” jelasnya kepada Manado Post.

Untuk bisa meraih posisi sekarang, XINN telah melewati perjalanan panjang. Sebelum mengenal MLBB, XINN suka bermain gim dengan genre yang sama yaitu DOTA. Ia mulai bermain MLBB karena diajak teman-temannya.

Bermula dari lose streak main solo di DOTA 2, ia kemudian terus bermain MLBB hingga akhirnya menekuni gim ini.

XINN dan teman-temannya akhirnya membentuk sebuah tim untuk mengikuti turnamen lokal yang diselenggarakan di Bitung dan Manado.

Dari sini, XINN kemudian bertemu dengan Darkness, Tezet, Paul yang saat ini juga masih aktif di skena professional MLBB.

Dari permainan yang ditunjukkan oleh XINN, ketiga pemain itu berniat untuk merekrut XIN ke dalam timnya.

XINN memulai karirnya di skena professional MLBB saat ia berhasil masuk STAR8 Esports. Kala itu, ia dan timnya berhasil memenangkan turnamen yang diselenggarakan oleh STAR8 Esports, sekaligus sebagai ajang rekrutmen pemain. Usai masuk STAR8 Esports, cowok kelahiran 2 Desember 1998 ini langsung berangkat ke Jakarta untuk segera bersiap mengikuti kualifikasi MPL Season 3.

Bersama Paul, Tezet, Val, dan Cupu, ia berhasil memenangkan tiket untuk menuju regular season MPL Season 3. Sayangnya, STAR8 Esports tampil kurang maksimal. XINN dkk gagal mengantarkan STAR8 Esports ke babak playoff.

Tapi saat jeda musim menuju MPL Season 4, XINN mulai didekati RRQ Hoshi. Akhirnya ia berpindah kostum menjadi punggawa baru tim berjuluk raja dari segala raja.

Semenjak jadi pro player, jadwal XINN main gim lebih teratur. “Jadi jadwal latihannya sudah ditetapkan. Misalkan siang sampai malam. Tidak boleh keluar kemanapun sebelum libur agar player tetap stabil,” ujarnya lagi.

Agar bisa seperti dirinya, cowok dengan nama lengkap Yesaya Omega Armando Wowiling ini membeber sejumlah tips. “Kalau mau dilirik tim eSport ternama harus kuasai banyak hero top global dan top ranked. Jangan joki! Dan sering-sering bantai top player,” sebutnya. Namun ada saja tantangan yang memang harus dilewati untuk bisa jadi pro player seperti XINN. Apalagi untuk Manado yang dikenal dengan kota 120ms. “Untuk mengatasinya sebenarnya gampang. Dibiasakan tiap hari supaya bisa jadi makanan sehari-hari,” imbuhnya lagi.

Menekuni dunia gim memang menjadi hobinya. Apalagi selama MLBB masih ada, ia akan tetap stay. Kecuali sudah tidak ada MLBB, ia punya rencana lain. “Selagi masih ada bakat, tetap jadi pro player. Kalau tidak, ya paling jadi youtuber,” bebernya.

Di akhir wawancara ia lun berterima kasih untuk support yang telah diberikan dan timnya RRQ Hoshi entah saat menang atau pun kalah. (*)

 

-

Artikel Terbaru

Menuju 40 Persen Mor-HJP Peluang Besar Pimpin Manado

Pasangan Calon Wali Kota Manado Mor Dominus Bastiaan  Bastiaan dan Wakil Wali Kota Manado Hanny Joost Pajouw (Mor-HJP) kans menang di Pilwako Manado, 9 Desember.

Tiga Nelayan Hilang Akhirnya Ditemukan, Bertahan dengan Layar Manual

Tiga nelayan, yakni Abdul Gani Lamusu (49) warga Desa Pinolosian Selatan (Pinsel), Ferdi Lamusu (15) warga Pinsel dan Feldi Potabuga (39) warga Desa Nunuk, Kecamatan Pinolosian, akhirnya ditemukan di perairan Kabupaten Boltim.

Pegadian Kanwil Manado Serahkan 4.200 Paket Bantuan Pangan

Selasa hingga Rabu tadi, Pegadaian Kanwil V Manado kembali menyalurkan paket bantuan pangan, melalui program Corporate Sosial Responsibility (CSR) bagi nasabah dan masyarakat.

Tatong Warning ASN Terkait Politik Praktis

Jelang Pilkada 9 Desember mendatang, Wali Kota Kotamobagu Tatong Bara me-warning kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu agar tidak terlibat politik praktis.

Kelangkaan LPG Jelang Nataru Diatensi Pemkab Minahasa

Berkaca pada tahun-tahun sebelumnya, LPG subsidi 3 kilogram sering langka jelang Natal dan Tahun Baru (Nataru). Untuk itu Pemkab Minahasa berupaya melakukan upaya antisipasi menjaga kelangkaan LPG subsidi pemerintah tersebut.