26C
Manado
Senin, 19 April 2021

Atasi Sampah, 7,6 Miliar Disiapkan Beli Tiga Alat Berat

MANADOPOST.ID–Masalah sampah di Kota Manado mendapat perhatian serius pemerintah. Tak tanggung-tanggung Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Manado telah menganggarkan Rp 7,6 miliar untuk pembelian alat berat di TPA. Hal ini dibenarkan Kepala DLH Kota Manado Yanti Putri SH MH, kemarin.

Menurut Yanti, sekarang pangadaan alat berat dua loader dan satu komatsu dalam proses tender. Pihaknya juga sudah berkonsultasi di Kejaksaan Negeri (Kejari) Manado untuk mendapat pendampingan, supaya tidak tersangkut masalah hukum di kemudian hari.

“Anggaran pembelian berat ini sangat besar. Jadi kami sangat hati-hati jangan sampah bermasalah hukum di kemudian hari,” ungkapnya.

Lebih jauh, Yanti berharap, proses tender cepat selesai. Supaya bisa menjadi solusi masalah sampah di TPA.

“Sekarang di TPA hanya ada satu alat berat yang sering mengalami kerusakan. Sehingga menyebabkan tumpukan sampah. Kami berharap dengan ada tiga alat berat sudah tidak ada lagi masalah penumpuhkan sampah,” ujarnya.

Sementara itu, masyarakat berharap masalah sampah di TPA Sumompo dan Kota Manado dapat segera diatasi.

“Karena Kota Manado sudah menjadi kota tujuan pariwisata. Jangan sampai banyak terdapat tumpuhkan sampah di pinggir jalan,” pungkasnya. (ite)

Artikel Terbaru