25 C
Manado
Selasa, 1 Desember 2020

Hotel & Restoran di Manado Kecipratan 19,4 Miliar

MANADOPOST.ID-Meskipun pembahasan APBD-P tahun 2020 ditolak mentah-mentah oleh DPRD Manado, namun Wali Kota Manado DR GS Vicky Lumentut tidak kehabisan akal guna memenuhi kebutuhan mendasar warga kota Manado yang sebelumnya sudah tertata di APBD induk tersebut.

Buktinya, pemerintah pusat melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sepakat untuk memberikan kuncuran dana sebesar Rp 19,4 miliar dalam penguatan ekonomi nasional (PEN).

Kabag Humas Pemkot Manado Drs Sony Takumangsang, M.Si mengatakan, sasaran utama alokasi dana hibah dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif tersebut adalah, pemulihan industri hotel dan restoran agar dapat bertahan dan kembali bangkit di tengah pandemi ini, terutama industri pariwisata Kota Manado yang sangat terpukul dengan pandemi Covid-19.

“Pak Wali Kota GSVL berharap dengan adanya pemberdayaan dana hibah dari Kementerian akan membangkitkan kembali sektor ekonomi pariwisata yang terdampak akibat Covid-19,” tutur Takumansang.

Lanjut Takumansang, terkait dana hibah tersebut maka Pemkot Manado intens melakukan rapat evaluasi terkait hotel dan restoran yang berperan aktif menunjang PAD di Kota Manado.

“Sesuai dengan petunjuk pelaksanaan dari pemerintah pusat 70 persen anggaran diperuntukan bagi restoran dan hotel yang memiliki izin dan berkontribusi terhadap PAD Kota Manado pada tahun lalu. Sedangkan 30 persen sisahnya akan dimanfaatkan untuk implementasi CHSE di daerah dan revitalisasi sarana prasarana pariwisata,” ujar jubir Pemkot Manado ini.

Andi Wijaya, salah satu pemilik restoran di kawasan jalan Sudirman mengatakan, pihaknya ikut menyampaikan rasa terima kasih kepada Wali Kota Manado GS Vicky Lumentut yang menyatakan kepedulian yang tinggi terhadap pengusaha restoran maupun hotel diera pandemi.

“Saya belum tahu mekanismenya seperti apa, tapi ini adalah langkah politik yang sangat positif untuk memberdayakan sektor pariwisata di kota Manado,” pungkas Ko Andi. (itw)

-

Artikel Terbaru

Mor-HJP Kantongi 126.124 Suara Kans Menang

Pasangan Calon Wali Kota Manado Mor Dominus Bastiaan dan Wakil Wali Kota Manado Hanny Joost Pajouw (Mor-HJP) kans menang di Pilwako Manado, 9 Desember.

Tetap Sapa Warga Walau Hujan, SGR Banjir Pujian

Calon Bupati Minut Shintia Gelly Rumumpe (SGR), Senin (30/11) menyapa masyarakat yang ada di Kecamatan Likupang Timur. Hujan tak menghalangi SGR bertemu warga. Begitu juga warga yang rela hujan-hujanan demi bertatap muka dengan calon nomor urut 1 itu.

Ingin Bertemu VAP, Ribuan Warga Kotamobagu, Boltim dan Bolmong Turun ke Jalan

Dr (HC) Vonnie A Panambunan STh (VAP), dinilai sosok yang paling pantas dan tepat memimpin Sulawesi Utara (Sulut).

Ini Nih Tips Hadapi Aquaplaning saat Hujan

MANADOPOST.ID—Daihatsu bersama GT Radial kembali selenggarakan acara bertajuk Ngobrol Asik dengan konsep talkshow yang edukatif dan dapat dinikmati oleh Sahabat Daihatsu di seluruh Indonesia. Kali ini, Daihatsu membahas seputar tips teknik berkendara dalam mengantisipasi berbagai kondisi, khususnya saat musim penghujan dan menghadapi kondisi Aquaplaning.

Humiang Lantik Ketua dan Pengurus Karang Taruna 

Pjs Wali Kota Bitung Drs Edison Humiang MSi, melantik pengurus Karang Taruna Bitung masa bakti 2020-2025 di Lantai 4 Kantor Wali Kota Bitung, Senin (30/11).