31 C
Manado
Kamis, 3 Desember 2020

PAHAM `Jual` Program Realistis

MANADOPOST.ID—Debat perdana yang digelar KPU Kota Manado, Selasa (10/11) menghadirkan para calon Wakil Wali Kota. Dalam debat yang disiarkan langsung oleh Kawanua TV Manado itu, calon Wakil Wali Kota Manado nomor urut 4 Harley Mangindaan tampil memukau.

Sosok yang berpasangan dengan calon Wali Kota Manado Julyeta Paulina Runtuwene atau paslon dikenal akronim PAHAM itu, memaparkan banyak program realistis. Yang memang sudah dan sementara dilakukan di Kota Manado. Tak lupa, Ai sapaan akrab mantan Wakil Wali Kota Manado ini menitikberatkan pada usaha sinergitas dengan pemerintah pusat dan pemerintah provinsi, dalam melaksanakan program-program kerakyatan di Kota Manado.

“Kami akan berkolaborasi dengan pemerintah pusat, baik kementerian, instansi terkait, hingga pemerintah provinsi, untuk penanganan kesehatan dan pemulihan ekonomi,” tuturnya, dalam debat yang diberi tema ‘Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Dalam Memperkokoh NKRI dan Kebangsaan Sebagai Perwujudan Kebijakan dan Strategi Penanganan, Pencegahan, dan Pengendalian Covid-19’.

Dia mengatakan, kesejahteraan masyarakat dan perkokoh NKRIakan terwujud jika hal tersebut dijalankan. “Itu adalah outcomes. Jadi kalau implementasinya baik akan berimbas pada kesejahteraan masyarakat,” tukasnya, dalam sesi pertama pemaparan visi dan misi.

Kemudian sejumlah program prioritas yang realistis disampaikan Ai. Dalam debat perdana ini juga, Ai terlihat paling siap dan cerdas menanggapi setiap pertanyaan yang diajukan calon wakil wali kota lainnya.

“PAHAM berpendapat, sebagai perwujudan kebijakan dan strategi, Wakil Wali Kota tidak bisa berdiri sendiri. Bersama wali kota serta stakeholder yang disebut pentahelix, kami telah merumuskan gagasan tersebut dalam visi dan misi PAHAM. Terdiri dari pemerintah, perguruan tinggi, komunitas, industri, dan pers,” jelasnya.

Kesempatan itu juga, Ai memaparkan program yang berkaitan dengan lima misi PAHAM. Pertama paham peduli kesehatan rakyat, mencakup menjadikan Manado sehat melalui budaya bersih, sehingga membiasakan warga disiplin melakukan protokol kesehatan.

“Paham peduli ekonomi rakyat, kami bertekad memberikan insentif dan stimulus di masa pandemi yaitu sembako, pembagian masker dan handsanitizer, bantuan dana bagi UKM, sopir mikrolet, pekerja ojek, pekerja pelabuhan, dan petugas kebersihan, pembebasan retribusi sampah bagi warga yang kurang mampu, pembebasan retribusi pasar bagi pedagang tradisional, pembebasan biaya rekening air bagi warga kurang mampu, membangun ketahanan pangan kota melalui usaha ‘mari jo bakobong’, peternakan, perikanan darat dan laut,” urainya.

Misi selanjutnya, Paham peduli infrastruktur dan lingkungan yakni melanjutkan program kelurahan tangguh bencana alam dan non alam (Covid-19) di setiap kecamatan bersama TNI, Polri, tokoh agama, dan tokoh masyarakat. Untu misi paham peduli tata kelola pemerintahan yang bersih, rukun, dan aman, Ai mengatakan pada poin pertama, tentang pelayanan publik melalui Cerdas Command Center dan Manado Siaga 112.

Kemudian Ai pada debat ini menekankan jika bersama JPAR, mereka bertekad berkampanye bersih, jauh dari black campaign hingga menjelek-jelekkan calon. “Saya bahkan mengunjungi posko salah satu calon. Saya ingin menunjukkan bagaimana pesta demokrasi tanpa menjelek-jelekkan,” kata Ai.

Dalam closing statement, Ai berterima kasih pada semua pihak atas terlaksananya debat tersebut. “Saya bersama Ibu Paula senang bicara soal proram. 29 hari tidak terasa. Mari bergandengan tangan untuk damainya Manado dalam pesta demokrasi. Apa yang saya sampaikan semua so ada. Mo apalagi, pilih nomor 4,” tukasnya.

Diapun menutup debat tersebyt dengan pantun. “Burung merpati menuju Bawaslu, singgah di halaman KPU. Pete daun selasi, bapak/ibu yang saya kasihi, kalau so paham, saya akhiri,” kunci Ai.(***)

-

Artikel Terbaru

SNVT Sulut Awasi Program BSPS

MANADOPOST.ID— Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Direktorat Rumah Swadaya, melalui Satuan Kerja Non Vertikal Tertentu (SNVT) Perumahan Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), mengadakan evaluasi akhir pelaksanaan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS), belum lama ini.

Antisipasi Kelangkaan Elpiji 3Kg, ASN Diwarning

MANADOPOST.ID—Mengantisipasi kelangkaan gas menyabut Natal dan Tahun Baru (Nataru), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Tenggara (Mitra) memastikan dalam waktu dekat pihaknya berencana launching penggunaan bright gas 5 kg untuk Aparatur Sipil Negara (ASN).

Pelayanan Disdukcapil Dikeluhkan

MANADOPOST.ID—Menjelang hari pemungutan suara pada 9 Desember mendatang, Kantor Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) diserbu ratusan warga.

Olly-Steven Dua Periode

MANADOPOST.ID—Hari pemungutan suara 9 Desember 2020 kian dekat. Kurang dari seminggu. Namun elektabilitas pasangan calon petahana, Olly Dondokambey-Seteven Kandouw tetap kokoh di angka 65,7%. Ini berdasarkan rilis Lembaga Survei Indonesia (LSI) Denny JA, yang baru dirilis Rabu (2/12), kemarin.

BPKP Ditugaskan Awasi Pemda

MANADOPOST.ID—Pjs Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Agus Fatoni dan Kepala Badan Pemeriksa Keuangan Perwakilan (BPKP) Provinsi Sulut Setya Nugraha melakukan penandatanganan nota kesepakatan.