26 C
Manado
Sabtu, 31 Oktober 2020

Cerita MUA Astrid Pakaya Bertahan Selama Pandemi

MANADOPOST.ID – Tak ada yang tahu Covid-19 ini bisa muncul. Pun dengan Astrid Pakaya. “Job terakhir saya sebelum pandemi meluas di Indonesia, saat menjadi bagian dalam event Puteri Indonesia 2020. Pas Maret pulang ke Manado,” akunya. Awalnya, perempuan yang bergelut sebagai make-up artist (MUA) ini menduga pandemi hanya berlangsung sebulan. Namun kenyataan berkata lain.

Acid –panggilan akrab Astrid- merasakan kejamnya ‘pukulan’ Corona. Acara wedding hingga ulang tahun yang biasanya menjadi ladang panen lambat laun lenyap. Jika sehari bisa sampai tiga job, jadi seminggu sekali. Bahkan saat larangan berkerumun berlaku, tak ada job sama sekali.

Terus apa yang dilakukan Acid agar bisa bertahan? Acid jualan produk lain. Seperti stand plant dan barang-barang second hand. Sembari ia juga bantu memasarkan barang-barang teman-temannya dengan membuka endorsement tanpa dibayar. “Yang penting sudah membantu dagangan teman, itu sudah membuat saya senang,” ujarnya.

Ternyata berdagang membuatnya bosan. Maklum, terlalu lama berdiam diri di rumah memang bisa bikin mati gaya. Acid akhirnya melakukan kegiatan baru yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Salah satunya menanam. “Saya juga sampai nge-cat rambut sendiri saking bosannya,” imbuh dia sambil terkekeh. Ia berusaha mengambil sisi positif dari apa yang sudah terjadi.

“Jangan jadikan pandemi ini sebagai pagar yang membatasi kreativitas. Cari kegiatan positif yang bisa dilakukan dari rumah. Agar kita tetap produktif. Ini memang berat. Tapi sesuatu yang besar tidak akan datang dengan mudah. Harus terus berusaha. Melewati proses dan jangan cepat menyerah,” tutur cewek yang hobi basket ini. (tkg)

-

Artikel Terbaru

Selisih dengan CEP-SSL 40%, Ini Alasan OD-SK Tetap Perkasa

MANADOPOST.ID—Petahana Olly Dondokambey-Steven Kandouw sangat perkasa. Tingkat elektabilitas mencapai 64,3. Selisih dengan jawara kedua Christiany Eugenia Paruntu-Sehan Salim Landjar (CEP-SSL) capai 40 persen. Di mana paslon nomor urut 1 ini hanya mendapat 22,3 persen.

LSI: OD-SK Unggul 64,3

MANADOPOST.ID—Kurang dari dua bulan pelaksanaan pilkada 9 Desember mendatang, pasangan incumbent Olly Dondokambey dan Steven Kandouw (OD-SK) tetap bertengger di posisi pertama.

Pjs Bupati Minsel Warning Kepsek

MANADOPOST.ID—Pjs Bupati Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) Meiki Onibala, kembali mengeluarkan warning keras. Kali ini, diarahkan ke kepala sekolah (kepsek) di Minsel. Terkait sikap dalam menghadapi kontestasi Pilkada 2020.

Ketua Bapilu Demokrat Dukung JPAR-Ai

MANADOPOST.ID--Target utama Partai Demokrat merebut kemenangan di Kota Manado sepertinya tak didukung kader sendiri. Teranyar, Ketua Bapilu Demokrat Sulut Darmawati Dareho memilih mendukung pasangan calon Julyeta Paulina Amelia Runtuwene-Harley Mangindaan (JPAR-Ai). Dibanding memenangkan Ketua Demokrat Sulut Mor Bastiaan yang berpasangan dengan Hanny Joost Pajouw.

Anggaran JKN-KIS Minahasa Digeser Tangani Covid-19

MANADOPOST.ID—Pandemi Covid-19 di Kabupaten Minahasa berdampak pada pergeseran anggaran. Salah satunya pergeseran anggaran yang dilakukan terhadap pembayaran iuran BPJS Kesehatan.