27 C
Manado
Sabtu, 31 Oktober 2020

Inovasi Dalam 54 jam, Mahasiswa De La Salle Ditantang Bikin Startup

MANADOPOST.ID–Ada yang berbeda di tanggal 9-11 oktober 2020 bagi para mahasiswa UNIKA De La Salle Manado. Dalam kurun waktu 54 jam mereka ditantang untuk menciptakan solusi kreatif dan inovatif untuk menyelesaikan masalah yang ada di lingkungan sekitar, dengan cara membuat startup.

“Ini adalah kesempatan yang baik bagi mahasiswa  untuk belajar wirausaha atau startup, dan saya berharap mahasiswa dapat belajar banyak melalui kegiatan ini,” ujar Prof. Dr. Johanis Ohoitumur selaku rektor UNIKA De La Salle, dalam sambutannya di Start Weekend.

Di workshop ini, para peserta diajarkan bagaimana membuat model bisnis yang benar, cara untuk menguji pasar, menciptakan contoh produk, dan cara untuk pitching atau presentasi di hadapan calon investor. Semuanya ini diajarkan oleh para pembicara nasional yang pakar di bidangnya seperti CEO & Founder KEE Indonesia Riky Santoso, Head of Investments Telk Nazier Ariffin, CEO Upana Studio Sidik Permana, Government Relation & Public Affair CAKAP Reancy Triashari.

Ada pula mentor-mentor yang mendampingi dalam proses pembuatan startup yaitu, Community Development Manager DANA Indonesia Patrice Sagay, Venture Builder Enviu Indonesia Fazrin Rahman, Co-Founder Olride  Rama Hidayat, Vice Director IDS Manado Sherly Thahir, CEO Fresio Daniel Wurangian dan  Communication Specialist Inspire Indonesia (Manado) Pieta Wiemarsuryaning.

Di penghujung pekan, tepat di tanggal 11 oktober keluarlah 3 nama sebagai pemenang dengan ide inovasi terbaik. Juara 1, Health Connect (Kesehatan), Juara 2, Healthy Kitchen (Kuliner) dan Juara 3, Covel (Pariwisata).

Startup Weekend di Manado adalah yang ke-4 kali diselenggarakan oleh Coworking Satu Tampa yang merupakan digital startup ecosystem builder di Indonesia Timur. Startup weekend sendiri adalah sebuah program global berasal dari Techstar Amerika Serikat, yang bekerjasama dengan google for startup, dan KUMPUL sebagai koordinator nasional.

“Kami berharap semakin banyak generasi muda yang peka terhadap masalah di sekitar, dan mampu menciptakan inovasi sebagai solusi yang berdampak positif bagi daerah dan masyarakat,” Ujar Lady Giroth selaku Vice President Coworking Coworking Satu Tampa.(*)

-

Artikel Terbaru

Selisih dengan CEP-SSL 40%, Ini Alasan OD-SK Tetap Perkasa

MANADOPOST.ID—Petahana Olly Dondokambey-Steven Kandouw sangat perkasa. Tingkat elektabilitas mencapai 64,3. Selisih dengan jawara kedua Christiany Eugenia Paruntu-Sehan Salim Landjar (CEP-SSL) capai 40 persen. Di mana paslon nomor urut 1 ini hanya mendapat 22,3 persen.

LSI: OD-SK Unggul 64,3

MANADOPOST.ID—Kurang dari dua bulan pelaksanaan pilkada 9 Desember mendatang, pasangan incumbent Olly Dondokambey dan Steven Kandouw (OD-SK) tetap bertengger di posisi pertama.

Pjs Bupati Minsel Warning Kepsek

MANADOPOST.ID—Pjs Bupati Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) Meiki Onibala, kembali mengeluarkan warning keras. Kali ini, diarahkan ke kepala sekolah (kepsek) di Minsel. Terkait sikap dalam menghadapi kontestasi Pilkada 2020.

Ketua Bapilu Demokrat Dukung JPAR-Ai

MANADOPOST.ID--Target utama Partai Demokrat merebut kemenangan di Kota Manado sepertinya tak didukung kader sendiri. Teranyar, Ketua Bapilu Demokrat Sulut Darmawati Dareho memilih mendukung pasangan calon Julyeta Paulina Amelia Runtuwene-Harley Mangindaan (JPAR-Ai). Dibanding memenangkan Ketua Demokrat Sulut Mor Bastiaan yang berpasangan dengan Hanny Joost Pajouw.

Anggaran JKN-KIS Minahasa Digeser Tangani Covid-19

MANADOPOST.ID—Pandemi Covid-19 di Kabupaten Minahasa berdampak pada pergeseran anggaran. Salah satunya pergeseran anggaran yang dilakukan terhadap pembayaran iuran BPJS Kesehatan.