26C
Manado
Minggu, 28 Februari 2021

Mulai April Warga Disuntik Vaksin

MANADOPOST.ID–Warga Kota Manado mulai divaksin tahap tiga pada April 2021. Hal ini diungkapkan Wali Kota Manado GS Vicky Lumentut (GSVL), ketika mencanangkan vaksinasi tahap pertama di Dinas Kesehatan Manado, Jumat (15/1) kemarin. Dihadiri Forkopimda, Sekkot Micler Lakat, Kadis Kesehatan Ivan Sumenda Marthen dan pimpinan SKPD.

Wali kota berharap dengan mulai divaksin masyarakat mulai April 2021 sampai Maret 2022 tahap ke empat akan menekan Covid-19. “Jika semua sudah divaksin maka kasus Covid-19 akan turun,” ungkapnya.

Selain itu, wali kota menyambut baik pencanangan vaksinasi di Kota Manado yang merupakan program pemerintah pusat dan wajib ditindaklanjuti di seluruh daerah.

“Kegiatan ini sudah di mulai dari dua hari yang lalu, diawali oleh Presiden Jokowi kemudian dilanjutkan di Kota Manado. Melalui kegiatan ini diharapkan pandemi Covid-19 dapat tertanggulangi,” ungkapnya.

Menurut wali kota, sampai dengan hari ini penularan Covid-19 masih terus berlangsung, apalagi Kota Manado masih zona merah atau zona berisiko tinggi.

Untuk itu diimbau kepada seluruh masyarakat agar tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan.

“Pasien yang ditangani di RSUP Kandou Manado kapasitasnya sudah hampir 90 persen. Berada pada ambang yang harus kita waspadai, bisa jadi kalau terus bertambah maka tidak ada tempat untuk perawatan,” ujarnya.

Untuk itu selain menyiapkan rumah singgah untuk proses isolasi, pihaknya juga tidak jenuh dan terus melakukan koordinasi mensosialisasikan dan mengingatkan masyarakat agar mematuhi dan menjalankan protokol kesehatan.

“Saya maknai kehadiran kita adalah sebuah spirit untuk pencegahan Covid-19,” ungkapnya seraya berterima kasih kepada tim gabungan yaitu TNI, Polri, Pol PP, Dinkes dan Kejari.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Manado dr Ivan Sumenda Marthen mengatakan, pelaksanaan vaksin dilakukan empat tahap.

“Tahap satu untuk tenaga kesehatan, tahap dua pejabat publik, tahap tiga dan empat kepada masyarakat yang diduga punya risiko tinggi terpapar dalam hal ini masyarakat usia produktif,” jelasnya.

Seperti yang diketahui vaksinasi Covid-19 tahap satu dan dua ditargetkan selesai pada April 2021, kemudian tahap tiga dan empat dimulai pada April 2021 dan target selesai Maret 2022.

Pantauan Manado Post yang disuntik vaksin yaitu Ketua Pengadilan Manado, Danpomal, perwakilan Polresta, Kepala Kantor BPKP, perwakilan tokoh agama, pimpinan SKPD dan perwakilan pers. (ite)

Artikel Terbaru