29 C
Manado
Rabu, 25 November 2020

Soal Rumah Murah, Warga Rame-rame Daftarkan Diri

MANADOPOST.ID-Program pembangunan rumah murah yang dicanangkan Calon Walikota Manado Julyeta PA Runtuwene (JPAR) dan calon wakil Walikota Manado DR. Harley Mangindaaan sebanyak 10. 000 unit dinilai sangat membantu pekerja informal yang selama ini masih menjadi kendala utama untuk memiliki rumah huni milik sendiri di kota Manado.

Pekerja informal yang dimaksud seperti tukang ojek, karyawan hotel, karyawan rumah makan, karyawan toko, tukang bengkel, pedagang kaki lima, petani, peternak maupun buruh harian.

Mantan Wakil Kepala Cabang PT. BTN Manado Allan Sondakh dalam diskusi baru-baru ini mengatakan, yang perlu dicatat masyarakat kota Manado adalah, 10.000 unit rumah murah yang akan dibangun tersebut tidak akan dibangun secara serentak, namun akan dilakukan secara bertahap.

“Tiap tahun akan dibangun 2.000 unit dan akan menyesuaikan dengan luas lahan di masing-masing wilayah yang ada di kota Manado. Jadi tidak secara otomatis membutuhkan lahan seluas 100 Ha. Luas lahan diatas 100 Ha akan disebar ke seluruh kecamatan di kota Manado,” jelas Sondakh yang juga salah satu pencetus lahirnya konsep pembangunan rumah murah tersebut.

Melihat kondisi ini, maka pihaknya mengimbau masyarakat kota Manado tidak terkontaminasi dengan pemahaman sejumlah pihak yang menilai program rumah murah tersebut tidak rasional.

“Kita bersyukur bahwa Walikota Manado DR. Ir GS Vicky Lumentut ikut memberikan dukungan moril guna tersedianya lahan diatas 100 ha, karena dalam pemahaman Walikota Manado program ini merupakan program pemerintah pusat yang selama ini sudah dijalankan di seluruh provinsi,” kata Sondakh.

Calon Walikota Manado yang diusung partai Nasdem, PSI dan Perindo Julyeta PA Runtuwene (JPAR) dalam debat terbuka yang dilaksanakan KPU Manado Selasa, (17/11) kemarin mengatakan, selain sebagian pembiayaan rumah murah akan bersumber dari APBD tahunan Kota Manado , pihaknya juga akan memberdayakan perusahaan daerah (PD) yang nanti akan bertanggung-jawab dalam pengelolaan pembangunah rumah murah tersebut.

“Kami bertekad dalam kurun waktu 5 tahun, konsep pembangunan 10.000 unit tumah tersebut sudah selesai. Mohon dicatat, ini komitmen moral kami dengan masyarakat Kota Manado,” kata Wakil Ketua Komisi W/KI Sinode GMIM ini.

Menariknya, meskipun masih sebatas program yang akan dilaksanakan oleh paslon Walikota dan Wakil Walikota Manado JPAR-Ai, namun sejumlah masyarakat mulai mendaftarkan diri untuk bisa memiliki rumah murah tersebut. Kondisi ini mulai terlihat di sejumlah kelurahan di kota Manado.

“Tadi malam (kemarin,maksudnya) sudah ada beberapa kepala keluarga yang mendaftakan diri. Mereka menanyakan kepada saya soal dokumen apa-apa saja yang harus disiapkan untuk bisa memiliki rumah tersebut,” ujar Alin, Kepala Lingkungan (Pala) VIII di kelurahan Kairagi II.(*)

-

Artikel Terbaru

AHY Hadiri Media Gathering, Lombok Dapat Ucapan Spesial

Ketua Umum Partai Demokrat Sulut Agus Harimurti Yudhoyono kunjungi Kota Manado.

Gokil! BLACKPINK Joget Ampun Bang Jago

Apa jadinya Jennie, Jisoo, Rose dan Lisa joget dengan lagu Ampun Bang Jago? Eits, bukan hoax! Aksi keempat member BLACKPINK tersebut benar nyata terjadi. Ini terlihat lewat potongan klip singkat yang diunggah di akun Instagram Tokopedia kemarin (24/11).

Bersama Mor-HJP, Bahagia Warga Manado

Pasangan Calon (Paslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Manado Nomor Urut 3 Mor Dominus Bastiaan-Hanny Jost Pajouw (Mor-HJP) berkomitmen menjadi orang yang paling melayani di Kota Doa dan Berkat.

Foto Simulasi Pencoblosan JPAR-Ai Sarat Rekayasa & Hoax

Wakil Ketua DPD Nasdem Kota Manado Arthur Rahasia secara tegas mengatakan, foto simulasi tatacara pencoblosan kertas suara yang dilakukan calon Wali Kota Manado Julyeta Paulina Amelia Runtuwene (JPAR) pada sesi closing statement acara debat publik yang dilaksanakan KPUD Kota Manado Selasa (24/11) malam yang beredar luas di publik adalah hoax dan sarat dengan rekayasa politik semata.

Kemanapun Berkunjung, VAP Selalu Didoakan Warga jadi Pemimpin Sulut

Dr (HC) Vonnie Anneke Panambunan STh adalah sosok yang tak kenal lelah. Di tengah kesibukannya sebagai calon Gubernur Sulut, VAP-sapaan akrab Panambunan, selalu menyempatkan diri memenuhi undangan dan menjawab keinginan warga.