29 C
Manado
Rabu, 25 November 2020

Terkait CSR, GSVL : Manado Bukan Kedudukan Kantor Pusat

MANADOPOST.ID-Meskipun UU No 40 tahun 2007 sangat jelas mengatur tentang dasar hukum pemberian CSR (Corporate Social Responsibility) dari sejumlah perusahaan daerah maupun internasional untuk membantu pemerintah daerah dalam pembangunan sosial kemasyaratakan.

Namun harus diakui bahwa banyak kedudukan perusahaan daerah di kota Manado seperti perbankan nasional maupun swasta serta perusahaan industri lainnya, hanya bersifat kantor cabang.

“Kalau mau dikata bahwa pemkot Manado tidak maksimal dalam memberdayakan dana CSR, itu tidak benar. Yang perlu dicatat bahwa, banyak perusahaan perbankan dan industri di Kota Manado kedudukannya hanya kantor cabang,” jelas Walikota Manado DR. Ir. GS Vicky Lumentut.

Ketua P/KB Sinode GMIM ini mengatakan, karena statusnya hanya kantor cabang ikut berdampak pada pengambilan keputusan.

“Ada beberapa regulasi terkait CSR, yang harus mendapatkan persetujuan kantor pusat, karena kewenangan itu bukan pada kantor cabang di kota Manado,” beber Lumentut disela-sela melakukan peninjauan taman kota di kelurahan Dendengan Dalam kemarin.

Akibat rumitnya birokrasi yang harus ditempuh, maka harus diakui bahwa sebagian besar pembangunan sarana infrastruktur di kota Manado seperti trotoar dan infrastruktur lainya termasuk bantuan sosial kepada masyarakat bersumber dari APBD Kota Manado dan tidak bersumber dari dana CSR milik perusahaan.

“Berlapis-lapis birokrasi yang harus ditempuh untuk bisa mendapatkan persetujuan kantor pusat,” urai Lumentut yang juga mantan Sekkot Manado ini.(*)

-

Artikel Terbaru

AHY Hadiri Media Gathering, Lombok Dapat Ucapan Spesial

Ketua Umum Partai Demokrat Sulut Agus Harimurti Yudhoyono kunjungi Kota Manado.

Gokil! BLACKPINK Joget Ampun Bang Jago

Apa jadinya Jennie, Jisoo, Rose dan Lisa joget dengan lagu Ampun Bang Jago? Eits, bukan hoax! Aksi keempat member BLACKPINK tersebut benar nyata terjadi. Ini terlihat lewat potongan klip singkat yang diunggah di akun Instagram Tokopedia kemarin (24/11).

Bersama Mor-HJP, Bahagia Warga Manado

Pasangan Calon (Paslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Manado Nomor Urut 3 Mor Dominus Bastiaan-Hanny Jost Pajouw (Mor-HJP) berkomitmen menjadi orang yang paling melayani di Kota Doa dan Berkat.

Foto Simulasi Pencoblosan JPAR-Ai Sarat Rekayasa & Hoax

Wakil Ketua DPD Nasdem Kota Manado Arthur Rahasia secara tegas mengatakan, foto simulasi tatacara pencoblosan kertas suara yang dilakukan calon Wali Kota Manado Julyeta Paulina Amelia Runtuwene (JPAR) pada sesi closing statement acara debat publik yang dilaksanakan KPUD Kota Manado Selasa (24/11) malam yang beredar luas di publik adalah hoax dan sarat dengan rekayasa politik semata.

Kemanapun Berkunjung, VAP Selalu Didoakan Warga jadi Pemimpin Sulut

Dr (HC) Vonnie Anneke Panambunan STh adalah sosok yang tak kenal lelah. Di tengah kesibukannya sebagai calon Gubernur Sulut, VAP-sapaan akrab Panambunan, selalu menyempatkan diri memenuhi undangan dan menjawab keinginan warga.