29 C
Manado
Selasa, 20 Oktober 2020

Pedagang Tradisional Banyak Tak Gunakan Masker

MANADOPOST.ID–Sanksi sosial bagi masyarakat yang tak mematuhi protokoler kesehatan sudah diberlakukan. Tapi, pantauan Manado Post, banyak pedagang di pasar tradisional tidak menggunakan masker.

Salah satu warga mengatakan, tim penindakan Satuan Polisi Pamong Praja, Polisi dan TNI dapat memasuki pasar tradisional untuk melakukan sweeping kepada pedagang dan pembeli yang tidak patuh protokoler kesehatan.

“Di pasar Bersehati banyak pedagang tidak menggunakan masker, ada yang menggunakan masker tetapi hanya menutupi dagu bukan mulut,” ujar Rusdi, warga Tuminting.

Menurut dia, jika patroli dilakukan mungkin pedagang akan mematuhi protokoler kesehatan. Karena ini cara dilakukan pemerintah untuk memutus mata rantai Covid-19.

Sebelumnya, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kota Manado Yohanis Waworuntu mengatakan, pihak setiap hari patroli ke tempat keramaian untuk melakukan penindakan bagi warga yang tidak patuh protokoler kesehatan. “Termasuk pasar tradisional juga,” ujarnya.

Menurut dia, warga yang kedapatan tidak mematuhi protokoler kesehatan akan diberikan sanksi sosial, berupa push up, mengangkat sampah dan menyapu jalan. “Kami mengimbau warga  mematuhi protokoler kesehatan untuk memutus mata rantai Covid-19 di Kota Manado,” ungkapnya.

Terpisah, Wali Kota Manado  GS Vicky Lumentut juga mengatakan, warga yang tidak patuh protokoler kesehatan mendapatkan ropi oranye, yang bertuliskan kepala batu. “Kami berharap dengan sanksi sosial seperti ini bisa memberikan efek jera kepada masyarakat,” pungkasnya. (ite)

-

Artikel Terbaru

Gantikan Situmorang, Moningkey Resmi  Pimpin Polres Minahasa

MANADOPOST.ID--Tongkat kepemimpinan Kepolisian Resort (Polres) Minahasa kembali berpindah. Berdasarkan Surat Keputusan Kapolri Nomor 979/V/2020 tanggal 1 Mei 2020 tentang pemberhentian

Minahasa Masih Aman dari La Nina

MANADOPOST.ID--Cuaca ekstrim terus menerpa wilayah Kabupaten Minahasa. Menurut BMKG, diketahui cuaca ekstrim tersebut terjadi akibat fenomena alam La Nina yang membuat

Relaksasi Pajak Ditolak, Hasrat Punya `Mobil` Murah Buyar

MANADOPOST.ID—Rencana penghapusan pajak mobil baru akibat dampak Coronavirus Disease (Covid-19), buyar. Sempat disambut baik oleh masyarakat Sulut karena berkesempatan membeli mobil murah, nyatanya rencana ini ditolak Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Sudah Empat Tenaga Kontrak `Dieksekusi`

MANADOPOST.ID—Pjs Wali Kota Bitung Drs Edison Humiang MSi kembali menunjukkan ketegasannya dengan memberhentikan dua tenaga kontrak yang terbukti tidak netral dalam Pilkada.

Angka Kehamilan Naik

MANADOPOST.ID—Terhitung sejak Januari sampai dengan September 2020, angka kehamilan di Kabupaten Sangihe mengalami peningkatan.