26C
Manado
Senin, 1 Maret 2021

Manado Kebagian 6.500 Vaksin

MANADOPOST.ID–Untuk mencegah Covid-19, Kota Manado kebagian 6.500 vaksin pada tahap pertama. Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Kota Manado Ivan Sumenda Marthen.

Menurut dia, dari 6.500 vaksin itu sasarannya adalah 6.467 orang ditambah dengan pejabat publik yang dipilih pada tahap satu. “Mereka yang mendapatkan vaksin akan dua kali divaksin. Setelah vaksin pertama dilanjutkan vaksin kedua setelah 14 hari, dengan harapan akan terjadi kekebalan atau anti bodi,” ujarnya.

Dia menjelaskan, vaksinasi akan dilakukan dalam empat tahap. Tahap satu sasarannya tenaga kesehatan yang menjadi garda terdepan dalam penanganan covid. “Tahap dua untuk pejabat publik yang dikantor dan yang melakukan pelayanan kesehatan, ketiga sasarannya kelompok kelompok masyarakat yang punya risiko tinggi terpapar dan tahap empat masyarakat setelah penyelidikan epidemiologis di situ terjadi suatu klaster,” sebutnya.

Dia juga membeber, tahap satu dan dua targetnya selesai Januari sampai April 2021 tahap 3 dan 4 mulai April 2021 dan selesai Maret 2022.

“Diharapkan Maret 2022 kita sudah mengalami penurunan kasus yang sangat signifikan dari Covid-19. Dengan adanya vaksinasi ini adalah untuk menimbulkan kekebalan dari Covid-19 ini. Ini adalah kekebalan yang direkayasa lewat vaksin. Vaksin ini adalah virus covid yang sudah dilemahkan yang akan memberikan efek anti bodi atau imun,” sebutnya.

Dia meminta jangan takut untuk divaksin, tak usah khawatir sebab telah melalui berbagai tahapan uji coba. “Sebab selain aman vaksin Covid telah memiliki sertifikat halal,” ungkapnya.

Sebelumnya, Wali Kota Manado GS Vicky Lumentut mendukung vaksinasi Covid-19 untuk mencegah penyebaran virus. “Manado masih zona merah dengan resiko penularan tinggi. Harapannya dengan vaksinasi bisa menurunkan angka penularan,” pungkasnya. (ite)

Artikel Terbaru