28 C
Manado
Rabu, 2 Desember 2020

Pedagang `Kumabal` Lawan Protokoler Kesehatan

MANADOPOST.ID—Pedagang tradisional yang berjualan di Pasar Bersehati ‘kepala batu’. Pasalnya banyak pedagang yang melawan protokoler kesehatan ketika berjualan.

Pantauan Manado Post, banyak pedagang yang tidak menggunakan masker ketika berjualan, ada yang menggunakan masker tetapi hanya sampai diduga baik pedagang masih muda, maupun lanjut usia.

Salah satu pedagang sayur ketika diwawancarai mengatakan, lupa membawa masker, dan ketinggalan di rumah. “Di sini kadang Satpol-PP melakukan sweeping,” sebutnya. Hal yang sama juga diungkapkan pedagang rempah-rempah. “Saya lupa pakai masker karena baru selesai makan,” sambungnya.

Terpisah, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Yohanis Waworuntu mengatakan, setiap hari tim gabungan yang terdiri dari SatPol-PP, TNI dan Polri melakukan razia di tempat keramaian, di jalan dan pasar.

Menurut dia,  grafik orang yang tidak memakai masker sekarang menurun, berbeda dengan awal-awal razia, banyak yang tidak memakai masker. “Jika kedapatan warga tidak menggunakan masker akan diberikan sanksi sosial yaitu menyapu atau mengangkat sampah,” ujarnya.

Dia juga mengimbau  masyarakat Kota Manado, jika keluar rumah untuk selalu menggunakan masker, jaga jarak, selalu mencuci tangan dengan sabun untuk memutus mata rantai Covid-19. (*/ite)

-

Artikel Terbaru

Menuju 40 Persen Mor-HJP Peluang Besar Pimpin Manado

Pasangan Calon Wali Kota Manado Mor Dominus Bastiaan  Bastiaan dan Wakil Wali Kota Manado Hanny Joost Pajouw (Mor-HJP) kans menang di Pilwako Manado, 9 Desember.

Tiga Nelayan Hilang Akhirnya Ditemukan, Bertahan dengan Layar Manual

Tiga nelayan, yakni Abdul Gani Lamusu (49) warga Desa Pinolosian Selatan (Pinsel), Ferdi Lamusu (15) warga Pinsel dan Feldi Potabuga (39) warga Desa Nunuk, Kecamatan Pinolosian, akhirnya ditemukan di perairan Kabupaten Boltim.

Pegadian Kanwil Manado Serahkan 4.200 Paket Bantuan Pangan

Selasa hingga Rabu tadi, Pegadaian Kanwil V Manado kembali menyalurkan paket bantuan pangan, melalui program Corporate Sosial Responsibility (CSR) bagi nasabah dan masyarakat.

Tatong Warning ASN Terkait Politik Praktis

Jelang Pilkada 9 Desember mendatang, Wali Kota Kotamobagu Tatong Bara me-warning kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu agar tidak terlibat politik praktis.

Kelangkaan LPG Jelang Nataru Diatensi Pemkab Minahasa

Berkaca pada tahun-tahun sebelumnya, LPG subsidi 3 kilogram sering langka jelang Natal dan Tahun Baru (Nataru). Untuk itu Pemkab Minahasa berupaya melakukan upaya antisipasi menjaga kelangkaan LPG subsidi pemerintah tersebut.