29 C
Manado
Selasa, 24 November 2020

Pandemi Covid-19, Realisasi PAD Sektor PBB Baru 20 Miliar

MANADOPOST.ID– Di tengah pandemi Covid-19, Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) mengalami penurunan. Hal ini diungkapkan Kepala Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BP2RD)  Kota Manado Harke Tulenan.

Menurut dia, target PBB 2020 Rp 38.424.174.437, tetapi di APBD Perubahan diusulkan turun Rp 29 miliar. Dikarenakan pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) menyerang Kota Manado sejak Maret lalu,  menyebabkan banyak tempat usaha tutup. “Walaupun begitu, realisasi PBB sampai bulan September 2020 sudah Rp 20.897.958.309,” sebutnya.

Sementara itu, Kepala Bidang PBB dan BPHTB  BP2RD Kota Manado Yunita Kumaat melalui Kasubag PBB Marianne Voges mengatakan, untuk pembayaran  PBB dari warga masih normal-normal walau pun ada pandemi Covid-19.

“Tapi yang terdampak itu pengusaha hotel. Mereka meminta mendapatkan penangguhan untuk pembayaran PBB. Batas pembayaran sebenarnya PBB 31 September, tapi karena ada keluhan dari pengusaha, diberikan penangguhan untuk membayar sampai Desember,” ujarnya.

Menurut dia, pihaknya optimis sampai Desember sisa target Rp 9 miliar bisa dicapai. Karena pengusaha ada etikat baik akan membayar PBB sampai Desember. (ite)

-

Artikel Terbaru

OJK Luncurkan Aplikasi UMKM-MU

MANADOPOST.ID— Minggu (22/11) pekan lalu, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) genap berusia 9 tahun. Bertepatan dengan momentum itu pun, OJK meluncurkan aplikasi UMKM-MU, yaitu platform digital dalam bentuk website dan mobile app yang dikembangkan oleh OJK untuk membantu UMKM binaan dalam memperluas akses pasar secara digital.

11 Mitra Binaan Sulut `Disuntik` 1,7 Miliar

MANADOPOST-ID-- Pagi tadi sekira Pukul 10.22 WITA, Bertempat di Four Point by Sheraton Manado, PT Pertamina

FDW-PYR Banjir Dukungan di Kecamatan Sinonsayang

MANADOPOST.ID—Pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) Franky Donny Wongkar dan Pdt Petra Yani Rembang (FDW-PYR), terus menuai dukungan penuh masyarakat.

Serunya Event Akhir Tahun Hasjrat Fair Secara Virtual, Banyak Hadiah Langsung Diberikan!

Event akhir tahun terbesar PT Hasjrat Abadi selesai diselenggarakan Sabtu (21/11).

Warga Teteli Ditemukan Mengambang di Pantai Bulo

Sesosok mayat ditemukan mengambang di Pantai Bulo, Kecamatan Mandolang, Minahasa, Selasa (24/11).