alexametrics
34.4 C
Manado
Selasa, 19 Oktober 2021
spot_img

Antisipasi Musim Hujan, Makawata Dorong Dinas PUPR Tambah Tim Swakelola Bersihkan Drainase

MANADOPOS.ID-Dinas PUPR Kota Manado sedang melakukan normalisasi drainase dan anak sungai.

Ketua Komisi III DPRD Kota Manado Rony Makawata mendorong Dinas PUPR untuk mempercepat pekerjaan normalisasi drainase dan anak sungai karena ini masih musim panas.

Karena itu, Makawata meminta Dinas PUPR menambah tim swakelola. Karena tim swakelola di Dinas PUPR hanya empat. Bagaimana bisa mereka mengatasi hampir semua kecamatan dan kelurahan drainasenya tersumbat jika tim swakelola hanya empat.

“Kalau tim swakelola sedikit pencapaian target pada bulan Desember dan Januari 2022 tidak akan tercapai. Kami mendorong tim ditambah sehingga bisa bergerak satu kali. Karena tidak lama lagi sudah September dan intensitas hujan tinggi itu Desember dan Januari 2022,” ujarnya.

Makawata juga mendorong Dinas PUPR menambah tim swakelo 10-11 tim. Supaya ketika ada masalah di kecamatan tim ini bisa turun. “Jika 11 kecamatan tim swakelo semua turun melakukan pembersihan, maka saya jamin sudah dalam beberapa minggu hasilnya bisa kelihatan,” ungkapnya.

Menurut Makawata, pihaknya sudah menguji coba di Kampung Tela pembersihan drainase karena ada penyumbatan di jembatan kecil, sehingga dibongkar dan dibersihkan, ketika musim hujan terjadi pengurangan banjir dan sudah tidak terjadi genangan. Ini meminimalisir dampak yang ditimbulkan ketika hujan besar,” ungkapnya.

Selain itu Makawata meminta perhatian dan kerjasama dari masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan supaya tidak menyumbat drainase. “Saya minta petugas kebersihan rajin mengangkat sampah masyarakat di kelurahan sehingga sampah tidak dibuang di drainase,” pungkasnya. (ite)

 

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Artikel Terbaru