28C
Manado
Jumat, 23 April 2021

Unsrat Banjir Bakal Calon Rektor

MANADOPOST.ID-Suksesi pemilihan Rektor Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado mulai panas. Sekalipun, penjaringan hajatan empat tahunan ini terinformasi nanti dimulai Desember 2021 mendatang.

Sejumlah figur bakal calon rektor mulai muncul. Adalah Prof Fabian Manoppo MAgr sebagai Dekan Fakultas Teknik dan Dr Flora Kalalo MH yang sekarang menjabat Dekan Fakultas Hukum. Dua nama ini disebut-sebut punya kans dan rivalitas masuk bursa calon rektor.

Diikuti nama lainnya, Wakil Rektor Prof Dr Ir Grevo Gerung dan Dekan Fakultas Kedokteran Dr dr Billi Kepel, hingga eks Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Prof Dr dr Grace Kandou. Semuanya memenuhi syarat umum dan syarat khusus jabatan akademik dan pengalaman manajerial.

“Pertanyaannya apakah mereka mau atau tidak untuk dicalonkan,” tutur sejumlah dosen yang enggan dikorankan nama kepada Manado Post, Selasa (23/3).

Prof Fabian Manoppo yang diwawancarai Manado Post tidak menampik dan juga membenarkan dirinya bakal terjun ke bursa calon pemilihan rektor. Karena menurut Manoppo, suksesi masih cukup jauh dan dirinya sangat menghormati Rektor Unsrat Prof Ellen Joan Kumaat.

Sehingga Manoppo tak mau mendahului ketentuan yang ada. Pastinya menurut Manoppo, calon rektor harus bisa merepresentasikan visi dan misi Unsrat dan menjawab tantangan-tantangan dan dinamika ke depan. “Namun masih terlalu jauh untuk dibicarakan. Nanti lah,” kata Manoppo.

Senada Dr Flora Kalalo MH. Sosok vokal ini enggan berkomentar lebih mengenai pilrek. Karena menurut eks Sekjen Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) Tahun 1992 ini, dirinya juga tidak mau mendahului. “Saya belum mau berkomentar,” singkat Kalalo, mantan aktivis ini.

Ketua Senat Unsrat Prof Dr Paulus Kindangen SS SU MA sendiri menegaskan, penjaringan bakal calon, penyaring calon serta pemilihan dan pengangkatan nanti dilaksanakan tahun depan. “Belum ada jadwalnya. Tunggu jadwalnya dulu,” tukas Kindangen.

Sedangkan sejumlah pemerhati menilai, peluang bagi yang memenuhi syarat mengikuti pemilihan rektor masih sangat besar. Walaupun dalam beberapa periode terakhir rivalitas dua utusan kampus tertentu lebih menonjol.

“Namun dalam kondisi praktisnya tentu bisa berubah dan situasional,” nilai Pengamat Pendidikan Trino Mais. Diketahui Prof Dr Ir Ellen Joan Kumaat MSc DEA akan menghabiskan masa kerja dua periodenya pada Tahun 2022 mendatang. (gre/vip)

Artikel Terbaru