27 C
Manado
Sabtu, 31 Oktober 2020

PKNS Pertanyakan Kelangkaan Obat Subuxone

MANADO- Suboxone, obat yang umumnya digunakan untuk mengobati/membantu mengatasi kecanduan narkotik, kini sulit didapat. Hal tersebut dikatakan Toar Kumontoy, Ketua Persaudaraan Korban Napza Sulawesi Utara (PKNS).

“Sejak dua bulan ini pihak Klinik Napza (Aesculap) RS Ratumbuysang sebagai satu-satunya pelaksana program PTRB di Sulut membuat banyak pasien menjadi sakauw karena ketersediaan Subuxone yang semakin langka. Para pasien yang biasanya dilayani seminggu dua kali sekarang hanya seminggu sekali setiap hari Selasa. Yang membuat miris adalah tidak meratanya pendistribusian kepada pasien,” ungkapnya.

Lanjutnya, obat yang seharusnya diambil di apotik memang tidak lagi melalui bagian farmasi tapi ada petugas khusus yang ditunjuk dan harganya pun bervariasi. “Karena tidak meratanya pembagian maka terjadilah praktik jual beli diantara para pasien dan harganya berlipat. Dari kesaksian sesama pasien obat subuxone yang ditebus di petugas klinik dengan harga Rp 100.000 saat ini dijual dengan harga Rp 600.000. Yang lebih miris lagi berdasarkan pengakuan beberapa pasien obat subuxone menduga ada jual beli petugas kepada salah satu pasien,” bebernya.

Pihaknya menduga, ada pasien tertentu yang  membayar Rp 200.000 kepada petugas sehingga pasien lain tidak kebagian obat. Ada pasien yang dengan entengnya menjual dengan harga berlipat kepada sesama pasien lainnya dengan harga variasi antara 500 ribu hingga 800 ribu. Inilah yang membuat kami prihatin dan kuatir teman-teman kami akan bisa nekat berbuat kriminal demi untuk menebus obat,” ungkapnya.

Kumontoy juga meminta dinas kesehatan provinsi untuk mengevaluasi pelaksanaan program PTRB di RS Ratumbuysang dengan mengaktifkan lagi terapi Metadon dan mengembalikan pengambilan obat melalui apotik setelah pasien mendapat konseling dan resep dari dokter psikiater.

“Saat ini justru dokter sudah tidak pernah melakukan konseling lagi kepada pasien sehingga pasien bukan pulih tapi semakin mengalami ketergantungan terhadap penggunaan Subuxone karena diberikan bersamaan juga dengan alprazolam. Sedangkan di RSKO atau rumah sakit lainnya di daerah lain di seluruh Indonesia tidak ada yang memberikan obat Subuxone bersamaan dengan Alprazolam,” bebernya.

Dia menambahkan, dalam beberapa tahun terakhir pun dokter yang bertanggung jawab di klinik aesculap tidak pernah lagi mengadakan konseling kepada pasien subuxon. “PKNS melihat ini sebagai pembiaran kepada pasien karena selain tidak ada konseling dalam beberapa tahun terakhir ini juga PKNS melihat tidak ada program untuk mengurangi dosis seperti tapering down atau mengurangi sehingga pasien bisa tapering off atau berhenti di klinik napza (aesculap) karena terjerat oleh dua zat (subuxon dan alprazolam),” tukasnya.

Ditambahkan Sekretaris PKNS Jufri Juma Mangi, sudah bertahun tahun pasien aesculap tidak pernah ada yang pulih dari ketergantungan ini. “Jika pulih pun dalam tanda kutip meninggal dunia dan setiap tahun pasti ada pasien atau anggota PKNS yang meninggal dunia,” kata Mangi.

“Ini juga bentuk dukungan kami kepada pemerintah dengan adanya pandemi covid-19. Di mana pemerintah selalu menyampaikan di berbagai kesempatan untuk menjaga imun. Tapi bagaimana menjaga imun kita jika obat saja tidak tersedia di klinik, tapi justru marak beredar di pasar gelap dengan harga berlipat-lipat,” tukasnya.(*)

-

Artikel Terbaru

Selisih dengan CEP-SSL 40%, Ini Alasan OD-SK Tetap Perkasa

MANADOPOST.ID—Petahana Olly Dondokambey-Steven Kandouw sangat perkasa. Tingkat elektabilitas mencapai 64,3. Selisih dengan jawara kedua Christiany Eugenia Paruntu-Sehan Salim Landjar (CEP-SSL) capai 40 persen. Di mana paslon nomor urut 1 ini hanya mendapat 22,3 persen.

LSI: OD-SK Unggul 64,3

MANADOPOST.ID—Kurang dari dua bulan pelaksanaan pilkada 9 Desember mendatang, pasangan incumbent Olly Dondokambey dan Steven Kandouw (OD-SK) tetap bertengger di posisi pertama.

Pjs Bupati Minsel Warning Kepsek

MANADOPOST.ID—Pjs Bupati Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) Meiki Onibala, kembali mengeluarkan warning keras. Kali ini, diarahkan ke kepala sekolah (kepsek) di Minsel. Terkait sikap dalam menghadapi kontestasi Pilkada 2020.

Ketua Bapilu Demokrat Dukung JPAR-Ai

MANADOPOST.ID--Target utama Partai Demokrat merebut kemenangan di Kota Manado sepertinya tak didukung kader sendiri. Teranyar, Ketua Bapilu Demokrat Sulut Darmawati Dareho memilih mendukung pasangan calon Julyeta Paulina Amelia Runtuwene-Harley Mangindaan (JPAR-Ai). Dibanding memenangkan Ketua Demokrat Sulut Mor Bastiaan yang berpasangan dengan Hanny Joost Pajouw.

Anggaran JKN-KIS Minahasa Digeser Tangani Covid-19

MANADOPOST.ID—Pandemi Covid-19 di Kabupaten Minahasa berdampak pada pergeseran anggaran. Salah satunya pergeseran anggaran yang dilakukan terhadap pembayaran iuran BPJS Kesehatan.